10 Musisi Yang Meninggal Dunia Karena Kecelakaan

Menyambung kisah Viola Beach, band indierock asal Inggris yang meningga seketika karena kecelakaan mobil di Swedia, ternyata dalam sejarah musik dunia, ada banyak tragedi meninggalnya musisi karena kecelakaan, baik mobil, motor, pesawat dan lain sebagainya, selain, tentunya dari overdosis narkoba, bunuh diri juga sakit.

Berikut ini kisah tragis musisi dunia yang meninggal akibat kecelakaan.

Buddy Holly (3 Februari 1959)

Meninggal karena: Kecelakaan pesawat

Buddy Holly via moosevilleusa.com

Kematian musisi rock and roll Buddy Holly serta rekan satu bandnya, Ricthie Valens dan J.P. Richardson akibat pesawat yang mereka tumpangi jatuh tepat jam 1 pagi di Clear Lake Iowa, tidak lama setelah take off menyisakan tragedi yang memilukan.

Bahkan musisi folk, Don Mclean mengabadikan peristiwa dalam sebuah lagu "The Day The Music Dies" yang kemudian dijadikan event tepat pada tanggal kematian Buddy Holly.

Duane Allman (29 Oktober 1971) 

Meninggal karena: Kecelakaan motor

Duane Allman via youtube.com

Gitaris Allman Brothers ini tewas akibat kecelakaan motor, beberapa bulan setelah merilis album At Fillmore East. Saat itu, ia emang lagi istirahat dari tur dan rekaman. Duane tengah mengendarai moge (motor gede) Harley Davidsonnya dengan kecepatan tinggi di Hillcrest Avenue, bagian barat Macon. Saat mendekati Bartlett Street, truk bak terbuka membawa kayu derek berhenti tiba-tiba di persimpangan, memaksa Duane banting setir. Motor tergelincir dan ia pun terjepit di bawah truk, mengakibatkan cidera parah pada organ dalamnya. Beberapa saat sebelum dioperasi, Duane meninggal dunia.

Cliff Burton (27 September 1986)

Meninggal karena: Kecelakaan bus

Selama tur Eropa dalam rangka promo album Master of Puppets, Metallica sempat komplen tentang ruangan tidur mereka yang gak nyaman. Nah, buat nentuin tempat tidur, mereka main kartu, siapa yang menang ia dapet tempat tidur paling enak. Bassist Cliff Burton pun menang, dan ia bertukar posisi dengan gitaris Kirk Hammet, yang terpaksa harus pindah ke depan.Burton pun tidur sebelum jam 7 pagi ketika ketika, menurut sopir, bus tergelincir dari jalan (12 mil utara dari Ljungby), dan membalik ke rumput di Kronoberg County. Tubuh Burton terlempar dari melalui jendela bus, lalu jatuh menimpanya, Cliff pun tewas seketika.

Pete De Freitas (17 Juni 1989)

Meninggal karena: Kecelakaan motor

Pete De Freitas via roncaronca.com.br

Drummer band post punk Echo and The Bunnymen ini meninggal ketika tengah dalam perjalanan dari Liverpool ke London. Saat itu ia naik motor Ducati 900 cc di jalan A51 di Longdon Green, Staffordshire ketika sebuah kendaraan bermotor menabrak dirinya sekitar jam 4 sore.

Steve Ray Vaughan (27 Agustus 1990)

Meninggal karena: Kecelakaan Helikopter

Gitaris asal Amerika ini meninggal saat helikopter yang ditumpanginya jatuh dan menabrak bukit di Alpine Valley Resort di East Troy, Wisconsin. Sebelum meninggal, ia baru aja tampil bersama bandnya, Double Trouble di Amphitheatre yang ada dalam resort ini.

Rob Collins (22 Juli 1996)

Meninggal karena: Kecelakaan mobil

Rob Collins via themusicsover.com

Sungguh malang bagi band britpop, The Charlatans. Keyboardis Rob Collins baru aja mau mulai ngisi sesi organ dari album kelima band ini, Tellin Stories, ketika ia tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di sebuah jalan di Wales. Investigasi menyatakan bahwa Collins mengonsumsi alkohol dan gak memakai sabuk pengaman. Ia meninggal karena cidera di kepala setelah terlempar dari sunroof mobilnya.

John Denver (12 Oktober 1997)

Meninggal karena: Kecelakaan pesawat

Penyanyi country, John Denver yang terkenal dengan lagunya "Leaving on A Jetplane" tewas akibat pesawat yang dikendarainya sendirian menabrak Monterey Bay, dekat Pacific Grove, California. Oiya, sekadar informasi, John Denver sendiri adalah seorang pilot berlisensi dengan 2700 jam terbang. Sebelum kecelakaan, ia sempat membeli pesawat Long-EZ, yang menyebabkan kematiannya.

Aaliyah (25 Agustus 2001)

Meninggal karena: Kecelakaan pesawat

Aaliyah via saintheron.com

Tanggal 25 Agustus 2001 jam 6.30 malam, Aaliyah dan rombongan dari label rekamannya naik pesawat mesin ganda Cessna dari Marsh Harbour Airport di Abaco Island, The Bahamas menuju Opa-locka Airpost di Florida, sesaat setelah mereka selesai syuting video musik "Rock The Boat". Investigasi mengatakan kecelakaan tersebut akibat pesawat yang overload (maksimum berat 320 kg) dan pesawat itu kelebihan 1 penumpang.

Lisa Lopes (25 April 2002)

meninggal karena: Kecelakaan mobil  

Lisa Lopes via darkcornerbooks.com

Anggota dari TLC ini tengah mengendarai Mitsubishi Montero Sport ketika ia berusaha menghindari truk di depannya. Mobil Lisa pun terguling beberapa kali sampai akhirnya menabrak dua pohon. Lisa meninggal karena luka di leher dan kepalanya.

Nike Ardilla (19 Maret 1995)

meninggal karena: Kecelakaan mobil

Nike Ardilla via showbiz.liputan6.com

Masih ingat dengan penyanyi Indonesia ini? Yes, ini adalah kisah tragis dari kecelakaan yang pernah ada dalam sejarah musik di Indonesia. Nike Ardilla meninggal jam 5.30 pagi. Malam sebelumnya ia melakukan serangkaian kegiatan, dari bertemu dengan teman-temannya dari Aneka Yess! di Jayakarta Hotel, Bandung. bertemu teman lainnya di Pollo Club, di Jl. Asia Afrika dan lainnya.

Sesaat sebelum kecelakaan, Nike Ardilla sedang mengendarai Honda Genio yang memang diketahui sedang tidak stabil kondisi mobilnya. Saat Nike menyalip sebuah mobil di depannya, dia kehilangan kendali dan menabrak pagar tembok di Jl. R. E. Martadinata. Penyanyi yang baru berusia 19 tahun itu tewas seketika akibat benda tumpul di kepala.

Nah, ternyata begitu banyak ya musisi yang meninggal karena kecelakaan. Kisah di atas hanya ingin menunjukan betapa rapuhnya kita sebagai manusia, tak mengenal musisi, selebtiti atau bukan, sudah sewajarnya kewaspadaan dalam berkendara harus jadi nomor satu.