[TUTORIAL] Cara Bikin X-Wing Fighter Dari Perlengkapan Kantor

Saat kamu sedang bosan di kantor dengan segala kesibukan, atau sekedar menunggu jam pulang kantor yang gak kunjung datang, sebenernya ada hal menarik yang bisa kamu lakuin. Ya, kamu bisa berkarya. Sekarang coba deh kamu liat disekeliling kamu, ada gak stabilo, binder clip, paper clip, dan sd card? Kalo ada berarti kamu bisa ngerubah kebosanan menjadi menyenangkan dengan membuat pesawat X-Wing Fighter. Iya betul, pesawat yang dipake sama Rebel Alliance di Star Wars. Mau tau cara buatnya? Nih diajarin.

1. Siapin Bahan

Kayak yang udah dikasih tau di atas, kamu cuma butuh nyiapin stabilo, binder clip (ukuran besar dan sedang) sebanyak 4 buah, 4 buah paper clip, dan sd card. Nah kalo yang terakhir mungkin agak sedikit effort nih, karena kamu harus nyomot sd card dari kamera. Kalo gak punya kamera, ya kamu pinjem aja deh punya temen kamu.

2. Lepasin Penjepit Binder Clip Besar 

Kamu tau kan cara lepasin penjepit binder clip? Kalo gak bisa....coba dulu deh, pasti bisa. Jangan gampang nyerah. Nah nanti kalau udah lepas, kamu kumpulin tuh 4 buah penjepit binder clip besar kayak gambar di bawah ini.

Oiya, penjepit binder clip yang sedang juga kamu lepasin ya semuanya. Trus penjepitnya terserah kamu mau apain, karena kita gak butuhin itu.

3. Pasang Penjepit Binder Clip Besar ke Binder Clip Sedang

Selanjutnya kamu pasang penjepit dari binder clip yang besar ke binder clip sedang. Bisa dong cara masangnya? Nah nanti jadinya kayak gambar di bawah ini

4. Satukan SD Card Dengan Stabilo

Tinggalkan dulu binder clip, karena sekarang kamu harus satuin SD card dengan stabilo. Caranya kamu tinggal jepit aja SD card ke penjepit stabilo kayak gambar di atas itu tuh.

4. Jepit SD Card Pake Binder Clip yang Udah Kamu Modifikasi Tadi

Sekarang kamu ambil binder clip yang udah dimodifikasi tadi, kemudian jepit ke dua sisi SD card yang udah kamu jepit tadi ke stabilo. Contohnya bisa kamu liat di atas. Udah mau selesai nih. Tapi biar lebih seru, mendingan sekarang kamu puter dulu themenya Star Wars. Tet tetetet.

Tuh, jadi makin kerasa kan feelnya

5. Kasih Aksen

Sebenernya sampe jepit binder clip ke SD Card itu udah cukup sih, tapi biar lebih keren lagi kamu perlu kasih sedikit aksen di X-Wing Fighter buatan kamu. Ambil 4 buat paper clip, sematkan ke tiap ujung penjepit binder clip. Biar kuat kamu kasih selotip transparan juga ya. Nanti jadinya kayak gambar di bawah ini.

Nah, kalo udah selesai, kamu bisa langsung mainin deh tuh si X-Wing Fighter. Eh pesawat ini bisa terbang beneran loh. Nih buktinya

via GIPHY