Kadang Kamu Harus Tau Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mundur. 8 Momen Inilah Jawabannya

Indonesia lagi heboh soal mundur. Mundurnya Setya Novanto dari jabatan ketua DPR akhirnya terjadi juga, setelah semua kasus yang menimpanya. Bukan menimpanya sih, kasus yang dia lakukan lebih tepatnya. Emang sih, kadang mundur itu perlu dilakukan.

Ada masa di mana kamu gak perlu harus dipaksa turun untuk kamu mundur. Kamu bisa mundur atas inisiasi kamu sendiri. Lebih baik mundur dengan cara elegan daripada dipecat dengan tidak terhormat. Terutama sih kalo kamu udah menghadapi delapan momen ini. Bisa kali mundur dikit.

1. Saat Kamu Ada di Puncak

{source name="Top_of_the_world" url="http://thestrategyguysite.com/wp-content/uploads/2010/06/Top_of_the_world.jpg"} Di puncak!

Top_of_the_world via thestrategyguysite.com

Di puncak!

Kalo kamu mundur saat kamu lagi jaya-jayanya, kamu pasti akan terkenang selalu sebagai seseorang yang jaya. Beda kan rasanya kalo kamu lagi terpuruk dan kamu mundur. Orang pasti nganggep kamu pantes untuk mundur dan selamanya kamu akan dikenal dengan citra orang terpuruk. Tapi kalo mau maju juga gak apa-apa sih. Asal berhasil terus ya.

2. Udah Terlalu Banyak Masalah

{source name="too-many-problems" url="http://satuayat.org/wp-content/uploads/2015/10/galau.jpg"} Pucing pala berbi

too-many-problems via satuayat.org

Pucing pala berbi

Saat permasalahan gak bisa diurai, saat gak bisa lagi ada jalan tengah, maka mundur adalah tindakan yang paling tepat. Takutnya kalo bertahan masalahnya malah makin numpuk dan makin besar.

3. Citranya Udah Terlanjur Jelek

{source name="citra-jelek" url="http://1.bp.blogspot.com/-Ol_GsAHaYkA/T28XdVxOJ-I/AAAAAAAABaE/OEOh4YBzROQ/s320/polisikorup2528damaiitu20ribu2529.jpg"} Udah terlanjur jelek...

citra-jelek via 1.bp.blogspot.com

Udah terlanjur jelek...

Ketika kamu udah terlanjur dicap dengan citra yang buruk, udah gak punya lagi wibawa, udah gak ada lagi image, untuk apa mempertahankan posisi. Toh orang juga udah gak memandang kamu lagi.

4. Ada Tawaran yang Lebih Oke

{source name="offer" url="https://www.microsoft.com/global/enterprise/PublishingImages/blog/Humanizing-Insurance/humanizing.png"} Di sini gajinya besar banget lho mbak

offer via microsoft.com

Di sini gajinya besar banget lho mbak

Kenapa enggak, ya kan? Namanya hidup harus bisa memilih mana yang terbaik. Oportunis sedikit boleh aja, makanya giliran kesempatan lain datang menghampiri, gak usah ragu dan ambil aja. Tapi jangan lupa mundur dulu dari apa yang lagi kamu kerjain sekarang.

5. Kamu Ditolak Melulu

{source name="woman-saying-no" url="https://wanderermind.files.wordpress.com/2014/08/woman-saying-no.jpg"} Gak mau

woman-saying-no via wanderermind.files.wordpress.com

Gak mau

Ini memang menyangkut masalah harga diri. Saat kamu udah terlalu sering ditolak, kamu harus sadar kalo penolakan itu adalah indikator kamu harus mundur. Gak usah maksa lah.

6. Saingan Kamu Lebih Kaya

{source name="poor-and-rich" url="http://static.fjcdn.com/pictures/Poor_645f29_2335425.jpg"} Yah...

poor-and-rich via static.fjcdn.com

Yah...

Coba, kamu bisa gimana kalo saingan kamu lebih kaya? Gak bisa dipungkiri ya, kalo uang tuh kadang emang lebih sering menang. Soalnya kalo mau liat dari sudut pandang lain sih, secara alamiah orang lebih condong ke yang punya uang karena uang —yang kita tau sebagai alat tukar, merupakan salah satu cara untuk menyokong kehidupan, dan tiap makhluk hidup memiliki naluri untuk survive. Wajar aja kalo harus mundur saat saingan kamu lebih kaya. Kalo mau lanjut ya silakan aja sih tapi. Cuma kemungkinan berhasilnya kecil banget.

7. Moon Walk

Ya soalnya gerakannya moon walk itu kayak gini:

Mundur kan? Puas banget tuh nonton video Michael Jackson moon walk 13 menit.

8. Main Donal Bebek

Hayo masih inget gak sama permainan anak-anak yang satu ini? Seru banget ya main donal bebek, mundur tiga langkah terus injek-injekan kaki lawan deh. Mundurnya sih enakan sendiri aja, kalo mundurnya didorong yang ada kamu jatoh.

Mundur sendiri enak kan? Sekarang udah ngerti dong kapan waktu yang paling tepat untuk kamu mundur? Kamu paling sering mundur kalo udah menghadapi situasi apa nih? Share ya di kolom komentar.