Commuter Sejati Pasti Langsung Tau Kalo 9 Orang Ini Baru Pertama Kali Naik Kereta

Para commuter, yang tiap hari selalu commuting alias melakukan perjalanan pulang-pergi (pp) dari rumah ke kantor/kampus/sekolah, terutama yang pake Commuter Line, pasti udah gak aneh ya sama penuhnya stasiun, kebrutalan orang-orang pas kereta baru dateng, gangguan sinyal, kereta datengnya telat, dan masalah-masalah lainnya? Namanya udah pro, pasti santai menghadapinya. Gak kayak newbie yang baru pertama naik kereta nih, pasti ketauan deh karena kelakuannya yang mencolok banget.

1. Gak Ngerti Cara Tap-in/tap-out

{source name="tap" url="http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/07/01/212318_kai-commuter-mulai-terapkan-tarif-progresif_663_382.JPG"} Bu, yang sebelah situ bu!

tap via media.viva.co.id

Bu, yang sebelah situ bu!

Karena sistemnya udah pake kartu semua, banyak pemula yang masih bingung cara pakenya gimana. Kebanyakan sih pada bingung gitu pas tap-nya, ada juga yang masuk ke gate yang salah, bukan di gate yang kebuka. Gitu deh. Commuter sejati pasti ngerti.

2. Marah Kalo Kedorong

{source name="krl_commuter_line" url="http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/krl_commuter_line.jpg"} Yah bu, semua juga sempit

krl_commuter_line via cdn-2.tstatic.net

Yah bu, semua juga sempit

Kalo newbie tuh gitu, gak pengen banget kedorong. Merasa insecure dan kalo kedorong sedikit langsung nahan badannya sekeras mungkin supaya gak kedorong. Yah namanya kereta lagi penuh, kedorong-dorong mah wajar lah.

3. Naro Tas di Belakang

{source name="krl-kereta-khusus-wanita" url="https://naningisme.files.wordpress.com/2014/02/krl-kereta-khusus-wanita.jpg"} Nah gini nih triknya biar bisa bergerak cepat

krl-kereta-khusus-wanita via naningisme.files.wordpress.com

Nah gini nih triknya biar bisa bergerak cepat

Ini juga nih, kalo commuter tuh udah ngerti banget gimana caranya survive di kereta. Pake ransel tuh salah satunya. Tapi, kalo newbie sih biasanya gak mengindahkan hal itu. Dia pake tas yang aneh-aneh dan bikin dianya sendiri ribet. Sekalinya pake tas ransel, tasnya digendong seperti biasa di belakang gitu. Padahal naro tas di bagian depan tubuh kan biar bisa gercep dan leluasa.

4. Makan dan Minum

{source name="ngemil" url="https://pbs.twimg.com/media/CBQb84sVAAAABxE.jpg"} Ngemil-ngemil cantik

ngemil via pbs.twimg.com

Ngemil-ngemil cantik

Kalo orang yang baru naik kereta ngerasa kalo kereta ya sama aja kayak angkutan umum lain. Dengan santainya tiba-tiba ngeluarin gorengan dari plastik, terus makan sambil nyedot es teh dari plastik. Ck ck ck. Kalo ada petugas baru nyaho deh.

5. Gak Tidur Karena Takut Kelewatan

{source name="aura-kasih-hibur-penumpang-krl" url="http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/aura-kasih-hibur-penumpang-krl_20150918_204535.jpg"} Gak tidur tapi tetep kelewatan karena masih pengen sama Aura Kasih

aura-kasih-hibur-penumpang-krl via cdn-2.tstatic.net

Gak tidur tapi tetep kelewatan karena masih pengen sama Aura Kasih

Biasanya sih karena baru pertama naik kereta, jadinya cemas dan ketakutan tujuannya kelewatan. Makanya newbie melek aja sepanjang perjalanan sementara commuter yang lain udah pada ngorok.

6. Duduk di Lantai

{source name="duduk-di-lantai-kereta" url="http://2.bp.blogspot.com/-j7fRFK_Kgx4/Tri4Spsvn8I/AAAAAAAAADo/XF0hmaXcE0g/s1600/penumpang+duduk+di+lantai+kereta.jpg"} Dulu boleh, sekarang sih udah enggak

duduk-di-lantai-kereta via 2.bp.blogspot.com

Dulu boleh, sekarang sih udah enggak

Dulu mungkin boleh ya duduk di lantai atau pake kursi lipat. Tapi orang yang baru pertama naik tuh segitu gak taunya sampe main duduk aja, mau kosong atau penuh. Kalo kosong sih ya silakan aja, palingan ditegur sama petugas. Tapi kalo lagi penuh tapi pengen duduk, ya gak bisa. Dimarahin orang-orang yang ada.

7. Gak Ngerti Kalo Ada Kaum Prioritas yang Harus Dikasih Duduk

{source name="Tukang-tidur-di-commuter-line" url="http://www.bekasiurbancity.com/wp-content/uploads/2015/06/Tukang-tidur-di-commuter-line.jpg"} Hellaw, mas, itu ada ibu hamil!

Tukang-tidur-di-commuter-line via bekasiurbancity.com

Hellaw, mas, itu ada ibu hamil!

Kalo newbie pasti gak tau kalo kursi kecil yang cuma muat untuk empat orang kurus atau tiga orang agak gemuk itu bukan untuk sembarang orang. Main duduk aja di kursi prioritas yang ditujukan untuk lansia, ibu hamil, ibu dan balita, dan penyandang disabilitas. Giliran ada yang butuh gak mau ngasih atau pura-pura tidur.

8. Nanya Jurusan Mulu Soalnya Takut Salah Naik 

{source name="asking" url="http://i.imgur.com/v8IGbvo.jpg"} Mbak, ini jurusan Tanah Abang kan?

asking via i.imgur.com

Mbak, ini jurusan Tanah Abang kan?

Orang yang baru pertama naik kereta tuh segitu butanya, sampe gak ngeh kereta yang dia naikin jurusan apa. Makanya pas udah naik, meskipun dia udah di kereta yang benar, pasti dia mastiin lagi dan lagi ke orang lain dan nanya jurusan keretanya.

9. Ngeluh Pegel Melulu

{source name="pegel" url="http://s2.dmcdn.net/DaLES/1280x720-u-D.jpg"} Duh pegel banget udah sakit nih kakinya

pegel via s2.dmcdn.net

Duh pegel banget udah sakit nih kakinya

Kalo pengen duduk semua naik angkot aja. Kereta diciptakan kan sebagai angkutan umum massal yang emang tujuannya untuk ngangkut banyak orang. Berdiri itu lebih menghemat space dan semua orang yang berdiri di kereta juga ngerasa pegel. Kalo yang ngeluh-ngeluh pegel terus kesel sendiri gitu, pasti masih shock sama kerasnya hidup commuting.

Berat memang, tapi karena murah dan lebih cepat, maka kereta jadi pilihan utama. Urusan penuh, desek-desekkan, banyak aroma gak sedap, jadi dianak-tirikan karena yang paling penting ongkos murah dan sampe tujuan tepat waktu! Tapi kalo newbie gak ngerti akan hal itu ya. Yang paling kamu kesel sama newbie yang kayak gimana nih?