8 Mata Pelajaran yang Cuma Numpang Lewat Doang di Hidup Kamu

Belajar itu adalah hal yang gak pernah berhenti kita lakukan. Setiap ketemu orang baru kamu belajar, setiap nonton film baru kamu belajar, dan setiap melewati jalanan yang baru pun kamu belajar. Banyak hal yang tentunya udah kamu pelajari di sepanjang hidup kamu. Dari mulai kamu buka mata pertama kali, sampe detik ini pun kamu masih belajar. Tentu kamu masih inget dong, saat-saat di mana kamu belajar dalam waktu yang sangat lama dalam satu hari? Itu adalah saat sekolah!

Meskipun kamu udah menghabiskan begitu banyak waktu di sekolah dengan mempelajari segitu banyaknya mata pelajaran, tapi ternyata, gak semuanya nyangkut di otak kamu. Yang nempel banget masih inget sampe sekarang ada, yang kamu lupa seakan cuma numpang lewat doang, juga ada.

1. Sejarah

{source name="japanese_soldiers" url="zuhudrozaki.wordpress.com"} Tentara Jepang

japanese_soldiers via zuhudrozaki.wordpress.com

Tentara Jepang

Yang paling MBDC inget palingan cuma tahun terjadinya perang Diponegoro aja tuh, gara-gara tahunnya kayak jam sore-sore (tahun 1825-1830) gitu. Selebihnya apa? Kerajaan Hindu pertama di Indonesia apa? Negara yang menjajah Indonesia selain Belanda sama Jepang apa? Raja Majapahit pertama siapa? Gak inget kan? Emang cuma numpang lewat aja pelajaran Sejarah tuh.

2. Penjaskes

{source name="school-sports" url="terrierssports.com"} Keringetan bareng

school-sports via terrierssports.com

Keringetan bareng

Kenapa waktu jaman sekolah itu badan kayaknya fit, terus jarang sakit, udah gitu gak berlemak, mungkin itu semua karena jasa pelajaran olahraga yang diadakan seminggu sekali. Olahraga itu 'maksa' anak sekolah untuk bergerak, karena selama berjam-jam duduk terus di kelas itu gak baik buat kesehatan. Belum lagi kegiatan berenang sebulan sekali. Udah paling bener deh biar bikin sehat. Tapi apa? Setelah dewasa, lepas dari sekolah, orang-orang jarang banget nyempetin buat olahraga. Ilmu olahraga yang paling diinget palingan cuma lay-up gara-gara mau tes basket, atau gaya kodok kalo lagi tes renang. Selebihnya, tolak peluru peraturannya gimana, berapa panjang lapangan bulu tangkis, kemampuan lari kamu yang gemilang, semuanya gak ada yang membekas. Lewat aja gitu udah.

3. Geografi

{source name="Holidays_September_1_Geography" url="agta.org.nz"} Peta dan kompas. Kurang Geografi apa coba?

Holidays_September_1_Geography via agta.org.nz

Peta dan kompas. Kurang Geografi apa coba?

Selain Indonesia ada dua musim dan Amerika itu empat musim, kamu ingetnya apa dari Geografi? Coba sekarang jawab, ibukota Kalimantan Timur apa? Gunung tertinggi di pulau Sumatera apa? Kamu pasti lupa!

4. Mulok

{source name="aksara-sunda" url="twicsy.com"} Aksara Sunda

aksara-sunda via twicsy.com

Aksara Sunda

Demi untuk melestarikan kebudayaan, pemerintah Indonesia mencanangkan program Muatan Lokal di setiap sekolah, yang disesuaikan sama daerahnya. Mulok ini mempelajari semua hal yang berhubungan sama budaya lokal. Seperti PLKJ di Jakarta, Sastra Sunda di Jawa Barat, Mandarin atau Aksara Arab di Sumatera Utara. Tapi kamu pasti gak inget deh sama hal-hal apa aja yang pernah kamu pelajari itu. Numpang lewat doang.

5. Fisika

{source name="Physics" url="feministing.com"} Yang paling diinget cuma E = mc2

Physics via feministing.com

Yang paling diinget cuma E = mc2

Pelajaran paling bikin mumet dan dibenci sama 85% siswa dalam satu kelas. Gak ada tuh yang bilang "Yeay abis ini pelajaran Fisika!" Bisa dibilang sih ini pelajaran paling sulit nomor satu.

6. Kimia

{source name="Course-Tile-Chemistry" url="www.mysliderule.com"} Gak mau eksperimen sama aku aja?

Course-Tile-Chemistry via mysliderule.com

Gak mau eksperimen sama aku aja?

Masih inget gak soal unsur-unsur? Urutan tabel periodik? Kimia juga sama susahnya kayak Fisika. Kamu juga gak yakin kapan sebenernya hal-hal yang kamu pelajari itu akan kamu pake di dunia nyata.

7. Matematika

{source name="math" url="school.fultonschools.org"} Matematikaaaa щ(ಠ益ಠщ)

math via school.fultonschools.org

Matematikaaaa щ(ಠ益ಠщ)

Matematika itu nightmare buat sebagian orang. Angka, simbol, dan huruf semua bercampur jadi satu. Matematika emang penting dalam hidup, karena toh mau gak mau hal ini pasti kepake. Meskipun, kayak sinus cosinus dan log log gitu gak kamu pake setiap hari juga sih.

7. BK

{source name="BK" url="cyberkonseling.blogspot.com"} Jadi, kamu sukanya ngapain kalo di rumah?

BK via cyberkonseling.blogspot.com

Jadi, kamu sukanya ngapain kalo di rumah?

Bukan tempat makan burger yang terkenal, bukan. Tapi BK itu Bimbingan Konseling. Di mata pelajaran ini kamu diminta untuk mengenal diri kamu dan ya tentu aja biar guru juga bisa mengenal diri kamu. Yang MBDC inget sih, BK itu bikin kamu ngeh kamu mau ngambil jurusan apa dan kuliah di mana. Selebihnya soal moral dan etika sih, meskipun udah didikte begini begitu, yang bandel mah tetep aja bandel.

8. Sosiologi

{source name="socilologytree" url="napierpress.com"} Pohon sosiologi

socilologytree via napierpress.com

Pohon sosiologi

Sosiologi sejatinya mempelajari hubungan atau perilaku sosial antar manusia. Hal-hal yang dipelajari di Sosiologi kurang lebih udah kamu tau sebelum kamu belajar Sosiologi. Cuma pas kamu belajar Sosiologi, kamu baru tau aja kalo hal tersebut tuh ada nama ilmiahnya. Tapi selebihnya, sekarang kamu berhubungan aja gitu antar individu tanpa mikirin ini tuh namanya kalo di Sosiologi apa dan gimana.

Yah, yang salah itu bukan pelajarannya, bukan juga muridnya. Tapi sistemnya. Kalo aja murid bisa milih belajar hanya hal yang dia suka, jadi gak perlu mempelajari semua hal. Kayaknya bagus kalo bisa ahli dan medalami satu hal. Meskipun, bisa atau tau sedikit —meskipun gak jago, dari beberapa hal juga gak apa-apa buat menambah pengetahuan.

Tentu pelajaran-pelajaran yang ada di daftar di atas gak sepenuhnya dilupain sama semua orang, soalnya buktinya kan ada tuh ahli matematika, ilmuwan, dan arkeologis di luar sana yang pake ilmu-ilmu tersebut bahkan menggunakannya untuk mendapatkan pundi-pundi. Salut deh sama mereka!