7 Channel Youtube Informatif yang Bagus Banget Buat Kamu Subscribe

Aku, kamu, dan dia. Kita semua cinta Youtube. Ada banyak alasan orang buka Youtube, dari yang mau liat video viral terbaru, mantengin web series, sampai nontonin video klip girl band Korea yang sensual abis. Youtube emang sumber hiburan. Tapi gak cuma hiburan sih, Youtube juga bisa ngasih informasi yang edukatif. Nah, kali ini kita bakal ngomongin channel-channel Youtube paling informatif yang layak banget kamu follow!

1. CGP Grey

CGP Grey selalu berhasil membuat video-video edukatif yang menjelaskan jawaban atas sebuah pertanyaan dengan paduan grafis yang simpel dan narasi yang mengena. Mulai dari pertanyaan geografis tentang di mana sebenarnya Skandinavia berada, menjelaskan tentang negara yang berada di dalam negara sampai menjelaskan tentang apa itu Vatican City. CGP Grey tidak pernah gagal untuk membuat kita terpaku menyimak penjabarannya. CGP Grey selalu mencoba metode paling simpel untuk menjelaskan teori sekompleks apapun. Rasanya kalo sang videomaker menjadi dosen, dia akan jadi dosen terbaik yang pernah ada.

2. Vsauce

"Hey, Vsauce. Michael Here." Adalah kalimat pembuka andalan Michael untuk membuka setiap videonya yang sudah ditonton jutaan orang. Channel Vsauce sudah kadung kesohor sebagai channel edukatif yang bisa banget ngejawab pertanyaan-pertanyaan kamu yang bersifat sarat ilmu pengetahuan. Wawasan Michael dan bagaimana antusiasme-nya dalam membawakan setiap topik adalah kunci kehebatan channel ini yang dijamin bakal bikin kamu tambah pinter cukup dengan menonton saja.

3. Kok Bisa?

'Kok Bisa?' merupakan channel yang masih terbilang baru tapi sudah sukses menyita perhatian berkat pembahasan-pembahasan tajam yang amat menarik di setiap rilisan video terbarunya (di-update mingguan). Dibantu dengan animasi dan infografis yang terlihat ciamik, channel ini selalu menjelaskan setiap topik dengan gamblang dan gak pernah ngebosenin untuk disimak. Video mereka yang paling viral sejauh ini adalah tentang kenapa Rupiah bisa melemah dan video itu sangat membantu menjelaskan kepada awam tentang kenapa kita sedang berada di situasi yang gak enak ini.

4. In a Nutshell – Kurzgesagt

Nah versi internasional dari channel 'Kok Bisa?' diatas adalah channel ini. Channel ini bisa dibilang sudah menginspirasi banyak channel lainnya untuk memberi informasi yang edukatif dengan tampilan yang sangat menarik. Animasi dan grafis cerah bersahabat dan sangat Pop bisa banget ngebantu kamu memahami materi-materi berat dengan jauh lebih mudah. Dosen pinter mustinya merujuk ke channel ini buat referensi atau bikin materi kuliah.

5. Crack an Egg

Crack an Egg lebih bersifat santai dan humoris. gak seserius channel-channel lain di atas. Pendekatan yang digunakan Crack an Egg minim grafis dan lebih mengandalkan eksplanasi langsung oleh para hostnya. Meskipun begitu, beberapa pertanyaan maha penting, seperti "Kenapa Pria menyukai Payudara?" dan "kenapa indomaret dan alfamart selalu berdekatan?" cukup bisa terjawabkan di sini.

6. Crash Course

Untuk persoalan sejarah, Crash Course ini andalan banget. Bukan hanya bisa menjelaskan sejarah dengan sangat tekun, John Green seringkali memasukan informasi-informasi tambahan dan trivia yang sangat berguna untuk dipamerin di ruang kelas. Animasi dan infografis yang digunakan untuk presentasi juga gak main-main. Langsung cek aja lah kalo gak percaya!

7. Malesbanget

Yep, kamu mungkin udah bisa nebak bahwa list ini akan diakhiri rekomendasi yang sangat penting. Di Channel Youtube MBDC yang isinya rame banget dengan beragam pilihan tema video juga tersedia pelbagai karya kreatif Infografis yang bisa banget kamu jadiin sumber ilmu dan wawasan. Secara tampilan sih pasti sip banget dan gak kalah sama channel-channel lain. Thanks to our creative team! Harus banget loh kamu subscribe ini!

Nah sekarang giliran kamu untuk berbagi referensi. Share yah!