8 Info Hoax yang Sering Banget Ada di Media Sosial Atau Grup Chat

Punya media sosial itu emang bisa mempermudah hidup kamu, tapi ternyata hukum alam itu berlaku ya, setiap yang enak pasti ada gak enaknya. Begitu pula dengan media sosial, pasti ada aja tuh entah berita entah cerita yang diragukan kebenarannya, bahkan ada juga yang bener-bener hoax. Kaya 8 hal di bawah ini nih

1. Makanan Berbahaya

{source name="Hoax makanan" url="bosepta.blogspot.com"} Oh gitu ya, oh, percaya deh percaya

Hoax makanan via bosepta.blogspot.com

Oh gitu ya, oh, percaya deh percaya

Sering banget nih, mendadak temen kamu ngirimin berita kalo ada makanan yang mengandung bahan tertentu yang gak baik kalo dikonsumsi. Temen kamu pasti berasa kaya udah jadi penyelamat hidup kamu tuh pasti, padahal info yang dia kasih gak kebukti kebenarannya. Makan ciki tiap hari juga bahaya buat kesehatan, ngapain repot-repot bahas makanan lain

2. Berita Orang Meninggal

{source name="Hoax meninggal" url="joyhomework.wordpress.com"} Sule ngakak nih kalo baca

Hoax meninggal via joyhomework.wordpress.com

Sule ngakak nih kalo baca

Gak tau apa maksudnya, mungkin sekedar cari sensasi kali ya, tapi aneh banget, nyebar info duka cita, tapi jelas-jelas semua orang tau kalo orang yang dimaksud itu masih idup. Biasanya tuh artis yang suka jadi korban. Liat aja, pernah ada berita Sule meninggal. Padahal besokannya si Sule masih ngelawak di televisi. Yang bikin berita hoax gini kurang piknik kayanya

3. Konspirasi

{source name="Hoax konspirasi" url="itsarinfo.blogspot.com"} Kasian Upin-Ipin

Hoax konspirasi via itsarinfo.blogspot.com

Kasian Upin-Ipin

Kok ada ya orang yang suka nyebar berita di media sosial yang sok bikin mereka keliatan pinter, padahal beritanya hoax. Paling sering tuh mereka pake kata konspirasi, maksudnya biar orang tau kalo ada sesuatu dibalik sesuatu. Kesannya keren kan, tapi kalo kaya U sama I di baju Upin-Ipin artinya USA dan Israel kayanya udah lebay deh. Sekalian aja tulisan S di baju Superman artinya Selena Gomez, trus bikin gosip Superman yang bikin Justin Bieber sama Selena Gomez putus.

4. Lowongan Kerja

{source name="Hoax loker" url="www.kaskus.co.id"} Pertamini kali

Hoax loker via kaskus.co.id

Pertamini kali

Biasanya yang jadi korban berita lowongan kerja yang hoax gini tuh anak-anak yang baru lulus, mungkin termasuk kamu. Kamu jangan asal kirim CV ya, liat dulu baik-baik, kalo perusahaan bonafit pasti semuanya juga bonafit, gak mungkinlah emailnya pake email kaya gmail, yahoo, atau ymail. Pasti ada nama perusahaanya di email. Kecuali kamu emang pasrah ke sana sini gak dapet kerja, yaudah bolehlah dicoba aja, walaupun hoax

5. Konser

{source name="Hoax konser" url="media.iyaa.com"} Ternyata yang konser kuburan band

Hoax konser via media.iyaa.com

Ternyata yang konser kuburan band

Belum lama ada berita ini nih yang rame di media sosial, Slipknot bakal ke Indonesia Oktober ini. Tapi pihak promotor udah ngebantah, di websitenya Slipknot sendiri gak ada jadwal ke Indonesia taun ini. Tuh kan beritanya hoax, kadang suka ngeselin nih yang kasih info hoax gini di media sosial. Kalo kamu sebagai fans berat Slipknot pasti kecewa, walaupun diganti sama kuburan band pun gak bakal terobati rasa kecewanya, ya kan?

6. Kriminalitas

{source name="Hoax kriminal" url="kicaubintaro.co.id"} Warga bintaro diboongin

Hoax kriminal via kicaubintaro.co.id

Warga bintaro diboongin

Masih inget gak, ada berita pembacokan di atm BXC (Bintaro X-change)? Di gambar keliatan ada orang berdarah-darah gitu, dan gak taunya itu foto kejadian bukan di Indonesia. Jadi berita itu hoax. Apa ya tujuannya? Ya bagus sih jadi kamu bisa lebih waspada, tapi kenapa pake cara bikin parno warga Bintaro gitu ya, kalo itu cuma iseng, fix ngeselin sih

7. Pemeran Dalam Film

{source name="Hoax film" url="www.thatsfake.com"} Hoax nih, harusnya Dude Herlino bukan Johnny Depp

Hoax film via thatsfake.com

Hoax nih, harusnya Dude Herlino bukan Johnny Depp

Dunia perfilman juga diserang sama info hoax di media sosial. Si anu main di film inilah, si itu bikin film inilah. Faktanya semua cuma info hoax. Hampir sama kaya musik, buat yang ngefans sama artis atau filmnya kan jadi kecewa, kaya fansnya Johnny Depp yang gak taunya berita dia main film The Godfather itu cuma hoax belaka

8. Masalah Keluarga

{source name="Hoax Keluarga" url="www.brilio.ne"} Sabar nak, sabar

Hoax Keluarga via brilio.ne

Sabar nak, sabar

Gak paham lagi deh sama berita hoax kaya gini, masih aja minta pulsa. Kalo kamu masih percaya, MBDC salut sih sama kamu, kamu bener-bener anak yang baik. Tapi sebaiknya kamu banyakin temen deh dan lebih kenalin lagi siapa bapak, ibu, kakak, dan keluarga kamu yang lainnya. Ini demi kebaikan kamu juga

Banyaknya berita hoax jangan sampe bikin kamu kapok main medsos ya. Mangkanya pinter-pinter milah mana yang hoax mana yang bukan, soalnya ini penting, jangan sampe hidup kamu ancur gara-gara berita ini. Sekarang kamu harus share artikel ini ke 1000 temen kamu sekarang juga, kalo gak kamu termasuk orang yang menghalalkan berita hoax itu berkembang

Bercanda deng, ditunggu komennya