7 Hal yang Jadi Naik Gara-gara Dolar AS Menguat

Satu dolar 12 ribu! Satu dolar 13 ribu! Satu dolar 14 ribu! Oke, memang nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat semakin rendah, dan semua orang kayaknya pada heboh banget, ketakutan sama nasib Indonesia. Padahal mahalnya Dolar ini sebenernya gak ngaruh langsung banget sama hidup kamu juga sih, kamu tetep harus sekolah, tetep harus anter mama kamu belanja, terus tetep harus makan mie instan karena belom gajian. Well, yang MBDC tau pasti sih, 8 hal ini yang jadi ikutan naik gara-gara Dolar AS naik:

1. Barang Elektronik

{source name="Electronic-stuff" url="www.networkedindia.com"} Barang-barang elektronik

Electronic-stuff via networkedindia.com

Barang-barang elektronik

Kalo selama ini ada obrolan "Beli hard disk-nya ntar aja, sekarang dolar lagi naik," itu ada benernya banget. Secara selama ini konsumsi barang elektronik kita adalah impor, maka wajar kalo tingginya harga Dolar AS ngaruh banget sama harga barang-barang elektronik macem TV, kamera, peralatan komputer, laptop, handphone, dan lain-lain.

2. Investasi Dolar

{source name="Save-Money" url="www.bestsmartdns.com"} Nabung dolar

Save-Money via bestsmartdns.com

Nabung dolar

Kalo kamu selama ini nabung dalam bentuk Dolar, selamat! Wah, niatnya cuma nabung biasa, eh gara-gara Dolar naik kamu jadi untung banyak deh kalo dituker ke Rupiah. Mumpung lagi mahal tuker dulu aja ke Rupiah siapa tau nanti Dolar turun lagi. Kalo turun loh ya. Buat jaga-jaga sih jangan tuker deh. Tuker ke Pound Sterling aja.

3. Biaya Kuliah ke Luar Negeri 

{source name="Money_CAP" url="sjmagazine.net"} Kuliah mahal~

Money_CAP via sjmagazine.net

Kuliah mahal~

Kamu udah nabung-nabung nih ceritanya biar bisa kuliah ke luar negeri, eh taunya Dolar naik. Makin mahal pula lah itu biaya buar kamu kuliah. Seremnya sih gagal berangkat ya. Mana udah ngurus paspor, udah beli baju musim dingin, udah gembar-gembor pula ke orang-orang kalo kamu mau berangkat ke luar negeri. Hiks.

4. Gaji

{source name="Businessman-Briefcase-Money" url="www.ips-dc.org"} Duh sampe penuh ini tas

Businessman-Briefcase-Money via ips-dc.org

Duh sampe penuh ini tas

Biasanya sih hal ini dirasakan sama orang yang kerja di perusahaan multinasional, yang gajinya juga pake Dolar bukan pake Rupiah. Enak banget yak gaji jadi fluktuatif gitu tiap bulannya beda-beda. Mantap!

5. Tiket Pesawat

{source name="air-force-one-over-lady-liberty" url="www.forwallpaper.com"} Bye-bye Liberty

air-force-one-over-lady-liberty via forwallpaper.com

Bye-bye Liberty

Jelas ini sih, secara kalo tiket pesawat itu takaran bayarnya kan pake Dolar ya, ya selama dolar makin naik maka makin naik juga harga tiket pesawatnya. Kemaren selama Dolar belom naik aja sebenernya tiket pesawat udah mahal, eh ditambah Dolar naik makin mahal deh.

6. Barang Koleksi

{source name="action_figure" url="www.adahotels.com"} Mahal deh jadinya

action_figure via adahotels.com

Mahal deh jadinya

Buat kamu yang seneng banget ngoleksi barang-barang impor limited edition, siap-siap gigit jari deh pas liat update-an harga. Mahal-mahal bingit cuy jadinya. Awalnya aja udah mahal dan susah banget belinya karena harus nabung berbulan-bulan dulu, eh ini harganya makin melambung. Makin susah deh dapetnya. Hiks.

7. Emosi

{source name="sparta" url="ninetydeuce.wordpress.com"} KZL!!!

sparta via ninetydeuce.wordpress.com

KZL!!!

Nah ini yang ajaib. Dolar naik, eh emosi orang-orang juga jadi ikutan naik. Padahal ngerti juga kagak. Cuma takut aja barang incaran jadi mahal. Ada juga yang emosi cuma buat marah-marahin pemerintah. Kesian dong pemerintah, kalo ada apa-apa yang disalahin mereka..

Nilai tukar Dolar terhadap Rupiah memang gak menunjukkan tanda-tanda akan turun, tapi jangan sedih dan jadi ikutan emosi. Gak cuma Indonesia aja yang menghadapi krisis, masih banyak negara-negara lain yang lebih parah kok. Sebagai kaum yang punya banyak akses terhadap informasi, mending cari-cari info, terus pahami dulu kenapa Dolar bisa menguat. Oke?

Terus jangan lupa, tetep cinta Rupiah ya!

Sumber foto utama