Biar Pinter Nih! 5 Cara Yang Sering Dipake Buat Ceritain Penciptaan Dunia!

Kamu tahu gak gimana pertama kali dunia ini dibuat? Apa yang kamu pikirkan ternyata bukanlah sesuatu yang pasti. Karena apa yang orang lain pikirkan bisa aja beda. Setiap agama, suku, ras, warga negara punya keyakinan berbeda tentang informasi penciptaan dunia.

Pada setiap peradaban budaya dunia, dapat ditemukan berbagai macam versi "Creation Myth" yang menjelaskan bagaimana asal muasalnya dunia ini terjadi. Mitologi ini memiliki peranan penting dalam referensi manusia modern, menariknya lagi meskipun banyak ras manusia dari berbagai belahan dunia yang berseberangan ternyata "Creation Myth" mereka banyak memiliki persamaan.

Berikut ini adalah 5 Klasifikasi Dasar "WORLD CREATION MYTH" berdasarkan beberapa motif umum yang sering muncul dalam Mitos2 penciptaan dunia di berbagai belahan dunia:

1. EX NIHILO

{source name="Pada hari ketujuh Tuhan menciptakan Nutella" url="google.com"}

Pada hari ketujuh Tuhan menciptakan Nutella via google.com

Penciptaan "Ex Nihilo" berasal dari bahasa Latin yang berarti "Out of Nothing" adalah tipe mitos penciptaan yg biasa/paling sering ditemukan dlm mitologi2 dunia. Ex Nihilo bisa ditemukan di dalam kisah-kisah penciptaan di Mesir/Egypt - the Rig Veda, di Kitab Injil (Bible) dan Al Quran, dan beberapa budaya animistic di Afrika, Asia, Oceania dan Amerika Utara. Jadi bisa dibilang tipe yang ini adalah yang paling mainstream untuk nyiptain dunia.

Dalam kebanyakan cerita, Penciptaan Ex Nihilo ini biasanya terjadi berawal dari omongan, mimpi, nafas, atau pemikiran murni dari Sang Kreator. Namun penciptaan Ex Nihilo juga bisa terjadi melalui Zat buangan olahan tubuh Sang Kreator. Pasti familiar dong ya?

Terjemahan literal dari "Ex Nihilo" adalah "From Nothing" tapi dalam beberapa mitos penciptaan, batas itu tidak jelas, kadang juga sering dibilang "Creation from Chaos" tapi dalam penciptaan Ex Nihilo potensi dan substansi penciptaan muncul dari dalam Sang Kreator. Biasanya Sang Kreator bisa memiliki atau tidak memiliki wujud fisik sama sekali dan hanya dikelilingi kegelapan atau air, tapi dia tidak menciptakan dunia dari elemen-elemen tersebut.

2. CREATION FROM CHAOS

0119wsjhaiti01

Dunia diciptakan dari kekacauan dan menghasilkan kekacauan via blog.wsj.com

Dalam mitos penciptaan dari "CHAOS" (kekacauan) pada dasarnya juga bermulai dari bentangan tak berbentuk/ketidakadaan. Dalam kisah-kisah penciptaan arti "CHAOS" berarti kekacauan/ketidak teraturan yang tidak berwujud atau kadang disebut "VOID" (hampa) atau "ABYSS" (jurang) di dalamnya terkandung material yang mampu menciptakan dunia. CHAOS digambarkan memiliki konsistensi air/uap, tak berdimensi, dan kadang juga mengandung garam/berlumpur.

Mitos penciptaan dari “CHAOS” ini selalu mengaitkan kekacauan dgn Kejahatan (Evil) kontras dengan “ORDER” (cosmos) yang selalu dikaitkan dengan kebaikan. Kreasi penciptaan dari CHAOS ini, biasanya bertujuan membawa keteraturan (order) dari ketidak-teraturan (disorder) dan dalam beberapa budaya dipercaya pada suatu titik kekuatan yg mempertahankan kebaikan itu akan melemah, dan dunia akan sekali lagi tenggelam ke dalam CHAOS.

Orang korea maupun orang Yunani mempercayai bahwa dunia diciptakan dengan cara seperti ini. Kalau dipikir-pikir tipe penciptaan macam ini agak mirip dengan main game ya. Kalo MBDC maen Sim City sih biasanya kayak gini. Setelah selesai dibangun, dihancurin terus dibangun lagi.

3. WORLD PARENTS

{source name="Ra's Al Ghul" url="screencrave.com"}

Ra's Al Ghul via screencrave.com

Dalam mitos penciptaan Maori, Primal Couple-nya adalah Rangi & Papa, digambarkan mereka saling berpelukan dan akhirnya dipisahkan oleh anak-anaknya dan terciptalah langit dan bumi.

Ada 2 tipe mitos “World Parents” keduanya menggambarkan pemisahan/membelah primeval entity, the world parent/parents. Satu bentuk mengambarkan posisi abadi dari 2 orang tua yang bersatu dan penciptaan terjadi ketika mereka berdua akhirnya dipisahkan. 2 orang tua tersebut biasanya di identifikasikan sebagai Langit (biasanya pria) dan Bumi (biasanya perempuan) yang pada posisi awalnya mereka saling berdempetan (sexual union) dan tidak memberikan tempat untuk anak-anaknya lahir.

Dalam bentuk kedua World Parent Myth, penciptaan itu digambarkan tercipta dari bagian-bagian tubuh primeval being (Sang Kreator). Dalam mitos jenis ini biasanya kaki, tangan, rambut, darah, tulang atau organ-organ tubuh lainnya dikorbankan untuk menciptakan Langit, bumi, binatang/tanaman, dll.

Mitos ini bermaksud untuk menyampaikan bahwa kekuatan kreatif seperti animistic di alam memiliki peranan besar dan suci dibandingkan pendekatan penciptaan melalui hubungan sexual.

Satu lagi tipe penciptaan yang dipercaya oleh orang Yunani. Sama persis dengan keberadaan Zeus yang dianggap sebagai pencipta dan pemimpin semesta.

4. EMERGENCE

{source name="Native American people" url="bbc.co.uk"}

Native American people via bbc.co.uk

Dalam mitos proses penciptaan “Emergence” manusia muncul dari dunia lain datang ke dunia yang skarang ini ada. Dunia sebelumnya sering dianggap sebagai rahim “mother earth” dan proses emergencenya disamakan dengan proses kelahiran. Peranan “mother earth” biasanya diperankan oleh salah satu Dewi (female deity) contohnya seperti Wanita laba-laba dari Mitos Native-American. Peranan Pria/Dewa jarang disebutkan dalam kisah-kisah ini, dan para ahli mitos menyimpulkan bahwa Creation Myth Emergence adalah berlawanan dengan Male-Oriented Creation Myth, seperti dalam versi Ex Nihilo.

Dalam Kiva, kepercayaan orang-orang Pueblo, Sipapu adalah lubang kecil di lantai, sebuah portal dimana para nenek moyang mereka muncul kebumi untuk pertama kalinya. Lubang yang lebih besar adalah Fire-Pit, reruntuhan dari Taman Nasional - Mesa Verde.

Mitos Penciptaan Emergence sering digambarkan sebagai penciptaan manusia dan mahluk-makhluk supernatural sebagai Metamorfosis dari bentuk-bentuk baru lahir melalui serangkaian dari dunia bawah tanah untuk tiba di tempat yang sekarang dan bentuk mereka. Sering bagian dari satu dunia atau tahap berikutnya terdorong oleh kekuatan-kekuatan batin, proses bibit atau kehamilan dari bentuk-bentuk yang sebelumnya, embrio.

Jenis mitos penciptaan Emergence ini sering ditemukan dalam mitos-mitos atau budaya Native American, link akhir munculnya orang-orang dari sebuah lubang yang membuka ke dunia bawah untuk cerita tentang migrasi berikutnya dan pemukiman yang akhirnya di kampung halaman mereka saat ini.

5. EARTH DIVER

Jason-Momoa-Aquaman-Armor-Image

Aquaman Sang Penguasa Lautan via screenrant.com

Dalam proses penciptaan tipe Earth Diver, biasanya Sang Kreator Utama (Supreme Being) mengirim binatang ke dalam primal-water (lautan) untuk mencari sedikit pasir/tanah atau lumpur yg nantinya akan dibuat kepulauan untuk dihuni. Beberapa ahli menafsirkan mitos ini psikologis sementara yang lain menafsirkan secara cosmogonically. Dalam kedua kasus penekanan pada awal penciptaan yang berasal dari kedalaman laut. Pola sebaran cerita ini menyarankan mereka memiliki asal-usul yang sama di daerah pesisir Asiatik Timur, menyebarkan saat bangsa berpindah barat ke Siberia dan Timur ke benua Amerika Utara.

Karakteristik dari banyak mitos penciptaan Earth Diver dimulai dengan sebuah makhluk potensial yang lama tertidur dalam dunia purba. Earth Diver adalah di antara yang pertama terbangun dan membangun tanah yang cocok dimana penciptaan mendatang akan dapat hidup. Dalam banyak kasus, cerita ini akan menggambarkan beberapa usaha yang gagal untuk membuat pulau-pulau sebelum akhirnya sukses.

Keren banget yak artikelnya! Artikel ini adalah hasil kolaborasi MBDC dengan World Mythology Community. Komunitas pecinta mitologi di Indonesia. Kamu bisa berkenalan degan mereka di Facebook Fan Page: World Mythology Community atau Twitter @MythLovers.