5 Berita Positif Tentang Indonesia Yang Kamu Lewatkan Dan Mesti Tahu

Setiap kali MBDC membuka berita di pagi hari. Ada aja berita negatif berseliweran tentang Indonesia. Seakan-akan hanya ada yang buruk-buruk aja di Indonesia saat ini. Entah karena berita positif memang gak ada atau berita positif gak laku jadi aja jarang diberitain. Padahal yaa kalo mau peduli dikit aja, kamu bisa menemukan berita-berita yang cukup mencerahkan. MBDC bisa kok nemuinnya. Ini dia beberapa positif tentang Indonesia yang mungkin kamu lewatkan:

1. Kabel Optik Bawah Laut Sulawesi - Maluku

Baru aja kemaren nih, pak presiden Jokowi ngeresmiin proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung pitalebar serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) di Manokwari, Papua Barat.

Dengan adanya pemasangan kabel optik bawah laut di Indonesia Timur ini diharapkan bisa bikin daerah timur bisa mendapatkan konektivitas komunikasi seperti para saudaranya di bagian barat. Kabarnya proyek ini menghabiskan dana sebesar Rp 3,6 Triliun.

 2. Tol Trans Sumatra

Proyek yang udah dibicarain entah sejak kapan ini, akhirnya diresmikan akan dibangun. Pembangunan jalan Tol Trans Sumatra ini dimulai dari Aceh dan memiliki lebar 120 meter. Di tengah ada tol, di kanan ada transmisi, di sebelahnya lagi ada kereta api, bisa kereta api barang atau cepat atau biasa.

Hebat ya.

3. Program Pembangunan Rumah dengan Solar Cell

Selain itu, pemerintaha Jokowi sedang mencanangkan program pembangunan 1 juta rumah dengan bentuk rumah tapak dan apartemen. Untuk rumah tapaknya, 40% akan menggunakan solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya/Matahari (PLTS). Nantinya rumah yang beratap solar cell ini bisa menghasilkan listrik dan bahkan bisa dijual ke PLN. Wow.

4. Program Listrik 35 Ribu MW

MW di sini bukan Megawati ya. MW adalah singkatan dari Mega Watt. Kabarnya, kebutuhan listrik hingga tahun 2019 diprediksi 8,7 persen per tahun. Saat ini baru sekitar 84 persen rumah tangga di Indonesia yang terjangkau listrik. Dengan dimulainya program listrik 35 ribu mega watt ini diharapkan tak ada lagi problem kesulitan listrik yang selama ini terjadi.

5. Program Sejuta Rumah di 9 Provinsi

Tadi kan udah dibahas tuh Program Sejuta Rumah. Nah, program ini dilakukan di sembilan wilayah yaitu Nias Utara, Jakarta, Bantaeng, Ungaran, Tangerang, Cirebon, Malang, Kota Waringin Timur, dan Palembang. Program Sejuta Rumah ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, seperti kelompok nelayan, pekerja, buruh, PNS, TNI, dan Polri. Tahun ini, ada 10.000 unit rusunawa untuk pekerja, 7.600 unit untuk buruh, dan 2.400 unit yang akan dikerjakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Mantap ya.

Nah, gimana? Banyak lagi loh berita positif di luar sana. Tapi ya selama ini gak keekspos aja. Isi dirimu dengan berita-berita positif supaya jadinya gak ngedumel mulu ya. Selamat hari Senin.