4 Hal Gratis di Internet yang Asik Buat Kamu Manfaatin

Kayaknya udah gak perlu didiskusiin lagi deh kalau kita semua itu cinta mati sama internet. Musyawarah udah menghasilkan mufakat: Internet is the best thing ever! Internet selalu ada buat kita dan selalu menawarkan bentuk pelarian dari dunia fana yang paling mengasyikan. Mari kita kutip sepenggal lirik dari lagu 'kasih internet':

“Hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia...”

Nah inilah hal-hal gratis yang bisa diberi internet!

PS: Yap. Kita tau itu di atas tadi sebenernya lirik lagu kasih Ibu. Tapi gimana kalo kita udah nganggep internet itu sebagai Ibu kedua kita? Keberatan?

1. Menonton

{source name="malesbangetdotcom" url="malesbanget.com"}

malesbangetdotcom via malesbanget.com

Yang paling umum ya kamu bisa nonton Youtube. Kalau udah di sana jangan lupa juga untuk subscribe channel MBDC yang dipenuhi video-video paling keren nan seru. Kalau kamu jeli di Youtube itu juga banyak yang upload film-film berdurasi panjang. Jadi gak usah capek-capek ngedownload. Buat yang suka memperluas wawasan, silahkan buka documentaryheaven.com yang dipenuhi materi dokumentasi berisi yang semuanya bisa diakses gratis. Kalau kamu bermodal sih bisa langganan Netflix dan ikut aja dulu free trialnya, tapi VPN dibutuhkan untuk itu karena Netflix belum tersedia secara resmi di Indonesia. VPN jadi layak banget buat dimiliki karena kamu bisa manfaatin juga buat nonton video-video khusus orang dewasa yang dengan semena-semena suka diblok pemerintah. If you know what i mean....

2. Belajar

{source name="wolfram" url="youtube.com"}

wolfram via youtube.com

Internet adalah guru yang sangat baik, jauh lebih pintar dari guru atau dosenmu. Sangat banyak hal yang bisa kamu pelajari dari internet, di luar dari situs umum seperti Wikipedia, kamu bisa meresap banyak ilmu dari Wolfram Alpha, Coursera, dan Khan Academy. Atau kalau lebih suka yang berformat audio visual kamu bisa “kuliah” di Ted Talks. Semuanya gratis! Gak ada alasan lagi untuk jadi bodoh

3. Belajar Bahasa Asing

{source name="belajar inggris" url="youtube.com"}

belajar inggris via youtube.com

Daripada kursus yang udah pasti bakal menghabiskan banyak dana, atau belajar langsung di negara orang yang menuntut budget gede. Belajar bahasa asing lewat internet udah jadi hal yang mudah dan jelas lebih murah. Situs/apps kayak duolingo dan memrise bersinar sebagai dua layanan gratis yang bisa bikin kamu ahli bahasa asing dengan budget rendah. Materi yang mereka pake juga kekinian, jadi kita gak akan pelajari kalimat baku yang udah gak dipake lagi dalem pergaulan. Emang sih kalau belajar lewat layanan kayak gini kita jadi gak bisa fokus dan disiplin, tapi ya itu kembali lagi ke seberapa kuat niat kamu untuk belajar

5. Torrent

Nah yang ini sih masih jadi kontroversi dan banyak situs torrent terkenal yang udah dibegal sama pihak berwenang. Kalau kita mau mengesampingkan moral, Torrent ini emang luar biasa membantunya buat kita untuk mendapatkan konten yang gak bisa kita dapetin secara legal di negara ini. Emang kesannya kita jadi kaya perompak ngebajakin kanan-kiri tanpa tau aturan, Sikap paling tepat adalah dengan memperlakukan Torrent sebagai sekedar file-sharing seperti halnya saat kamu berbagi dengan temanmu dan tidak berorientasi untuk mendistribusikan ulang untuk meraih keuntungan. Torrent bakal selalu asik untuk dimanfaatin asal tau batasannya.

Apa lagi hal gratis di internet yang asik banget buat dimanfaatin?