13 Lagu Terbaik Oasis yang Cuma Jadi B-Side

Jarang banget ya MBDC ngebahas salah satu band terbaik sepanjang masa ini. Nah, karena berhubung ada gosip santer yang katanya Oasis bakal reuni tahun depan, 2016 sehubung adanya gentlemen's agreement dari dua abang adek yang bertikai, Noel Gallagher dan Liam Gallagher. Oiya, Oasis sendiri bubar tahun 2009 silam.

Ok, buat mengenang sekaligus menyambut reuninya Oasis (kalau beneran jadi), berikut MBDC kasih list lagu terbaik Oasis yang entah kenapa cuma dimasukin ke dalam B-Side. Eh kamu tau kan B-Side itu maksudnya apa? Hmm, intinya sih bukan lagu jagoan gitu deh, dan gak layak buat dimasukin ke album. Nah ternyata gak semua b-side itu kurang ok, buktinya Oasis nih punya banyak lagu b-sides yang keren, bahkan ada yang lebih keren dari lagu di album mereka.

1. (It’s Good) To Be Free (Whatever, 1994)

Di tahun 1994 Oasis ngeluarin single yang berdiri sendiri, maksudnya gak ada di album. Nah single tersebut adalah Whatever. Salah satu lagu dalam single Whatever yang harus kamu simak adalah (it's Good) To Be Free yang punya cita rasa rock cukup tinggi dengan sisa-sisa permainan drum pertama mereka, Tony McCarroll

2. Acquiesce (Some Might Say, 1995)

Salah satu lagu B-Sides favorit baik itu buat fans maupun Oasis sendiri. Lagu ini sering banget dibawain kalau Oasis manggung di era album (What's the Story) Morning Glory. Kekuatan lagu ini selain nadanya yang catchy adalah liriknya yang sangat menggugah. Because we need each other. We believe in one another. And I know we're going to uncover. What's sleepin' in our soul. Oiya, Noel bernyanyi di bagian reff sungguhlah pilihan yang sangat tepat.

3. Half the World Away (Whatever, 1994)

Noel itu suka banget sama Burt Bacharach, terutama sama lagunya yang berjudul This Guy's in Love With You. Nah bentuk kesukaannya tersebut disalurkan lewat lagu Half the World Away yang merupakan B-Sides dari single Whatever. Kalau kamu dengerin secara seksama, kamu bakal nemuin kesamaan intro lagu This Guy's in Love WIth You dengan Half the World Away. Kalau kamu bosan dengan keseharian, atau gerah dengan keadaan tempat tinggal kamu, maka Half the World Away jawabannya.

4. Stay Young (D'You Know What I Mean?, 1997)

Ok lah Be Here Now emang bukan album yang keren, dan D'you Know What I Mean? bukanlah single yang brilian. Tapi toh Noel masih bisa ngasih kamu kejutan yang terdapat di dalam single D'You Know What I Mean? berupa lagu anthemic berjudul Stay Young. Konon tadinya lagu ini udah mau dimasukin ke album Be Here Now sebelum akhirnya Noel lebih milih lagu Magic Pie yang masuk. Masuk mana nih? Ya album Be Here Now dong ah. Eh sampe lupa. Lagu ini juga jadi soundtrack film The Faculty

5. Rockin' Chair (Roll With It, 1995)

Entah kenapa kalau tiap dengerin lagu ini MBDC selalu berasa sedih. Tapi emang sih pilihan chord, lirik, dan instrumennya ngedukung banget buat berdiri di depan jendela dan menatap kosong gitu.

6. The Masterplan (Wonderwall, 1995)

Wah ini dia yang paling favoritnya MBDC. Nadanya enak, liriknya bagus banget, dan aransemennya juga menawan banget. The Masterplan juga merupakan lagu favoritnya Noel Gallagher, yang sampe sekarang masih disesalin kenapa gak dimasukin ke dalam album (What's the Story) Morning Glory?

7. D'yer Wanna Be a Spaceman? (Shakermaker, 1994)

Seperti yang udah kamu tau kalau Noel itu juga sering nyanyi di lagu-lagunya Oasis. Nah dia itu suaranya enak banget kalau nyanyiin lagu-lagu balada atau akustik contohnya kayak di lagu D'yes Wanna Be a Spaceman? yang ada di single Shakermaker.

8. Round Are Way (Wonderwall, 1995)

Round Are Way bisa jadi satu-satunya lagu Oasis yang paling maksimal gunain brass section, yang akhirnya bikin beda dengan lagu-lagu Oasis lainnya. Moodnya jadi happy loncat-loncatan gitu deh.

9. Going Nowhere (Stand By Me, 1997)

Lagi-lagi perpaduan nada balada dengan suara Noel berakhir manis. Dengan kapasitasnya, harusnya sih Going Nowhere layak buat masuk album dan jadi single, trus yang jadi lagu pendukungnya itu Stand By Me.

10. Fade Away (Cigarettes and Alcohol, 1994)

Salah satu lagu yang ada di dalam single Cigarettes and Alcohol. Mungkin karena masih pengaruh album Definitely Maybe yang ngerock banget, akhirnya lagu Fade Away yang punya lirik sendu ini jadi ikutan ngebut. Nah baru deh pas ikutan kompilasi Warchild tahun 1995 lagu ini punya aransemen yang menurut MBDC pas dengan liriknya. Dan Noel pun mengambil alih vokal di versi terakhir tersebut.

11. Just Getting Older (The Hindu Times, 2002)

Lagu yang cukup indah yang bercerita tentang kebosanan. Enak banget kamu dengerin kalau kamu udah masuk usia 30an dimana kamu ngerasa udah mulai mentertawakan apa yang pernah kamu lakukan di usia 20an.

12. Step Out (Don't Look Back in Anger, 1996)

Dibandingin Wonderwall, Don't Look Back in Anger menurut MBDC tetep yang paling kece di album (What's The Story) Morning Glory? Nah di dalam singlenya, ada juga nih satu lagu yang gak kalah kece, dan juga dinyanyiin sama Noel, judulnya Step Out. Dengerin deh.  Oiya lagu ini harusnya masuk album Don't Look Back in Anger, tapi gak jadi karena dianggap mirip sama lagunya Stevie Wonder yang Uptight (Everything's Alright). Konon sih Noel tetep kena tuntut dan harus bayar royalti ke Oom Stevie.

13. Talk Tonight (Some Might Say, 1995)

Kamu pasti udah tau lah ya sama lagu ini. Salah satu lagu b-side Oasis yang paling terkenal di Indonesia, karena sering banget diputer di radio sini.

Bonus:

Bonehead's Bank Holiday

Ini bukan lagu b-side sih, tapi rasanya MBDC harus masukin ke dalam list ini karena emang lagunya seru banget. Jadi Bonehead's Bank Holiday adalah lagu bonus yang ada di dalam (What's the Strory) Morning Glory? versi vinyl. Seusai dengan judulnya, lagu ini emang didedikasiin buat teman baik Noel dan Liam yang sekaligus mantan gitaris Oasis, Bonehead. Awalnya lagu ini emang pengennya dinyanyiin sama Bonehead, tapi katanya sih dia pemalu banget jadi akhirnya dibikin mabok dulu biar bisa nyanyi. Tapi yang terjadi malah si Bonehead meracau gak jelas seputar lirik lagu ini. Dengerin aja di akhir lagu. Oiya, lagu ini akhirnya yang nyanyiin si Noel

Nah itu dia lagu-lagu terbaik Oasis yang sayangnya cuma jadi b-sides. Kalau kamu, apa lagu Oasis favorit kamu? share ya di komen.

Oasis bakal reuni gak menurut kamu?

  • Palingan iya, buat nyari duit
  • Gak akan
  • Nagapain sih reuni? Bubar ya bubar aja
  • Tahun depan pasti reuni, PASTI!
  • Oasis? Reuni? Oh Reuni Osis maksudnya ya?

See Results