Dari Mana Datangnya Bra?

Sebelum pakai BH, cewek-cewek zaman dulu, terutama di dunia barat, banyak yang pakai korset. Selain buat nutupin dan menyangga payudara (karena mereka takut banget kalau payudaranya bakalan kendur), BH juga dipakai buat mendapatkan bentuk badan yang ideal dan sexy, seenggaknya, itu gambaran body ideal di zaman itu.

Status Sosial

Masih di zaman kuda gigit batu, pemakaian korset juga dianggap sebagai lambang status sosial, apalagi di kalangan pebisnis dan orang-orang kaya. Cewek-cewek yang gak pakai korset dianggap sebagai cewek-cewek kelas bawah, melarat, buruh bahkan pelacur, karena gak ‘mampu’ nutupin badan dan si ‘duo kesayangan’nya dengan betul. Intinya, korset dianggap kayak lambang kesopanan gitu deh.

Semakin beradabnya zaman, pemakaian korset mulai ditinggalin. Waktu itu, banyak ahli-ahli kesehatan yang bilang kalau keseringan pakai korset itu bisa bikin sakit, misalnya sesak napas, gangguan fungsi usus, ginekologi atau pingsan. Wajar aja sih, gimana mau napas kalau badan diiket-iket gitu. Korset juga mulai gak laku lagi karena cewek-cewek makin banyak aktivitas dan korset dirasa bikin mereka gak bisa bergerak bebas.

{source name="Rose juga pake korset" url="http://fanforum.com"}

Rose juga pake korset via fanforum.com

Sebetulnya sih, sebelum korset muncul, dari zaman Yunani kuno dulu, sudah ada pakaian yang mirip-mirip sama BH, cuma korset jauh lebih disukai. Karena perubahan zaman, pemikiran yang lebih maju, mode, dll, bikin semuanya ikut berubah.

Penemuan

BH jadi terkenal berkat seorang cewek, Mary Phelps Jacob. Cewek yang waktu itu baru berumur 19 taun ceritanya mau pergi ke pesta. Nah, dia merasa korset yang dia pakai, bikin gaunnya keliatan jadi gak OK lagi. Terus, dia sama pelayannya bikin penutup payudara dari dua saputangan yang dijahit, ditambah renda untuk pengikat.  Di pesta, teman-temannya si Mary takjub, kok, dia bisa dansa seluwes itu, padahal kan kalau pakai korset, bakal susah bergerak, jadilah dia menceritakan penemuan dia sama pelayannya tadi.

{source name="Sang penemu" url="http://imgarcade.com"}

Sang penemu via imgarcade.com

Dari mulut-mulut, Mary mulai kebanjiran pesanan. Mary Phelps Jacob mematenkan BH temuannya pada taun 1914, di Amerika Serikat. Setelah itu, BH mulai diproduksi besar-besaran dan dijual ke seluruh dunia.

Walaupun katanya sudah ada yang duluan mematenkan pakaian sejenis BH, tapi untuk BH modern, Mary Phelps Jacob dianggap sebagai pelopornya.

Nah itu dia gimana BH bisa muncul di dunia ini. Sekarnag sih kamu udah gak perlu susah-susah lagi cari BH, karena segala macam model dan kebutuhan bisa dengan mudah kamu dapatkan.