Membedah 39 Detik dari Trailer film Star Wars Terbaru

Kalau kamu belum sempat nonton trailer The Force Awakens, atau bahkan belum mendengar informasi tentang keberadaannya. Atau sempat sekilas membaca artikel MBDC mengenai Kompilasi Meme Lightsaber  tetapi tidak mengerti apa maksudnya dan darimana asalnya. Bisa jadi itu bisa dikarenakan kamu sedang terlalu sibuk dengan pekerjaan kamu atau kuliah kamu yang super penting. Bisa juga belakangan ini kamu sedang sibuk nge-gombalin gebetan kamu dengan berbagai speak nabi andalan-mu. Atau mungkin kamu kelewatan karena kamu belum bergabung ke platform social media primitif apapun seperti Facebook, Twitter, Tumblr, atau lainnya. Jika salah satu alasan diatas benar, maka MBDC bisa memahami mengapa kamu bisa ketinggalan.

Buat yang ketinggalan, perlu kamu ketahui, kalau sudah sekitar 10 hari sejak keluarnya trailer pertama dari Star Wars: The Force Awakens. Apa?! Film Star Wars baru?! Betul, dan impact akan kemunculan video tersebut di Internet tersebut begitu hebat. Singkat kata, tidak pernah ada trailer film dalam sejarah manusia yang mempunyai impact sebesar ini. Dimana pada saat artikel ini ditulis, sudah mencapai total jumlah views sebesar 45,859,225 sadis gak sih?!. Ya udah, gak papa, silahkan tonton Trailer-nya terlebih dahulu.

Kalau kamu sudah menontonnya, bagus. Mari kita lanjut dan membedahnya lebih dalam untuk melihat apa sih sebenernya yang spesial dari Trailer ini.

i. Total kata yang digunakan: 15

“There has been an awakening. Have you felt it? The dark side … and the light.”
Wow, pendek sekali bukan?

ii. Jumlah Karakter baru yang muncul: 4

kalau kamu juga menghitung droid berbentuk bola yang sedang berlari. Atau 6 kalau kamu benar-benar terobsesi dan juga menghitung orang yang melakukan Voice Over 15 kata di poin sebelumnya.

iii. Jumlah Karakter lama yang muncul: 0

Mungkin mereka menyimpannya untuk trailer kedua sebagai bentuk strategi agar para hardcore fanboys akan membicarakan-nya tiap hari dengan teman-teman fanboys. Sambil saling merekomendasikan penjahit, untuk mempersiapkan persiapan pesta kostum terbesar di seluruh dunia, tahun depan.

iv. Jumlah Lightsaber yang terlihat: 1

enhanced-buzz-14819-1417526819-11

Kemunculan Lightsaber baru ini menimbulkan berbagai macam perdebatan di dunia maya. Mulai dari perdebatan mengenai Crossguard yang dirasa aneh bagi banyak orang, dan mulai menyalahkah disney seperti mereka menyalahkan George Lucas akan Jar-Jar Binks di Saga sebelumnya. Dan tentunya langsung menjadi sasaran empuk sebagai materi parodi para pengguna internet dengan skill photoshop.

v. Jumlah total views

Kanal YouTube official Star Wars: 11,639,261
Kanal Youtube Movieclips45,859,225

vi. Total durasi dari trailer tersebut: 88 detik

Durasi dari kumpulan gambar mengenail film tersebut: 39 detik.
Info rating, layar hitam, dan judul: 49 detik.

Jadi kalau dipikir-pikir, sebenarnya konten trailer ini hanyalah 39 detik! Cuplikan 39 detik untuk mempromosikan film yang akan baru tayang bulan desember tahun depan. Tetapi seperti yang sudah diutarakan diatas. Trailer ini memang memberikan impact yang begitu besar dan berikut ini adalah bukti nyatanya.

  1. Munculnya banyak video parodi dan yang juga mendapat jumlah views yang juga tidak kalah besar.
  2. Munculnya video stop motion yang menggunakan LEGO untuk me-reka ulang Trailer tersebut: Setidaknya 32 video (Dan terus bertambah). Dimana salah satunya sudah mencapai 3,388,290 views.
  3. Munculnya berbagai meme dan parodi yang muncul dalam bentuk berbagai macam gambar dan animated gif.
  4. Stephen Colbert menghabiskan 5 menit dan 27 detik untuk menjelaskan logic dan pseudo-science dibelakang phonomena Crossguard di Lightsaber terbaru itu.

Berikut ini adalah video parodi yang MBDC temukan, silahkan tonton dan buang waktu kalian.

A long time ago in a galaxy far far away...

Star Wars: Episode VII Trailer - George Lucas' Special Edition

Wes Anderson Presents: Star Wars Force Awakens Trailer

STAR WARS: The Force Awakens DISNEY PARODY

Lego Star Wars: Episode VII - The Force Awakens Teaser Trailer

The Force Awakens Teaser - Crazy Lens Flare Edition - Star Wars Episode VII

BACKYARD TRAILER - STAR WARS: Episode VII - The Force Awakens (Parody)

Untuk mengakhiri post-an ini, berikut adalah cuplikan Harrison Ford menolak untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan Star Wars di acara talk show Jimmy Kimmel.

Harrison Ford Won't Answer Star Wars Episode VII Questions

Dan sebagai bonus...

This is what happens when Harrison Ford meet Indonesian Minister of Foresty

Sampai jumpa bulan desember 2015! Peace out nerds!