MBDC Travel: Lampung

Yak, setelah beberapa lama, MBDC Travel balik lagi. Kalo biasanya MBDC Travel bahas perjalanan ke luar negeri. Kali ini yang dibahas gak jauh-jauh kok, sebuah kota di ujung bawah pulau Sumatra. Lampung.

75772090

Transportasi & Akomodasi

Transportasi Menuju Lampung

Banyak jalan menuju Lampung. Kamu bisa naek pesawat, bisa naek bus, bisa naek mobil pribadi, bisa juga nyambung naik angkutan umum sampe ke Lampung. Karena MBDC berada di Jakarta, jadi patokannya berangkat dari Jakarta nih ya.

Untuk pesawat, ada dua pesawat yang bisa kamu pake nih untuk berangkat ke Lampung. Garuda Indonesia dan Sriwijaya. Waktu yang dihabisin 40 menit saja! Harga tiket juga tergolong normal tuh. Sekitar 300 ribu sampe 600 ribu. Tapiii, kalo kamu pengen yang lebih murah, kamu bisa naek Damri. Rasanya lebih perjalanan sih. Cobain deh. Kemaren sih MBDC naeknya yang Executive Class. Harga tiketnya Rp 135.000. Sebenernya banyak yang ngerekomendasiin naik Royal Class, harganya 205.000 dan fasilitasnya enak banget, bisa selonjoran, ada wifi dan lain-lain. Kamar mandi pribadi aja yang gak ada. Sayangnya, karena ketika itu MBDC perginya dadakan, gak dapet deeh. Oh iya, pas pergi ke Lampung, MBDC emang gak ngerencanain sama sekali kepergian ke Lampung, tiba-tiba aja kepengen dan langsung berangkat ke Gambir dimana Damri yang MBDC naiki beroperasi.

Jika kamu ingin nyontoh kayak gini, kamu gak perlu takut keabisan tiket. Pas itu MBDC nyampe Gambir jam 7 malem, masih dapet loh tiket keberangkatan terakhir yaitu jam 10 malem. Jadwalnya tuh sehari bisa sampe lima kali. Lebih-lebih minum obat dah. Justru enak loh dapet jam terakhir ini, kamu tiduran aja sepanjang perjalanan tau-tau nyampe deh di Lampung. Waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 8-10 jam dan dengan bus yang nyaman, sumpah gak kerasa.

Transportasi Di Lampung

Sekitar jam 6 MBDC nyampe di Stasiun Tanjung Karang. Yeay! Bentuknya sih sama aja kayak Stasiun kereta api lainnya di Indonesia. Tapi, bedanya kamu udah bisa menghirup udara Lampung begitu sampe sana. Ya iyalaaah masa kamu menghirup udara Bandung, yang bener ajaaa MBDC.

649972566_025bf16872_o

Satu hal yang MBDC rasakan adalah betapa jomplangnya udara di Lampung dan Jakarta. Biasa ngirup udara yang gak enak, MBDC langsung seneeeeeng banget bisa ngerassin udara bersih dan perawaan (Ehem). Suasana pagi di Lampung sabtu pagi juga cenderung tenang, untuk ukuran Stasiun gak banyak orang lalu lalang. Maklum, karena selain jadi tempat pemberhentian Damri, Stasiun ini cuma dipake untuk perjalanan Lampung ke Palembang. Jadi yaa gitu. Bagus deh karena MBDC emang berusaha lepas dari kejenuhan Ibukota nih.

Eh tadi mau ngomongin apa? Oh iya, transportasi. Keluar dari Stasiun ada beberapa kendaraan yang bisa dipake. Ada taksi, angkutan umum dan ojek. Akhirnya, MBDC memutuskan naik ojek. Tempat tujuannya adalah rumah temen yang biasa ditumpangi.

Kota Bandar Lampung yang MBDC datengin bisa dibilang cukup kecil jadi untuk ongkos gak mahal-mahal banget ya. Tapi, karena MBDC kelupaan rumah temen dan akhirnya ngebuat naik ojek muter-muter, kena ongkosnya Rp 20.000, seharusnya sih bisa lebih murah dari ini sih.

Akomodasi di Lampung

Sesampainya di rumah temen, MBDC mendapati kalau kamarnya lagi gak ada yang kosong buat diinepin. Jadinya terpaksa nyari deh. Untungnya soal penginapan di Lampung gak terlalu ribet. Bahkan, untuk ukuran weekend, beberapa penginapan bagus gak terlalu penuh.

Kalo kamu punya budget agak lumayan, kamu bisa nginep di Pop Hotel. Ini sekitar 300 ribuan semalam. Murah banget lah ya. Btw, saking kecilnya kota Bandar Lampung ini gak terlalu banyak pilihan untuk hotel di Lampung. Jadi, Pop Hotel termasuk yang sangat direkomendasiin.

142151_pop1

Tapiii, kalo kamu pengen ngejaga budget agar tetep gak abis banyak. Kamu bisa nyoba tempat yang MBDC inepin. Kebetulan MBDC emang cuma berencana make tempat penginapannya buat naruh barang dan mandi aja. Jalan-jalan gak perlu repot, yang penting tempatnya aman dan nyaman.

Naah, MBDC ke Pelangi Residence

img_0100

Harganya cukup murah Rp 155.000 satu malam. Cobain deh. Gak top banget lah. Tapi, menurut yang MBDC tanyain sama temen-temen, penginepan di Lampung rata-rata emang kayak gini kok.

Makanan

Yaaah ini salah satu yang penting dalam sebuah perjalanan yaa. Nyobain makanan yang enak-enak. Dari pengalaman MBDC main-main ke Lampung. Ada beberapa tempat nih yang bisa dicobain makanannya:

1. Rumah Makan Pindang Riu

Kalo kamu pengen nyobain makanan khas Lampung, kamu bisa main ke Rumah Makan Pindang Riu. Makanan andalannya adalah Pindang dari daerah Meranjat. Selain itu ada gurame krutup, gurame bakar, patin bakar dan aneka olahan udang dan cumi, pepes serta aneka jus segar. Patut dicatet juga, andalan Lampung memang adalah makanan Laut karena emang daerahnya dikelilingi oleh perairan.

SluuurrrppSluuurrrpp

Soal harga gimana MBDC? Untuk paket makan dua orang total Rp 75 ribu. Ya pantes lah harganya. Namanya juga liburan ya kan.

2. Cafe Del Mor

alamat-dan-menu-di-cafe-del-mor-bandar-lampung

Kalo yang pengen gaul-gaulan bisa main ke Pahoman. Tempat paling terkenal disitu ya Stadion Pahoman yang dulunya markas PSBL Lampung (Udah gak ada lagi nih klub sayangnya). Di sekitaran situ, kamu bisa nemui banyak Cafe anak muda. Ya lumayan buat nyuci mata. Cafe Del Mor tepatnya di Jalan Way Sungkai No.9 Pahoman. Makanan yang ditawarin beragam dari makanan Indonesia sampe Prancis. Cobain deh.

3. Burger Noname

Oh iyaaa, yang kerennya lagi di Lampung, kamu akan susah menemui makanan fast food. Ada sih gerai makanan yang terkenal, tapi tetep aja dibandingin di kota gede kayak Jakarta atau Bandung, dikit bangeet. Mall juga cuma satu. Hebat ya. Satu loh. Di Jakarta seabreg-abreg.

Maka dari itu MBDC menyarankan agar kamu main-main ke tempat makan kaki lima aja. Salah satu yang MBDC rasa enak adalah Burger Noname. Bertempat di seberang Mall Kartini, bentuknya kayak warung makan pinggir jalan yang ada di Jakarta, tapi rasanya sangat direkomendasikan. Menu yang patut dicoba adalah Double Beef Double Cheese. Ngiler dah nulis ini lagi.

Sekian dulu deh makanannya ya. Sebenernya banyak lagi yang kamu mesti coba kayak Bakso Son Haji Sony, Sate Cak Umar, Pempek 123 dan lain-lain tapi karena keterbatasan tempat, sampe di sini dulu ya soal makanannya.

Tempat-Tempat Asik

75772090

Bandar Lampung adalah kota yang sederhana banget. Rumahnya kecil-kecil terus jalanannya lebar tapi yang ngisi gak banyak. Dibandingin Jogja atau Bali, sebenernya gak kalah loh daerah ini. Kalo suka nyari ketenangan sangat disaranin buat main-main kesini. Enaknya adalah kena angin yang berasa landai, maklum deket sama pantai.

Nah, ini nih yang juga penting. Pantai. Ada banyak yang bagus-bagus dan lumayan deket. Mungkin udah banyak yang terkenal kayak Kiluan atau Tanjung Setia. Kamu bisa google sendiri. Selain itu ada Pahawang, Tanjung Putus dan Pulau Pisang. Karena MBDC cuma liburan dua hari. Jadinya harus milih yang deket banget. Pilihan pun jatuh ke Pantai Mutun.

Pantai Mutun

Pantai Mutun berada gak jauh dari kota Bandar Lampung. MBDC itung-itung waktu yang dihabisin cuma setengah jam loh. Di pantai ini banyak banget yang bisa dilakuin, selain berenang ada juga waterboom dan banana boat. Dari pengunjungnya, kebanyakan yang dateng emang keluarga. MBDC gak berlama-lama nih di sini, karena pengen nyebrang ke Pulau Tangkil yang jaraknya cuma 8 menit dari pantai. Yeay.

Untuk ke pulau ini kamu cukup naik perahu dengan harga 15.000 per orang. Murah lah ya.

WuusssWuusss

Untuk ukuran daerah yang kalo kata anak-anak Lampung bukan paling bagus, MBDC cukup terpuaskan cuma dengan main-main di Pulau Tangkil. Pulaunya kecil bangeeet, terus sepiii. Berasa kayak punya pulau sendiri. Serius. Di sini kamu bisa ngapain aja. BBQan boleh, main air boleh, keliling pantai juga bisa!

5145b8aa83da11e29b1a22000a1fb711_7

Taman Wisata Lembah Hijau

Tempat lain yang MBDC datengin selama di Lampung adalah Taman Wisata Lembah Hijau. Konsepnya adalah sebuah taman gede dimana kamu bisa piknik, terus ngeliat binatang-binatang lucu dan juga main permainan kayak mobil-mobilan. Waktu perjalanan yang ditempuh juga cuma setengah jam. Asik kan.

Untuk masuk ke tempat ini kamu cukup bayar Rp 10.000, ini gak termasuk biaya menikmati beberapa wahana ya. Di dalem, suasananya adem banget, padahal tempat ini tergolong daerah buatan.

20140513_111730Oh iya, di sini juga ada cottage yang bisa kamu sewa. Cottagenya dibuat dengan gaya rumah adat Lampung gitu deh. Lumayan nih kalo ada yang pengen lebih bebas liburannya.Selain itu, ada kebun binatang mini dimana bisa melihat koleksi burung (yang gak bisa dimainin loh ya). Ada juga rusa yang punya tempat khusus. Dan Kuda yang bisa dinaekin. Yang MBDC sedih adalah tempat ini gak punya Gajah. Padahal Lampung terkenal banget akan Gajahnya ya.

2

Dua tempat di atas cuma segelintir tempat yang bisa kamu datengin selama di Lampung. Yang jelas, kalo suka sama daerah yang jauh dari kesan perkotaan dan masih natural banget MBDC sangat nyaranin kamu untuk main-main ke Lampung. Yuk ah.

Ada yang udah pernah ke Lampung? Share dong di comments tentang pengalamannya. MBDC yakin masih banyak nih yang belum MBDC tulis.