Biar Makin Pinter! 5 Fungsi Lidah yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Dalam hidup ini sering kali kamu cuek sama hal-hal yang ada disekitar kamu. Kamu kayak nerima dan jalanin hidup kamu apa adanya gitu. Padahal kalau mau lebih perhatian, ada banyak lho yang sebenernya unik dan bisa jadiin hidup kamu lebih berwarna. Sesimple seperti kalau kamu mau merhatiin lidah kamu gitu. Karena sebetulnya lidah kamu itu memiliki banyak kegunaan seperti:

Indra Pengecap

Kegunaan lidah yang paling utama itu adalah sebagai indra pengecap. Seperti yang dulu kamu pelajari dalam pelajaran biologi, sebagai indra pengecap di sini maksudnya ya supaya bisa ngerasain rasa-rasa dari makanan yang kamu makan. Jadi kamu bisa tau kalo pacar kamu masaknya keasinan berarti dia pengen cepet-cepet kamu nikahin. Atau misalnya pacar kamu ngasih kamu makanan yang manis, berarti ya dia pengen kamu diabetes tau kalo makanannya aja manis apalagi yang ngasih pasti lebih manis. Terus seandainya pacar kamu ngasih makanan yang kecut, itu bisa jadi dia udah hamil dan lagi ngidam makanan yang kecut-kecut aja tapi gak berani bilang sama kamu. Tapi kalau pacar kamu masakin kamu makanan yang pahit, berarti ya pacar kamu gak bisa masak aja, karena makanannya gosong. Jadi kamu harus siap-siap ntar kalo udah nikah keluar duit lebih buat makan di luar tiap hari.

Supaya lebih gampang ngingetnya, ini MBDC kasih gambarnya, siapa tau besok keluar di ulangan kamu.

Lidah

Membantu Pencernaan

Fungsi lidah berikutnya adalah bantuin pencernaan kamu. Maksudnya waktu kamu mengunyah makanan ya lidah ini berfungsi untuk mengelola dan mengatur makanan-makanan yang ada di rongga mulut kamu. Terus selanjutnya ketika makanan ini mau kamu telen, ya lidah bantuin mendorong makanannya masuk. Nha selama ini kamu gak sadar to. Ya kamu sih main makan telen, makan telen aja. Sekali-sekali mbok ya dikunyah dulu.

Alat Untuk Berbicara

Terus lidah kamu itu juga berfungsi sebagai alat untuk ngomong. Kalau selama ini kamu bilang kalau ngomong itu pake mulut, berarti kamu salah besar. Karena mulut itu cuma lobangnya, sementara yang dipake buat ngomong itu lidahnya. Makanya fokus pikiran itu jangan cuma ke lobang mulu. Kalo gak percaya yang dipake buat ngomong itu lidah, ya kamu coba aja sendiri. Ngomong deh kimcil tapi lidahnya gak boleh gerak. Ndak bisa to? Lain lagi halnya kalau lidah kamu boleh gerak tapi bibir kamu tertutup. Kondisi ini sih kamu masih bisa ngomong cuma suaranya gak keluar aja karena lobangnya ditutup. Tapi kalau kamu mau belajar, kamu bisa kok mengalihkan suara yang semestinya keluar dari lobang mulut itu pindah keluarnya dari lobang hidung. Cobain deh.

Stimulus

Kegunaan lidah selanjutnya itu sebagai stimulus. Kamu tau kan stimulus? Ya seperti rangsang merangsang gitu deh. Kalau kamu ntar udah gede kamu bakal tau-tau sendiri kok gimana lidah itu bisa memberikan stimulus di daerah-daerah tertentu. Kenapa MBDC bilangnya cuma daerah-daerah tertentu, karena titik stimulus pada setiap individu itu berbeda-beda dan itu merupakan tugas kamu untuk mencarinya. Tapi kalau misalkan kamu minta tolong MBDC untuk bantu nyariin, sebagai teman yang baik MBDC sanggup kok. Ahak ahak ahak.

Selain stimulus untuk urusan rangsang merangsang bersama pasangan, lidah itu juga bisa berfungsi sebagai stimulus kenaikan gaji kamu. Caranya gimana? Gampang kok, tinggal kamu jilat aja boss kamu. Simple kan.

Mandi

Nah ini dia fungsi lidah yang mungkin bisa bikin kamu bingung. Lidah kok buat mandi? Ya iya dong, buat mandi kucing.

Wuaaa ternyata banyak kan fungsi lidah yang selama ini kamu taunya cuma buat ngerasain makanan aja. Eh kalau kamu tau fungsi lidah lainnya jelasin di kolom komen dong. Akhir kata, hidup itu indah kalau kamu sudah berpetualang, hati-hati dalam menggunakan lidah karena lidah itu tidak bertulang. Horee....