4 Makanan Ini Ternyata Gak Boleh Dimakan Saat Buka Puasa!

Buka puasa emang saat yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tapi harus inget juga loh kalo ada beberapa makanan yang gak boleh dimakan supaya badan bisa sehat dan puasanya bisa lancar sampe akhir. Kan kalo kamu gak jaga makan, kamu sendiri yang rugi. Omong-omong apa aja sih makanan yang gak boleh dimakan?

1. Yang Manis-manis Gula

Ada yang bilang kalo buka puasa sebaiknya pake yang manis-manis, karena selama berpuasa, kita jadi kekurangan energy, dan energy bisa didapat dari gula. Kenyataannya ketika berpuasa, kadar gula darah kita memang menurun. Tapi makan gula-gula justru gak baik untuk kesehatan karena kadar gula darah akan melonjak naik. Jadi gak sehat. Beda sama kurma loh. Kurma adalah karbohidrat kompleks, bukan gula (karbohidrat sederhana). Karbohidrat kompleks, untuk menjadi glukosa, perlu diproses sehingga makan waktu. Jadi kadar gula kamu naiknya pelan-pelan. Jadi aman aja kalo berbuka dengan kurma.

2. Yang Mengandung Kadar Asam Tinggi atau Terlalu Pedas

Selama berpuasa kan perut kosong. Kalo diisi pake makanan yang kadar asamnya tinggi, kamu bisa sakit dan lambung akan terasa perih, ga baik buat kesehatan. Hal ini bisa terjadi karena perut yang kelamaan kosong diisi dengan asam. Begitu juga kalo kamu makan-makanan yang terlalu pedas, perut akan pedih dan kamu bisa kecepirit.

3. Makanan yang Terlalu Banyak

Makan banyak saat puasa emang bikin puas. Tapi ternyata gak sehat loh kalo kamu makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Harusnya kamu makan berat sekitar 15 menit sesudah kamu buka puasa dengan makanan ringan, dan makan beratnya juga gak boleh kayak waktu kondangan, karena lambung kamu bisa melar. Ya bakal gak enak aja sih perut kamu rasanya kalo makan berlebihan ya kan?

4. Makanan Haram

Buat apa kamu puasa kalo bukanya sama makanan yang haram? Harus berbuka dengan yang halal dong, biar gak dosa. Tapi haram di sini bukan cuma haram secara bahannya doang lho, tapi juga gimana cara makanan itu didapetin. Makanan yang didapetin dari hasil korupsi, nyiksa orang, atau mungkin malak orang itu juga haram lho. Jadi jangan ya.

Sekarang kamu jadi lebih bisa milih-milih makanan buat buka deh! ada yang mau nambahin makanan apa yang gak boleh dimakan saat buka puasa? Atau ada yang mau bagiin makanan buat MBDC buka puasa? Boleh loh kabarin dikomen!