5 Tempat Populer Main Tamiya Jaman Dulu

Sebelum MBDC memulai, ada baiknya kita menikmati cuplikan berikut ini

Yap itu dia salah satu acara kartun di tahun 90an yang sangat populer. Lagu temanya pun sampe sekarang masih terus terngiang di hati anak-anak jaman dulu yang sekarang mungkin udah punya anak. Dash! Yonkuro pertama kali keluar dalam bentuk komik yang dibikin Zaurus Tokuda, dan dirilis dalam majalah CoroCoro Comic (majalah Manga bulanan) dari Desember 1987 sampe Maret 1992. Karena komik ini terkenal akhirnya Tamiya Corporation ngedanain Dash! Yonkuro buat dijadiin anime.

Nah, film animasi Dash! Yonkuro ini pun juga terkenal banget sampe ke Indonesia. Ketenarannya berujung dengan melonjaknya penjualan Tamiya saat itu. Yap, anak-anak jaman dulu rasanya kalau gak punya Tamiya itu cupu banget. Harga Tamiya saat itu paling mahal sekitaran 20ribuan, tergantung serinya. Selain Tamiya seri Dash! Yankuro (Emperor, Burning Sun, Shooting Star, Cannon Ball, dan Dancing Doll) beberapa seri Tamiya yang populer saat itu adalah Avante dan Astute Jr.

Ini ada yang punya koleksi lengkap Tamiya Dash! YonkuroIni ada yang punya koleksi lengkap Tamiya Dash! Yonkuro

Ternyata penikmat Tamiya gak cuma sekedar punya aja, tapi mereka juga rajin mengatutak-atik Tamiya mereka agar terlihat keren atau berjalan lebih cepat. Makanya banyak banget dijual spare part Tamiya seperti ban, dynamo (kadang dikilik biar cepet), gear, dll pokoknya sampe ada yang punya boxnya sendiri deh. Selain itu, buat mengakomodir penikmat Tamiya, dibuatlah track khusus sebagai arena uji kecepatan Tamiya. Bahkan sampe dibikin kejuaraannya segala. Berikut ini adalah beberapa tempat yang sempat main Tamiya yang jaman dulu sempat populer

1. Golden Truly 

Di era 80an muncul supermarket yang sangat dielu-elukan, namanya Golden Truly. Karena jaman dulu belum banyak supermarket kayak sekarang aja sih makanya Golden Truly jadi terkenal. Salah satu bangunan Golden Truly yang paling memorable pagi pecinta Tamiya adalah yang terletak di bilangan Fatmawati. Sekarang sih bangunan itu udah jadi Lottemart, sebelumnya D'best.

Bukan, arena mainan Tamiya bukan berada di dalam Golden Truly Fatmawati, melainkan ada di belakang bangunan Golden Truly. Sekarang sih kayaknya udah jadi ruko-ruko atau perkantoran kali ya? Tapi jaman dulu itu ada bangunan yang macam gedung parkir yang isinya lintasan Tamiya bersama pecinta Tamiya mengadu kecepatan. Sekarang sih kalau kamu ke situ mungkin yang ada cowok-cowok yang abis dipijet.

2. Jameson

Nah, kalau anak-anak Jakarta Barat pastinya udah gak asing lagi sama Jameson. Dulu nih sebelum mall-mall dibangun di daerah Jakarta Barat, terlebih dahulu berdiri sebuah gedung supermarket di daerah Meruya, tepatnya depan komplek Taman Aries bernama Jameson. Di lantai 2 supermarket ini tersedia sebuah arena permainan dingdong, toko olahraga yang waktu itu masih jual topi basket asli (jaitannya 8), jual kaset nintendo, dan tentunya arena bermain Tamiya. Pokoknya lantai 2 ini selalu rame dengan raungan mesin Tamiya yang berputar-putar dengan sangat cepat melewati track.

3. Opi Kids, Krekot Plaza

Kalau anak-anak Pusat pasti udah gak asing lagi dong sama Krekot Plaza. Di dalam gedung ini tersedia wilayah khusus anak-anak bernama Opi Kids, yang di dalamnya tersedia sebuah arena bermain Tamiya. Wah jaman dulu MBDC suka banget nih minta anterin ke sini cuma buat mainan Tamiya. Udah sampe sana ternyata Tamiya yang MBDC bawa yang jalannya paling lambat. Sedih deh!

4. Kelapa Gading

Kelapa gading terkenal dengan jajanan kulinernya yang sangat menggoda. Tapi jaman dulu daerah ini dikenal dengan tempatnya anak-anak Jakarta Timur buat mainan Tamiya, karena ada beberapa tempat yang menyediakan track Tamiya yang sungguh menggoda hati. Bahkan konon di tahun 2000an di KTC Kelapa Gading masih ada Track Tamiya. Btw sekarang masih ada gak ya kira-kira?

5. Toys City, PIM 1

Sebelum Pondok Indah Mall (PIM) beranak jadi 2 dan 3, PIM paling tua ini sangat populer, eh sampe sekarang juga populer sih. Nah, di dalam PIM 1 kan ada Toys City tuh (sampe sekarang juga masih ada) di dalam situ dulu juga ada track buat mainan Tamiya yang lumayan seru.

Itu dia beberapa tempat populer main Tamiya yang MBDC pernah tau. Kamu ada tau tempat lain? Atau mau sekedar nostalgia sama Tamiya, boleh loh share di komen.