Seri Pengetahuan Umum: Uni Eropa

Di artikel ini MBDC akan menjelaskan apa itu Uni Eropa dan beberapa informasi tambahan seputar Uni Eropa. Kenapa? Ya biar kamu rada pinteran dikit gitu. Oke mari kita mulai!

Apa Itu Uni Eropa?

Uni Eropa merupakan suatu badan pemersatu negara-negara di Eropa. Apanya yang dipersatukan? Sejauh ini sih Uni Eropa sangat berandil besar dalam pemersatuan negara-negara Eropa dalam konteks ekonomi dan politik, walaupun mereka sekarang sedang mengusahakan ‘kesatuan’ dalam lingkup yang lebih luas, termasuk dalam konteks pendidikan dan kebudayaan.

Informasi trivia: bahasa Inggrisnya Uni Eropa itu European Union dan biasa disingkat EU

Siapa Aja Yang Tergabung Dalam Uni Eropa?

Secara garis besar, negara yang tergabung dalam Uni Eropa adalah negara-negara yang letak geografisnya berada dalam benua Eropa, ya iyalah, tapi bukan berarti semua negara di Eropa itu masuk dalam Uni Eropa lho. Nih list negara yang tergabung dalam Uni Eropa:

Austria Estonia Italia Portugal
Belgia Finlandia Latvia Romania
Bulgaria Perancis Lithuania Slovakia
Kroasia Jerman Luxemburg Slovenia
Cyprus Yunani Malta Spanyol
Ceko Hungaria Belanda Swedia
Denmark Irlandia Polandia Britania Raya

Informasi trivia: Kroasia adalah negara yang paling baru aja gabung di Uni Eropa (2013)

Apa Untungnya Masuk Uni Eropa?

Jadi 28 negara tadi itu kan tergabung dalam Uni Eropa? Lalu apa untungnya nih buat negara-negara tersebut kalo udah masuk Uni Eropa? Untungnya ada beberapa, misalnya bisa menikmati indahnya visa Schengen dan pake mata uang Euro. Tapi gak semuanya begitu. Ini dia pengecualiannya.

Informasi trivia: “Ibu kota” Uni Eropa berada di Brussels, Belgia.

Eurozone

Adalah istilah untuk kelompok negara yang make mata uang Euro, tapi gak semua anggota Uni Eropa itu pake Euro lho. Kenapa? Simpelnya gini, karena yang bertugas ngurusin mata uang ini adalah European Central Bank (ECB) dan sebenernya ECB itu gak berada di dalam Uni Eropa alias berdiri sendiri. List negara yang pake mata uang ini adalah:

Austria Estonia Jerman Italia Malta Slovakia
Belgia Finlandia Yunani Latvia Belanda Slovenia
Cyprus Perancis Irlandia Luxemburg Portugal Spanyol

Nah jadi kalo kamu bepergian ke negara-negara di atas, kamu gak usah pusing tuker duit, karena duit yang mereka pake itu sama-sama Euro. Asik kan?

Informasi trivia: Latvia adalah negara yang baru aja masuk Eurozone (2014)

Visa Schengen

Visa Schengen itu ‘visa bersama’-nya Uni Eropa, tapi sama aja kayak Eurozone, gak semua negara di Uni Eropa itu pake visa ini. Kenapa? Alesannya pasti berhubungan dengan kebijakan pemerintah di tingkat nasional sih. Jadi negara mana aja yang pake Schengen? Ini dia!

Austria

Liechtenstein

Belgia

Lithuania

Ceko

Luxemburg

Denmark

Malta

Estonia

Belanda

Finladia

Norwegia

Perancis

Polandia

Jerman

Portugal

Yunani

Slovakia

Hungaria

Slovenia

Islandia

Spanyol

Italia

Swedia

Latvia

Switzerland

Informasi trivia: Inggris gak termasuk dalam Schengen Area, jadi kalau kamu pengen liburan ke Inggris, jangan sampai salah bikin visa.

Nah itu tadi informasi-informasi penting yang harus kamu ketahui tentang Uni Eropa, mending artikel ini kamu bookmark aja biar nanti kalau kamu mau pergi ke Eropa, kamu bisa baca-baca lagi.