5 Fakta yang Mungkin Kamu Gak Tau Tentang Nangis

Di seri pengetahuan umum kali ini MBDC bakal bahas fakta-fakta mengenai kegiatan menangis dan air mata, supaya kamu gak cuma bisa nangis doang tapi jadi rada pinter dikit juga. Okeh siyap?

1. Air Mata Itu Mirip Sama Iler

Apah, MBDC? Air mata itu mirip sama iler? Iya. Secara biokimia, sebenernya air mata itu gak beda jauh sama iler. Kedua cairan ini sama-sama mengandung protein, garam, dan beberapa hormon. Fakta ini sungguh mengguncang jiwa MBDC. Karena MBDC bingung kalau ada temen yang nangis, jadi rada males gitu mengusap air mata-nya. Tsah. Jadi ya nangis itu bisa dibilang ngiler dari mata.

Eh tapi kalau kandungannya mirip, berarti air mata yang mirip sama iler, atau iler yang mirip sama air mata ya?

2. Air Mata Itu Bisa Keluar Dari Lubang Lain

Yak, selain dikeluarkan dari mata, ternyata air mata itu bisa dikeluarkan dari lubang lain di tubuh kamu. Tentu saja lubang yang dapat mengeluarkan air mata adalah, tidak lain dan tidak bukan, lubang hidung!

Jadi ceritanya tempat produksi air mata itu ada di antara idung sama mata kita. Nah setelah air mata siap dikirim ke mata, pipa yang dipake untuk penyaluran air ini tuh nyabang juga ke idung. Jadi kalo kamu nangisnya ke-deres-an, air mata kamu bisa keluar dari idung juga.

3. Air Mata Itu Bisa Bikin Nafsu Ngedrop

Menurut The Week, cewek nangis itu bisa bikin nafsu cowok ngedrop. Ya tapi ini buat cowok normal ya. Kalau kamu emang doyannya yang sambil nangis teriak-teriak gitu mah kamu pasti girang kalau dia nangis.

4. Nangis Itu Bisa Dilatih

Jadi ternyata bayi di seluruh dunia itu nangisnya sama. Kurang lebih suaranya ya oek.. oek.. oek.. gitu. Tapi seiring dengan proses penyerapan kultur yang dilakukan oleh si bayi, cara dan suara nangis mereka ini jadi beda.

Mungkin inilah alasan kenapa bintang-bintang sinetron itu acting nangisnya gitu-gitu doang. Mungkin gurunya sama, jadi nangisnya sama semua.

5. Nangis Itu Menyehatkan

Mungkin kamu kebanyakan ngeliat yang jorok-jorok, mata kamu jadi kotor. Nah nangis adalah cara alami membersihkan mata yang cukup ampuh. Kotoran-kotoran kecil dari mata kamu bisa dibersihkan oleh air mata sekaligus melubrikasi mata kamu. Emang lobang doang yang musti dilubrikasi?

Selain dari segi psikis, nangis itu juga bagus dari segi psikologis. Nangis adalah salah satu cara manusia untuk meluapkan perasaan mereka. Gak cuma yang negatif doang lho, makanya orang kalau terlalu bahagia kan bisa terharu sampe nangis tuh.

Yaudah gih sana nangis bareng-bareng.