Seri Mainan Jaman Dulu: Dampu

Konon batu kali punya manfaat untuk kesehatan, betul gak sih? Mau bener atau nggak, yang jelas buat anak-anak batu kali punya nilai lain, yaitu sebagai pembuat kebahagiaan. Yap, mereka bisa manfaatin batu kali sebagai alat sebuah permainan yang dikenal dengan sebutan dampu. Sebagai catatan, engklek kadang disebut juga sebagai dampu. Tapi yang MBDC mau bahas disini dampunya beda.

Apa Itu Dampu

Adalah permainan yang mengandalkan keseimbangan, keakuratan, dan tentunya kekuatan. Main dampu menggunakan pemberat, dalam hal ini biasanya yang digunain batu kali, tapi bisa juga batu atau benda berat lainnya yang bentuknya pipih. Permainan ini tergolong lumayan berbahaya dan repot, tapi lebih repotan cewek sih. Walaupun begitu, dampu tetap asyik dimainkan bersama teman-teman di kala sore hari.

Cara Main Dampu

1. Cari pemberat. Umumnya sih pake batu kali yang agak sedikit pipih.

2. Cari teman main. Walaupun sebenernya kamu bisa main dampu seorang diri, tapi ya agak kurang asik aja gitu kalo gak ada yang dilawan. Ibarat kamu upload foto di Instagram trus kamu love sendiri.

3. Bikin dua garis, yang pertama garis buat batu kali yang bakal kamu sikat, dan yang kedua adalah garis buat tanda start.

4. Dari garis start kamu barengan sama teman kamu lempar batu kali yang kalian pegang ke arah batu kali yang ada di garis satunya lagi. Yang batunya lebih deket dengan batu kali yang di garis satunya lagi bakal main duluan.

5. Pemain berlari dengan satu kaki dari garis start ke arah garis yang ada batu kalinya. Kemudian kembali lagi ke garis start sambil ngambil batu kali yang di lempar sebelumnya. Batu kali tersebut ditaro di atas tempurung kaki yang tidak menyentuh tanah. Setelah itu baru deh dengan batu yang ada di tempurung kaki, pemain mendekati dan menghantam batu kali yang beridiri di garis dengan batu kali yang ada di tempurung kaki. Plaaaak.

Pemain yang berhasil menghantam batu kali yang berdiri terlebih dahulu dapetin skor 1. Dan permainan akan berakhir sampai semuanya capek aja. Hehhe.

Ya gitu deh permianan dampu. Seru kan ya? Tapi emang lebih seru lagi bermain cinta sih. Hihihihi. Yuk komen.