Kerja Sampingan Anak Rantau Di Luar Negeri

Merantau. Sebuah proses dalam hidup bagi seorang manusia untuk menemukan jati diri dan kebahagiaan yang hakiki. Aduh kok MBDC jadi sok puitis gini ya. Puitis kan ketika hubungan sudah mencapai akhir. Eh itu putus. Aaaaak.

Iya, jadi gini, mungkin bagi kamu yang merantau lintas kota sudah cukup merasakan betapa kerasnya bertahan hidup. Eits, tunggu dulu! Di luar negeri, untuk bertahan hidup itu tidak sesederhana di dalam negeri. Maka dari itu, ketika kamu bertanya-tanya, MBDC bakalan kasih tau kamu tentang kerja sambilan apa aja sih yang bisa dilakukan anak rantau ketika menuntut ilmu di luar negeri.

Demi kenyamanan bersama, narasumber berikut ini telah MBDC rahasiakan identitasnya.

G*mal: pelajar pembawa kebenaran, menempuh ilmu di Leeds, bukan kontributor MBDC.

Gue sih… paling kerja di restoran gitu sih. Macem-macem. Bisa nyuci piring, bersiin meja, yah kerja serabutan gitu sih, lumayan kok, cukup untuk menghidupi diri, itung-itung bantu orang tua.

*Mar: bule jawa, bercita-cita jadi artis, juga bukan kontributor MBDC.

Paling sih jadi tour guide. Jadi kalau ada banyak orang Indonesia yang pergi ke Negara tempat gue tinggal gitu, gue nawarin diri buat jadi tour guide. Kalo lagi musim liburan bisa banyak tuh dapetnya. Suka dapet bonus lagi dari si Oom kalo dia puas.

Tant*: anak baru, merantau di tanah jawa, kebangsaan asli Sri Lanka.

Wah saya ndak yakin to’ mas mau kerja apa. Paling jualan rokok selundupan ato jadi supir carteran mas. Ahak ahak ahak.

Sebut saja Yudhi: bukan nama asli, bukan editor MBDC.

Gue mah kerja sambilan apa aja deh yang penting halal, buat anak bini soalnya. Eh bener kan ya cara jawab gue?

Doni: anak magang yang selalu jadi anak magang.

Bawel lo! Ngapain si nanya-nanya gue!? Suka-suka gue dong mau jadi apaan!

*sambil nunjuk ke interviewer*

*terdengar suara caci dan maki yang muncul dari belakang setelah doni mengeluarkan nada senga*

Ternyata banyak ya yang bisa dilakukan anak rantau. Kalau kamu, kira-kira kerja sambilan apa yang bisa kamu lakukan ketika merantau?