Jangan Ngetawain Para Jomblo Melulu!

Siapa disini yang suka ngata-ngatain para jomblo? Ngaku, pasti banyak deh. MBDC sendiri juga sering banget bikin artikel tentang para jomblo. Dari bedanya single dan jomblo, alasan-alasan mereka gak punya pacar, cara biar gak jomblo lagi, banyak banget kan. Kayaknya hampir semua yang berhubungan sama jomblo udah dibahas disini. Kalo kamu buka sosial media, isinya juga banyak yang merendahkan jomblo. Kayaknya kasian banget ya jadi jomblo itu, udah kesepian, gak punya pasangan, dijadiin becandaan semua orang pula.

Tapi, kenyataannya gak selalu gitu. Jadi jomblo, eh ralat, jadi orang-orang yang memilih untuk hidup sendiri tanpa komitmen ke seseorang lainnya, ada banyak juga keuntungannya. Dan bisa jadi, mereka lebih bahagia daripada kamu yang udah punya pasangan. Kita bahas nih ya.

Kesehatan

Apa sih perbedaan utama antara yang single dan yang punya pasangan? Waktu; yang single punya lebih banyak kebebasan dalam mengatur waktunya. Terus apa dong yang mereka lakukan dengan waktu yang nganggur itu? Salah satunya, para single lebih banyak berolahraga dibanding orang yang berpasangan, atau yang udah cerai. Alasannya mungkin ya karena emang nganggur, atau karena single mereka jadi lebih perhatian terhadap penampilan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah artikel dalam the Journal of Physical Activity & Health tahun 2010, ketika mereka meneliti 13,000 orang antara umur 18-64. Hasilnya adalah para single ini lebih sehat dan fit ketimbang mereka yang berpasangan.

Enaknya jadi single, bisa olahraga.Enaknya jadi single, bisa olahraga.

Lebih sehatnya gimana MBDC? Nah menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Marriage and Family para tahun 2006, dari 9,000 orang yang mereka amati selama 8 tahun, mereka yang tetap single memiliki jantung yang paling sehat. Sedangkan mereka yang punya pasangan juga masih sehat sih, tapi gak sesehat para single. Dan para janda dan duda, nah mereka yang jantungnya paling gak sehat.

Keuangan dan Karir

Apalagi yang mereka lakukan dengan waktu mereka? Kerja lah ya paling, nyari duit. Kalo misalnya ada yang bilang orang single lebih sukses dalam kerja karena lebih fokus, itu sih logika aja. Tapi, menurut penelitian dari CNNmoney.com dan University of Chicago tahun 2012 kemaren, para single lebih gampang nyari kerja dibanding mereka yang punya pasangan. Alasannya, karena mereka gak punya tanggungan, jadi bakal nerima kerjaan yang gajinya lebih kecil. Dan dari krisis tahun 2009 kemaren, 90% dari para single yang kehilangan pekerjaannya udah nemu kerjaan lain, sedangkan mereka yang berpasangan, cuma 22% yang udah gak nganggur lagi.

Enaknya jadi single, punya banyak duit...Enaknya jadi single, punya banyak duit...

Ini juga logika sih; orang yang single lebih bebas dalam membelanjakan duitnya. Sedangkan buat yang udah punya pasangan, menurut penelitian oleh American Association of CPA pada tahun 2012, 3 dari 10 gak jujur tentang keuangannya terhadap pasangannya, dan ini ujung-ujungnya bakal bikin pertengkaran.

Kehidupan Sosial dan Percintaan

Temen-temen kamu yang single, pasti lebih gampang diajak pergi kan daripada yang punya pasangan? Nah itu juga salah satu keuntungan para single; punya lebih banyak waktu untuk kehidupan sosial. Menurut artikel di Journal of Marriage and Family tahun 2012, mereka yang single lebih baik dalam menjaga hubungan dengan teman dan keluarga, dan kalo dimintain tolong, mereka lebih mungkin nolongin daripada mereka yang udah pasangan.

Enaknya single, punya banyak teman...Enaknya single, punya banyak teman...

Dan soal percintaan nih, mereka yang memilih untuk single pasti gak bakal diem-diem sendirian doang kan. Mereka punya dating life yang aktif. Dan menurut survey dari Match.com, para single ini lebih terbuka dalam membicarakan masalah keintiman dan seks dibanding mereka yang udah nikah. Dan karena mereka lebih terbuka buat ngomongin hal-hal tersebut, kehidupan percintaan dan seks mereka kadang lebih baik daripada pasangan suami istri.

Kebahagiaan 

Single atau enggak, itu semua balik lagi ke pilihan masing-masing; mana yang bikin kamu lebih bahagia. Orang yang punya pasangan berargumen mereka lebih bahagia karena punya seseorang untuk berbagi suka dan duka. Sedangkan mereka yang memilih untuk idup sendiri, merasa lebih bahagia karena hidupnya lebih simpel.

Ah, betapa simpel hidupku...Ah, betapa simpel hidupku...

Dua-duanya gak bisa disalahin sih, tapi menurut Prof. Richard Lucas dari Michigan State University yang meneliti 70,000 pasangan selama 20 tahun menyatakan kalo kebahagiaan yang dirasain sama orang karena mereka menikah, secara perlahan-lahan akan berkurang dan para pasangan tersebut bakal kembali ke tingkat kebahagiaan sebelom mereka menikah.

Lalu, menurut artikel-artikel di Journal for the Theory of Social Behaviour dan Personality and Social Psychology Bulletin pada tahun 2003, mereka yang memilih untuk hidup sendiri, bisa menikmati kesendirian dan mendapatkan efek positif dari kesendirian tersebut, diantaranya rasa kebebasan, tingkat kreatifitas dan spiritual yang lebih tinggi, yang membuat mereka lebih menikmati hidup.

Nah tuh, jadi orang single juga banyak sumber kebahagiaannya. Jadi kalo temen kamu gak punya pasangan, jangan buru-buru ngatain dia jomblo. Siapa tau emang dia memilih untuk single dan bahagia dengan caranya sendiri. Dan buat kamu yang jomblo, bukalah matamu nak, kebahagiaan hidup itu gak selalu berhubungan dengan punya pasangan ato enggak. Dan buat kamu yang suka ngata-ngatain jomblo, kamu sendiri bahagia gak?

SUMBER:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3124092/
http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1741-3737.2006.00280.x/abstract
http://www.jobsnhire.com/articles/2703/20120817/jobs-news-2012-single-men-and-women-more-likely-to-be-hired-than-married-counterparts-university-of-chicago-cnnmoney-com.htm 
http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1741-3737.2011.00873.x/abstract
http://usatoday30.usatoday.com/life/lifestyle/2007-04-11-single-side_N.htm
http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/1468-5914.00204/abstract
http://psp.sagepub.com/content/29/5/578.short
http://www.businessinsider.co.id/why-its-better-to-be-single-2014-2/