Cara Lulus Ujian Nasional

Wah gak kerasa udah bulan April aja. Tandanya Ujian Nasional tinggal sebentar lagi nih. Buat kamu yang udah kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA, pasti kalian deg-degan. Gimana gak deg-degan? Karena nasib kalian selama sekolah, ditentukan oleh beberapa hari saja. Lebih deg-degan lagi kalo pengawasnya ganteng. Aaakkkkk. Kalo udah hari-hari gini biasanya makin banyak yang takut gak lulus UN. Emang kenapa sih pada takut? Kan MBDC udah punya solusinya!

1. Belajar dengan Rajin

Pasti kamu mau bilang kalo kamu udah tau, ya kan? Cara yang biasa banget ya? Tapi ya memang ini salah satu cara supaya lulus UN, karena kalo kamu ga belajar, bisa-bisa kamu jadi lupa apa aja yang udah dipelajari selama kamu sekolah. Paling engga kamu baca-baca dikit dan inget-inget lah, biar pas UN kamu bisa ngerjain soalnya. Kamu tidak pandai mengingat? Tenang, MBDC udah nyiapin solusinya, kamu bisa :

Bikin Jembatan Keledai

Jembata keledai itu kalimat yang terdiri dari singkatan-singkatan kata-kata yang ada pada kelompok tertentu. Contoh gampangnya itu seperti kelompok warna pelangi yang jembatan keledainya MeJiKuHiBiNiU yang artinya: Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu

Bikin Mind Map

Mind map itu peta konsep, kurang lebih bentuknya kayak gini nih:

mindmap

Kalo gambarnya seru bisa bikin kamu lebih semangat belajar, atau paling engga kamu merasa lebih kreatif lah.

Bikin Istilah atau pengertian yang kamu bisa inget

Belajar itu butuh kreativitas untuk menggabungkan segala sesuatu supaya kamu bisa gampang inget ingetnya. Misalnya kamu lagi belajar tentang paragraf induktif dan deduktif, induktif itu yang kalimat utamanya di belakang, deduktif itu yang kalimat utamanya di depan. Kamu takut kebalik-balik, biar gampang, kamu bisa bikin pengertian kamu sendiri, misalnya : deduktif, de itu depan jadi kalimat utamanya di depan. Induktif, induk itu ada di belakang buat ngawasin anak-anaknya. Gampang kan??

Belajar Sambil Ngunyah Permen Karet

Katanya sih permen karet bikin liur kamu makin banyak, dan katanya juga ada enzim dalam liur yang bikin otak gak lemot. Kamu bisa coba deh.

Wah belajarku jadi semakin gampang!Wah belajarku jadi semakin gampang!

Cara Kamu

Kamu bisa pake cara kamu yang sesuai dengan kamu sehingga kamu bisa mengingat dengan lancar. Yang pas sama kamu deh pokoknya.

2. Jaga Kesehatan

Biasanya menuju UN gitu siswa-siswi malah jadi tambah banyak yang sakit. Ini adalah fenomena kehidupan yang masih dipertanyakan. Mungkin mereka sakit karena saking gugupnya menghadapi UN. Makanya penting banget buat kamu menjaga kesehatan, belajar jangan berlebihan apalagi kalo sampe begadang. Kamu juga jangan coba cara-cara aneh kayak bakar buku terus minum abunya. Belajar yang normal aja, makan dan istirahat yang cukup. UN jangan terlalu dijadikan beban pikiran, nanti stress dan malah muncul penyakit-penyakit aneh.

3. Banyak Doa

Gak ada salahnya ikut-ikutan temen berdoa dan minta didoain supaya bisa lulus UN. Doa bikin kamu lebih tenang, karena ada Tuhan tempat kamu berpasrah dan menaruh harapan. Doa bikin kamu berpikir “pasti bisa karena tadi udah doa, pasti Tuhan menyertai”. Makanya gak ada salahnya kalo kamu berdoa. Kamu bisa doa supaya kamu bisa lancar ngerjainnya, supaya yang kamu pelajari keluar semua, dan sekalipun kamu gak bisa jawab, kamu berdoa aja supaya yang kamu cap-cip-cup in bener jawabannya.

4. Teliti

Kamu haruslah teliti saat mengerjakan soal UN, mulai dari teliti meriksa soalnya, teliti baca soalnya, teliti jawab soalnya, teliti ngebuletin jawabannya, sampe teliti waktu nulis nomer dan nama kamu. Karena gak bakal lucu kalo kamu udah belajar dan bisa mengerjakan soal-soal UN, tapi kamu gak lulus karena salah ngebuletin. Eh mungkin lucu juga sih.

5. Jangan Curang

Nyontek atau beli kunci jawaban itu gak ada untungnya, yang ada malah kamu bisa gak lulus UN karena kamu ketauan. Kamu juga rugi karena kamu membentuk mental kamu jadi pecundang yang gak percaya sama diri sendiri. Kamu juga cuman bikin kaya orang yang jual kunci UN yang belum tentu bener.  Bisa aja sih dia ngejamin pengembalian uang, tapi kan bukan pengembalian waktu. Kalo kamu  jadi gak lulus gara-gara beli kunci, mau gak mau kamu harus ulang tahun depan atau ikut paket C. Percaya deh sama MBDC, beberapa kertas UN gak akan menjadi penentu kesuksesan kamu kalo kamu udah gede, tapi mental kamu lah yang menentukan. Mental pecundang atau pemenang. Tsaaahhhh

Sekarang kamu gak perlu takut lagi deh gak lulus UN, karena MBDC udah kasih tau kamu caranya supaya lulus. Tapi inget sebelum belajar jangan lupa di share ke temen-temen kamu. Jangan lupa juga komen, yuk komen!