Brand-Brand Besar yang Pernah Ada di Indonesia

Ke jakarta aku kan kembali. Walaupun apa yang kan terjadi. Penggalan lirik lagu Kembali Ke Jakarta milik Koes Plus tersebut kayaknya pas banget buat gambarin brand-brand besar yang sekarang mulai balik lagi ke Indonesia. Loh kan tadi liriknya ke Jakarta? Ya kan Ibu Kotanya Indonesia itu Jakarta, jadi ya gapapa lah ya.

Nah, dari sekian banyak brand besar yang kembali mendarat ke Indonesia, ada beberapa brand lain yang dulu sempat mampir ke tanah air dan entah sampai kapan akan kembali. Berikut ini adalah brand besar yang pernah ada di Indonesia.

1. Walmart

Ini adalah department store dari Amerika yang ngejual segala-galanya, kecuali kimcil sama cabe-cabean. Mau beli perabotan rumah, ada, beli pakean, ada, beli barang elektronik, ada, pokoknya serba ada deh. Walmart didiriin oleh Sam Walton tahun 1962, dan setelah itu mulai melebarkan sayap ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Buat anak-anak yang besar di tahun 90an, dan tinggal di daerah Karawaci pastinya tau deh sama Walmart yang ada di dalem Supermal Karawaci. Karena katanya kurang menguntungkan, akhirnya Walmart gulung tikar, padahal masih ada yang tidurin tikarnya. Aaaaak. Ya pokoknya sekarang Walmart udah gak ada. Tapi tinggal kita tungguin aja, palingan bentar lagi balik ke Indonesia.

2. Continent 

Hampir sama kayak walmart, Continent juga menyediakan barang apa aja yang dijual secara partai besar atau ritel. Sama kayak Walmart, Continent juga sempet nangkring di Indonesia, tepatnya waktu itu ada di Pasar Festival, Jakarta tahun 1998. Sebenernya perusahaan asal Perancis ini gak pernah pergi dari Indonesia karena doi berubah jadi Carrefour berkat merger yang dilakukan kedua perusahaan ritel tersebut. Makanya semua kegiatan usaha mereka yang ada di luar negeri akhirnya diganti dengan nama Carrefour.

3. Mountain Dew

Minuman ringan asal Amerika ini pertama kali ditemukan 1940. Kemudian formulanya direvisi sama si Bill Bridgforth tahun 1958. Baru di tahun 1964 minuman ini dikenal halayak luas lewat Pepsi Cola Company. Sebagai minuman ringan, Mountain Dew juga punya banyak varian salah satunya adalah Caffeine-Free, Caffeine-Free Diet, Code Red, dan Diet Code Red. Nah, Mounain Dew dulu juga sempet ada di Indonesia dan sempat jadi favorit gitu. Cuma ntah kenapa akhirnya minuman kesukaan Daniel Johnston ini akhirnya hilang dari Indonesia. Ya kamu masih bisa beli sih, tapi itungannya import gitu deh.

4. Subway

Nah ini dia nih makanan yang sering muncul di jejaring social sebagai bentuk kesombongan diri kalau dirinya bisa atau sudah pernah makan Subway. Padahal sih dulu di PIM dan PS makanan ini juga pernah di jual, tapi gak laku-laku amat kayaknya.

rasa nomer dua, yang utama fotonyarasa nomer dua, yang utama fotonya

Kamu ada tau brand besar lain yang sempet ada di Indonesia? Share yuk