5 Alasan Orang Tua Gak Ngasih Pacaran Waktu SMA

Katanya masa SMA adalah masa yang paling indah dalam segala hal, termasuk buat pacaran. Waktu SMA pasti kita gak bisa terhindar dari yang namanya cinta-cintaan, entah suka sama temen sekelas, teman beda kelas, kakak/adek kelas, dan bisa juga temen beda sekolah. Yah pokoknya aneh aja gitu kalo gak pernah suka sama siapa-siapa pas SMA. Nah, yang namanya pacaran sih juga seharusnya dilakuin sama hampir semua anak SMA ya. Tapi ada juga sih yang nggak pernah pacaran sama sekali karena gak dibolehin sama ortunya karena alesan-alesan ini:

1. Fokus belajar

Ini alasan paling basi yang pernah kamu denger soal alasan gak boleh pacaran waktu SMA. Semua orang tua pasti melihat bahwa masa sekolah seperti SMA adalah waktunya untuk belajar. Apalagi setelah SMA bakalan masuk kuliah yang mana mesti siap-siap buat bikin nilai bagus supaya bisa masuk universitas unggulan yang diinginkan. Jadi wajar aja kalo orang tua bakalan pake alasan ini buat ngelarang anaknya pacaran karena takut nantinya jadi gak fokus ke belajar.

2. Takut cepet kawin

Mungkin ini bukan alasan yang paling banyak dipake ortu tapi hal yang paling nyeremin buat mereka. Terserah kamu mau baca kata kawin disini dalam tanda kutip atau secara harfiah. Initinya sih sama, jangan sampe terjadi 'kecelakaan' trus jadinya malah mesti MBA. Selesai lah masa depan kamu.

3. Biaya mahal

Biaya sekolah plus bergaul aja udah mahal, apalagi ditambah biaya kalo pacaran. Biaya ngedate mulai dari nonton, makan sampe ke dufan aja udah berapa! Ditambah lagi kalo kamu anak cowok dan dikasih mobil trus mesti nganterin pacar kamu kemana-mana, uang bensin pun jadi meningkat dong. Kalo udah kayak gini ortu kamu pun jadi tambah pusing buat mikirin biaya hidup keluarga.  

4. Dulunya juga gitu

Kata orang sih yang namanya ortu itu sesuai dengan bagaimana ortu mereka juga dulunya ngebimbing mereka. Kalo kamu ngerasa punya ortu galak dan gak ngasih kamu pacaran pas SMA, ya mungkin mereka digituin juga dulunya sama ortu mereka (alias kakek-nenek kamu). Jadi ya bisa jadi ini salah satu faktornya kamu gak dikasih pacaran sama ortu kamu.

5. Pacarnya aneh

Kalo ortu kamu ngasih kamu alasan di atas bisa aja sih sebenernya cuma bo'ong dan gak ada hubungannya soal kamu anak SMA atau bukan. Kali aja sebenernya mereka emang ngerasa pacar kamu kurang oke gitu, jadi agak malu-maluin juga buat diliat orang banyak. Makanya coba deh cek lagi pacar/calon pacar kamu kayak gimana orangnya.

Eh, sebenernya MBDC bukannya ngedukung ortu kamu juga sih buat gak pacaran. Justru dengan tau perspektif ortu kamu di artikel ini kan kamu jadi bisa mikirin cara buat ngeyakinin ortu kamu supaya dibolehin pacaran. Tapi MBDC gak tanggung jawab ya kalo nantinya beneran terjadi apa-apa sama kamu karena pacaran.