9 Profesi yang di Indonesia Murah Tapi di Luar Negeri Mahal

Kamu pasti sempat bertanya-tanya, kenapa lumayan banyak orang Indonesia yang pengen bekerja di luar negeri? Jawabannya udah jelas, di luar negeri gajinya lebih gede. Hal-hal kecil di sini mungkin aja bisa jadi mewah di sanaYes, di luar negeri apa yang kamu kerjakan bakal dikasih penghargaan yang setimpal. Gak heran makanya kalau orang Indonesia berlomba-lomba buat kerja di sana, atau bahkan sekalian ganti warga negara. Kalau kamu gak percaya gaji di Indonesia itu kecil, kamu boleh cek ke mari.

Maka dari itu MBDC mau ngebandingin beberapa profesi yang di Indonesia penghasilannya berbanding terbalik dengan di luar negeri.

1. Pemadam Kebakaran

Profesi yang satu ini luar biasa banget. Karena penuh tantangan dan mempertaruhkan nyawa. Ya pokoknya 11/12 sama superhero deh. Harusnya profesinya yang begitu hebat para pemadam kebakaran diberikan apresiasi yang tinggi dong, dengan dikasih gaji yang ok tentunya. Namun nyatanya di Indonesia mereka seperti dipandang sebelah mata walaupun kerjaannya bermain-main dengan api. Menurut apa yang MBDC temuin di internet, gaji pemadam kebakaran di Indonesia itu 5 jutaan, itu juga udah termasuk tunjangan. Gaji ini sangat kasihan kalau dibandingin sama gaji pemadam kebakaran di Los Angeles yang setahun bisa Rp 413.235.000. Kamu itung aja kira-kira sebulan dapet berapa tuh.

2. Tukang Sampah

Ini juga profesi yang sebenernya sangat dibutuhkan, terutama buat kota Jakarta. Dengan hasil buangan yang begitu banyak gak heran kalau Jakarta butuh banyak tukang sampah. Emangnya kamu mau buang sampah langsung ke tempat pembuangan akhir? Atau emangnya kamu tau sampah-sampah kamu yang banyak itu harus diapain? Kalau gak ada tukang sampah, apa jadinya daerah kamu tinggal? Nah, buat jasanya yang tiada tara itu, tukang sampah di Indonesia harus puas dengan uang yang diterima dari iuran warga sekitar. Sekarang coba bandingin sama tukang sampah di London yang konon sebulan bisa dapet 1700 poundsterling.

Ini tukang sampah luar negeriIni tukang sampah luar negeri
Dan ini tukang sampah indonesiaDan ini tukang sampah indonesia

3. Tukang Ledeng

Kamu pastinya tau banget dong sama Mario Bross si tukang ledeng yang ingin menyelamatkan seorang putri yang diculik crocodile bertempurung. Ini cuma kira-kiranya MBDC aja sih, kayaknya karakter Mario Bross tersebut dibuat sebagai bentuk terima kasih atas jasa sang tukang ledeng. Karena pekerjaannya yang lumayan penting ini mungkin kenapa di Amerika tukang ledeng itu di gaji sampe 500 juta pertahun. Di Indonesia gimana? kayaknya gak tentu deh. Meraka rata-rata usaha sendiri gitu yang menawari jasa perbaikan ledeng. Coba aja kamu telpon deh, berapa kira-kira mereka dibayar sekali kerja.

4. Asisten Rumah Tangga

Yang ini udah gak usah ditanyain kali ya. Banyak banget Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pergi ke luar negeri untuk jadi asisten rumah tangga, karena ya emang gajinya gede. Di Indonesia gaji asisten rumah tangga mulai dari 1 jutaan, coba cek deh di mariKerjaannya udah tentu mengurus semua yang ada di rumah, termasuk majikan. Di Kanada gaji asisten rumah tangga bisa 100 ribu/jam. Di Hong Kong gaji asisten rumah tangga sebulan bisa 4 jutaan, dan konon gak terlalu berat kerjanya.

5. Caregiver

Atau lebih dikenalnya sebagai perawat lansia. Ini profesi yang cukup berat dan penuh dengan kesabaran tinggi. Di luar negeri profesi ini sangat amat dibutuhkan. Makanya mereka rela merogoh kocek 10-17 jutaan buat seorang caregiver di Kanada maupun Jepang. Gimana di Indonesia? Rata-rata sih gajinya 2 jutaan gitu deh.

6. Sipir

Jangan heran kalau di penjara marak pungutan liar, wong gaji sipirnya aja cuma seiprit, kalau gak salah itu sekitar 2 jutaan deh. Makanya mereka suka semena-mena sama tahanan atau berkomplot buat cari tambahan pemasukan. Di luar negeri gaji seorang sipir bisa sampe 100,000 dollar/tahun. Kayaknya cukup banget tuh gajinya buat bikin seorang sipir berbakti sama kerjaannya.

7. Wartawan

Yah ini lagi nih profesi yang paling kasihan. Padahal kerjaannya sangat penting, memberi fakta yang akurat dan cepat kepada masyarakat walaupun harus mempertaruhkan nyawa. Digaung-gaung sebagai salah satu pendekar pilar ke empat, wartawan di Indonesia akhirnya cukup puas dengan istilah kuli tinta. Walaupun Aliansi Jurnalistik Indonesia udah menetapkan gaji wartawan pemula itu 5,7 juta/bulan, tapi pada kenyataannya para wartawan harus puas berada di angka 3jutaan/bulan untuk yang baru masuk. Tiap media beda-beda sih, ada juga yang gaji lebih dari itu sebulan untuk pemula, dan ada juga yang gaji di bawah 3juta/bulan. Gak heran makanya ada wartawan yang kerjanya cuma ngurusin "jala". Kalau di luar negeri sendiri, wartawan itu digaji minimal 30,000 dollar/tahun.

8. Tukang Cuci Piring

Di Indonesia kayaknya tukang cuci piring itu gak ada deh, karena pekerjaan ini umumnya udah dilakoni sama asisten rumah tangga (kalau di rumah) atau penjualnya sendiri (kalau di restoran). Nah, kalau di luar negeri sih karena mungkin orang-orang sana males buat kerjaan kotor kayak gini, makanya mereka mau bayar lumayan gede buat orang yang mau cuci piring. Biasanya sih yang kerja kayak gini mahasiswa-mahasiswa gitu deh (part time). Gajinya bisa sampe 11 dollar/jam.

9. Polisi

Gaji pokok TNI Polri dengan masa jabatan 32 tahun itu bisa sampe 5 jutaan di Indonesia. Lumayan gede ya? Tapi kalau di luar negeri gaji polisi yang baru itu rata-rata 30,000 dollar/tahun loh. Gak heran kan kenapa di Indonesia banyak polisi tidur.

Tapi gaji gede di luar negeri berarti harus menyesuaikan kehidupan di sana juga.

Menurut kamu profesi apa lagi nih yang murah di Indonesia tapi mahal di luar negeri?