7 Kebiasaan Baik yang Sering Kamu Abaikan

Sekali-kali bandel kayak MBDC sih boleh aja, tapi jangan lupa kalo ada kebiasaan-kebiasaan baik yang sebetulnya gampang tapi sering gak kamu lakukan. Padahal kebiasaan-kebiasaan baik bisa menguntungkan diri kamu sendiri dan menyenangkan orang lain dari berbagai sisi lho.

1. Ngucapin 'terima kasih'

Dibanding di barat, di Indonesia ini orang cenderung lebih jarang mengucapkan terima kasih, khususnya kepada orang-orang yang gak kita kenal tapi perlu kita ucapkan terima kasih. Misalnya aja sama supir taksi sewaktu kita udah mau turun, begitu juga dengan supir taksinya yang seharusnya ngucapin terima kasih dengan penumpangnya ketika membayar. Atau hal-hal 'kecil' seperti dengan ibu ketika memasakkan kita sesuatu atau bahkan dengan pacar ketika udah udah ngejemput kita misalnya. Kesannya sih mungkin hal-hal kayak gini gak begitu berharga, tapi toh ngucapin terima kasih juga sangat gampang.

2. Ngucapin 'maaf'

Mirip-mirip di atas sih, di Indonesia ngucapin maaf juga belum membudaya. Tapi padahal kalo dilakuin kehidupan sosial kita pun kerasa lebih damai. Misalnya ketika gak sengaja nabrak orang lain ketika jalan atau ketika salah ngasih tau sesuatu kepada orang lain walopun gak terlalu bikin masalah. Bahkan kalo di luar negeri bule biasanya ngucapin "my bad" setelah kata maaf yang berarti "salah saya" alias ngakuin bener-bener ngakuin kesalahan sendiri.

3. Ngasih tempat duduk ke orang tua atau orang hamil

Bagi kamu yang sering naik transportasi umum seperti KRL atau Busway, sering liat dong kadang kala isinya penuh dan banyak orang yang terpaksa berdiri. Nah, seharusnya sih udah jadi peraturan (tertulis maupun tidak tertulis) kalo ada orang tua/hamil yang berdiri di deket kita, kita pun yang masih muda dan kuat berdiri ngasih tempat duduk kita ke orang tersebut. Bayangin aja kalo kamu udah tua nanti atau kalo kamu hamil gimana gak enaknya berdiri selama perjalanan. Sayangnya MBDC pernah denger beberapa kali cerita soal orang kita yang gak mau ngasih tempat duduk kayak gitu, bahkan pura-pura tidur. Ckckck.

4. Cuci tangan

Liat deh dokter, setiap abis atau sebelum meriksa pasien pasti nyuci tangan di ruangan prakteknya. Tanya juga deh sama dokter gimana jeleknya kuman-kuman yang nempel di tangan kita setiap kita berpergian dan begitu pentingnya mencuci tangan. Tapi sayangnya masih ada juga sih orang-orang yang lupa cuci tangan sebelum makan dan setelah buang air di toilet. Padahal mulai dari sabun cuci tangan, hand sanitizer, sampai tisu basah bisa didapetin dimana-mana. Tapi inget ya cuci tangan di sini nggak pake tanda kutip yang artinya ngelepas tanggung jawab. Kalo itu sih kebiasaan buruk namanya!

5. Minum air putih yang banyak

Dengan segala racun dari makanan-makanan enak yang kita konsumsi, air putih tuh penting buat menetralisir dan mencuci racun-racun tersebut. Apalagi kalo diminum dengan potongan lemon yang katanya bagus buat detoks. Trus katanya paling bagus tuh minum air putih minimal segelas sehari setelah bangun tidur. Kalo kamu sampe bisa minum 10 gelas mungkin malah bisa mencuci pikiran-pikiran kamu yang suka jorok itu.

6. Matiin listrik kalo gak perlu

Entah itu lampu, AC, komputer dan lain sebagainya, seringkali gak dimatiin disaat gak dipake dalam waktu yang cukup lama. Padahal kalo setiap orang mematikan penggunaan listrik selama beberapa saat aja bisa menghemat sumber daya yang cukup banyak. Itu makanya ada campaign-campaign lingkungan hidup seperti Earth Hour yang dilakukan tiap tahun.

7. Muji MBDC

Gak ada perbuatan yang lebih terpuji selain memuji, apalagi memuji MBDC dan semua manusianya. Liat aja misalnya di artikel ini MBDC udah dengan penuh perhatian memberi tau kamu soal kebiasa-kebiasaan yang baik. Di lain waktu MBDC juga pernah nunjukin kamu seberapa cantiknya Taeyeon dan seberapa seksinya Kate Upton. Apa coba kurang baiknya MBDC?

Baiklah, sekarang sambil minum air putih silakan kamu ngucapin terima kasih ke MBDC di komen dan minta maaf karena selama ini jarang (atau keseringan) komen abis itu jangan lupa matiin komputernya dan cuci tangan!