6 Penemuan yang Sebenernya Gak Disengaja

Hal-hal yang gak sengaja ato kebetulan kadang-kadang bisa bikin kita seneng. Misalnya kamu lagi di jalan, terus gak sengaja bawaan kamu jatoh. Eh ada cewek cakep yang bantuin beresinnya. Ato lagi mau pergi, kebetulan temen kamu yang bawa mobil mau ke tempat yang sama, bisa nebeng jadinya. Nah itu kan hal-hal gak disengaja yang kecil-kecilan, paling cuma bikin kamu nyengir sehari doang. Ada juga hal-hal yang gak disengaja, dan efeknya mengubah dunia.

Apaan aja sih? Nih MBDC kasih tau.

Oven Microwave

Microwave

Konsep radiasi microwave sebenernya udah lama sebelom microwave oven diciptakan pertama kali pada tahun 1947. Seorang ilmuwan bernama Percy Spencer sedang bereksperimen untuk membuat tabung Magnetron yang dipake sebagai komponen radar. Nah tabung itu bisa mengeluarkan gelombang mikro. Pada suatu ketika, coklat yang ada di kantongnya meleleh waktu dia sedang menggunakan tabung Magnetron. Penasaran, Percy pun melakukan beberapa tes dan menemukan kalo gelombang mikro bisa digunakan untuk memanaskan makanan.

Nah oven microwave yang pertama kali dibuat ukurannya gede banget, kayak komputer tabung jaman dulu. Oven yang seukuran sekarang, yang bisa kita lihat di dapur-dapur baru ada 20 tahun kemudian.

Teflon

Teflon

Tahun 1945, Roy Plunkett, seorang iluwan di DuPont berniat untuk bereksperimen dengan sejenis gas. Sebelumnya, dia menyimpan gas di sebuah tabung dan didinginkan. Keesokan harinya, ternyata gasnya ilang, tapi tabungnya masih berbobot sama dengan sebelumnya. Lalu dia memotong tabung itu, dan menemukan kalo gasnya udah menjadi solid dan membentuk permukaan baru.

Roy pun mengadakan berbagai eksperimen dengan permukaan itu, yang ternyata sangat licin dan anti lengket, yang kita kenal sebagai Teflon. Awalnya, Teflon gak langsung dipake buat penggorengan, tapi dipake buat kebutuhan militer dulu. Baru 10 tahun kemudian, lapisan Teflon dipake untuk membuat penggorengan.

Superglue

Superglue

Waktu pertama kali diciptakan oleh Harry Coover pada 1951, dia gak tau dan kesel sama material yang dibuatnya karena terlalu lengket dan susah digunakan. Baru beberapa tahun setelahnya, setelah menyadari kalo material yang diciptakannya ini bisa nempel ke berbagai macam benda tanpa perlu ditekan atau dipanaskan, barulah Superglue dipatenkan dan dijual ke masyarakat.

Post it

Post It

Di tahun 1968, seorang pegawai 3M bernama Spencer Silver ditugasin untuk bikin lem super kuat untuk pesawat. Tapi secara gak sengaja, dia malah bikin lem yang lemah, tapi tahan lama. Spencer pun mencoba menjual lem itu, dengan cara dioles di papan pengumuman, jadi kalo ada yang mau nempel sesuatu, bisa langsung aja. Tapi sayangnya ide itu gak laku.

Baru 5 tahun kemudian, temennya Spencer yang bernama Arthur Fry yang punya ide biar lemnya jangan dioles ke papan, tapi ke kertasnya aja, biar bisa ditaro dimana aja. Nah pas ini 3M juga masih gak tertarik. Baru 3 tahun kemudian, seorang Lab Manager di 3M yang bernama Geoff Nicholson tertarik, dan bilang kalo 3M gak mau menjualnya, biar orang-orang lab-nya aja yang jual. Ternyata Post It ini laku keras, dan baru deh 3M produksi masal.

Velcro

velcro

Di tahun 1955, seorang ilmuwan bernama  George De Mestral jalan-jalan dengan anjingnya di taman. Nah pada saat itu, ada beberapa dedaunan yang nempel di pakaiannya dan bulu anjingnya. Penasaran, George meneliti dedaunan tersebut dan menemukan pola mikroskopik yang membuat daun itu bisa nempel di kain. Berawal dari situ, George pun menciptakan Velcro.

Pada 1959, Velcro pun dipresentasikan di sebuah Fashion Show di New York, tapi masyarakat Fashion gak tertarik. Baru pada tahun 1960an, ketika NASA menggunakan Velcro sebagai bagian dari kostum astronot, penemuan ini melejit. Dan pada 1968, sepatu dengan Velcro dibuat pertama kali, oleh Puma.

Potato Chips

Potato Chips

Jadi ceritanya di tahun 1853, George Crum adalah seorang Koki yang kerja di sebuah restoran kecil di deket New York. Nah pada suatu hari dia kesel banget karena ada satu pelanggan yang banyak mau banget; kentang gorengnya bolak balik dikirim lagi ke dapur dengan alesan kurang garing dan kurang berasa. Lalu dengan maksud bikin jera si pelanggan rese, George pun menggoreng kentang yang udah diiris tipis-tipis banget, dan dikasi garem yang banyak. Ternyata, si pelanggan itu malah doyan, dan akhirnya, keripik kentang jadi makanan yang terkenal.

Nah gak lama kemudan, pabrik makanan mulai produksi massal deh, biar bisa dijual dalam bentuk jadi. Tapi dulu kemasannya pake kaleng, dan cepet basi. Nah baru pada 1920 lah, Laura Scudder menemukan kemasan plastik yang kita kenal sampe sekarang.

Canggih ya. Coba pikir-pikir ulang hidup kamu deh. Jangan-jangan selama ini kamu pernah menemukan sesuatu yang canggih, tapi kamu gak sadar.