6 Alasan Kenapa Banyak Orang yang Suka Pake Bahasa Inggris

Nyadar gak sih kamu kalo saat ini orang-orang makin sering menggunakan bahasa Inggris padahal yang baca juga gak ada orang asingnya atau bahasa Inggrisnya sebenernya payah? Lantas hal seperti ini sepatutnya jadi bahan pertanyaan dan mesti dibahas. Kenapa juga mesti pake bahasa Inggris sementara lawan bicara kita ngerti bahasa Indonesia? Nah, setelah ditelaah, diraba dan diterawang, MBDC pun menyimpulkan bahwa ada 6 alasan yang membuat orang suka pake bahasa Inggris saat ini:

1. Biar terkesan keren

Emang sih gak semua orang, tapi ngaku aja deh kalo banyak juga yang pake bahasa Inggris karena pengen terkesan keren. Baik yang emang bahasa Inggrisnya bagus atau yang pas-pasan. Padahal pake bahasa Indonesia juga bisa terkesan keren kok asal penggunaannya canggih. Liat aja Payung Teduh atau Tulus yang suka pake  lirik bahasa Indonesia secara keren dan gak murahan.  Tapi kalo seandainya lirik lagu-lagu ST12 dibahasa Inggrisin pun mungkin bagi kamu keren aja ya, jadinya kayak lagu-lagunya Brian McKnight. Mungkin.

2. Kesannya samar-samar atau lebih halus

Ini mungkin belum ada teorinya dimana-mana. Tapi dari apa yang MBDC rasakan (asek...), banyak orang yang nyaman mengungkapkan sesuatu dengan bahasa Inggris karena rasanya tidak ‘sevulgar’ kalo pake bahasa Indonesia yang lebih kita mengerti. Apalagi kalo ngomongin aspirasi pribadi seperti curhat dan pendapat yang agak sensitif. Pasti kamu lebih milih buat pake bahasa asing yang samar-samar atau lebih halus.

3. Lebih pendek

Bisa dibilang secara umum bahasa Inggris punya kalimat/kata yang lebih pendek dibandingkan bahasa Indonesia, baik dari segi karakter maupun suku kata. Jadi bisa dibilang pake bahasa Inggris tuh seringnya lebih efisien. Apalagi kalo secara tulisan seperti di Twitter yang punya space sangat terbatas. Contoh:

Gak pernah --> Never

Ngabisin waktu dengan keluarga --> Spending time with family

Agnes Monica --> Agnez Mo

Tuh, lebih pendek kan!

4. Lebih simple

Untuk yang satu ini mengacu kepada pemilihan kata di dalam bahasa Inggris yang rasanya lebih simpel dibanding bahasa Indonesia. Contohnya untuk kata yang menunjuk ke diri kita, bahasa Indonesia punya beberapa pilihan seperti: aku, saya, gue (untuk yang di Jakarta), awak, dll. Sedangkan dalam bahasa Inggris cuma ada satu pilihan yaitu: I.

Kalo begini kan enak ya karena kita gak perlu pusing buat milih kata yang mesti diucapin secara pilihannya juga cuma satu.

5. Bisa dimengerti banyak orang

Alias karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Emang sih tergantung orangnya atau keperluannya juga. Kalo misalnya kamu yang ngetweet dan kamu gak punya follower orang asing ya sebenernya emang gak perlu pake bahasa Inggris. Tapi untuk orang-orang yang emang dikenal secara internasional atau punya kepentingan dengan orang asing ya sebaiknya emang ngetweet pake bahasa Inggris.

6. Emang gak ada bahasa Indonesianya

Kenyataannya emang ada juga istilah-istilah bahasa Inggris yang gak punya padanan katanya dalam bahasa Indonesia.  Ada juga istilah-istilah yang bahasa Indonesianya gak ada atau terkesan aneh sehingga mau gak mau ya pake bahasa Inggris juga. Contohnya: slideshow, hotdog, microwave, serendipity, dll.

Kalo kamu punya alesan lain silakan tambahin ya di komen. Tapi tulis pake bahasa Inggris! Hayoo...