5 Alasan Kenapa Gaji Kamu Selalu Kurang

Hari gajian memang salah satu tanggal yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang sudah bekerja. Namun seperti resolusi tahunan yang anget-anget tai ayam, tanggal gajian juga biasanya demikian. Begitu gajian, biasanya kamu akan bertekad “bulan ini harus nabung”  lalu seminggu kemudian kamu udah pake duit yang niatnya pengen kamu tabung itu. Ada kalanya juga kamu bingung, kemana sih uang-uang kamu?? Kayaknya kamu gak boros-boros amat deh. Apa gaji kamu yang kurang ya? Kenapa bisa kurang? Mungkin karena….

1. Laper Waktu Belanja

Lapernya perut kamu pas belanja bisa mempengaruhi pengeluaran kamu loh. Makanya ada baiknya kamu makan dulu sebelum belanja. Karena perut yang laper bisa membuat mata kamu laper juga, apalagi waktu beli makanan, kamu jadi makin semangat beli makanan. Akibatnya kamu jadi boros dan pengeluaran jadi berlebihan.

2. Boros Di Awal bulan

Waktu ada barang-barang yang kamu mau beli dan harga barangnya rada lumayan. Kadang-kadang ada yang bisikin kamu “udah beli aja, nanti kamu makan-nya yang hemat-hemat aja bulan ini, duit kamu pasti cukup sampe akhir bulan” dan akhirnya kamu jadi membeli barang tersebut. Tapi gak enaknya gaji kamu tetep gak cukup sampe akhir bulan.

3. Ada Keperluan Mendadak

Kamu harus bisa bedain dulu nih, mana keperluan dan mana keingingan. Keperluan itu ketika ada suatu hal yang penting bahkan mendesak untuk dipenuhi. Keperluan datangnya bisa tiba-tiba, kayak cinta gitu. Enaknya kalo kamu memang siap dan lagi ada duit lebih. Tapi kalo kamu pas lagi cuman-bisa-makan-telor-tiga-kali-sehari? Jadi ngenes deh kayak telor berubah jadi anak ayam. Eh itu netes deng. Aaakkkk

4. Ada Keinginan Mendesak

Kalo diatas tadi MBDC kasih tau kamu soal keperluan, sekarang MBDC mau kasih tau kamu soal keinginan. Keinginan adalah rasa ingin. Ya anggap aja begitu deh. Kamu lagi pengen aja barang itu, padahal sih gak penting-penting amat. Bahkan bisa jadi gak penting sama sekali, tapi karena keinginan kamu untuk memiliki, kamu beli deh barang itu. Biasanya keinginan ini dipacu oleh barang-barang dengan diskon yang tinggi. Diskon memacu orang untuk membeli barang dan berpikir, siapa tau suatu saat nanti butuh, kan jarang diskon-diskon gini.

5. Emang Gaji Kamu yang Kecil

Mungkin kamu cuman admin yang gajinya ratusan ribu, boleh dong kalo gaji kamu kurang.

Kalo kamu gimana? Gaji kamu sering kurang gak? Boleh dong bagi-bagi pengalaman kamu di comments!