5 Acara TV yang Bikin Bego

Nonton TV adalah aktivitas yang gak bisa dipisahin dari banyak orang di setiap harinya. Gak cuma karena gratis, tapi karena gampang banget dilakuin. Tinggal duduk, pencet tombol, udah deh nonton! Selain sebagai hiburan dan edukasi, sayangnya acara tv juga banyak yang bikin bego. Makanya kamu harus ati-ati banget, apalagi kalo kamu punya adek/anak kecil. Ati-ati sama acara-acara yang kayak gini nih:

1. Infotainment

Apa sih gunanya nontonin seleb celoteh soal hal-hal pribadinya yang juga gak inspiratif, kayak misalnya abis putus, belanja ke luar negeri, baru beli mobil, dan lain-lain? Bisa dibilang 90% dari konten infotainment adalah sensasi yang dibikin sedemikian rupa sehingga keliatan heboh padahal gak penting. Apalagi seleb sebenernya sama aja dengan setiap manusia lainnya di dunia ini yang juga punya cerita menarik. Kalo pun mau tau soal cerita mereka, liat aja di media lain yang secara selektif cuma mengangkat kisah yang inspiratif dan punya nilai berita.

2. Acara musik pagi-pagi

Untuk yang satu ini bukan soal musiknya sih yang paling dipermasalahin. Melainkan isi pembicaraan dan selipan-selipannya yang MBDC gak ngerti maunya apa. Kadang ngomongin ini, kadang ngomongin itu. Kadang jadi infotainment, kadang jadi acara lenong. Belum lagi ditambah dengan gerakan absurd para penonton yang lebih mirip tarian ritual suku pedalaman itu.

3. Acara hipnotis

Semua ahli hipnotis yang asli bilang kalo hipnotis yang ada di TV-TV itu boongan. Hipnotis gak bakalan bisa membuat orang mengaku secara gak sadar kayak gitu. Kalo emang ada sih enak banget dunia ini. Yang namanya tersangka kriminal dan selingkuh bisa dengan gampang dibuat ngaku. Makanya jangan mau deh dibegoin orang-orang yang pura-pura ngomong sambil gak sadar. Akting doing itu sih.

4. Sinetron

Yang ini mungkin udah lumayan sering ya dibahas sama MBDC. Yah intinya sinetron jaman sekarang (kalo jaman dulu mendingan) bikin bego deh. Walopun mungkin kamu mikir kalo sinetron ‘cuma’ cerita drama, tapi bikinnya mesti dipikirin juga dong. Kalo soal cheesy sih masih gak apa-apa, namanya juga cerita drama percintaan. Tapi yang bikin bego adalah karena sinetron punya logika cerita, kreativitas dan sinematografi yang minim. Jadi buat apa coba ditonton? Mending nonton soap opera, telenovela, atau k-drama aja yang dibikinnya lebih usaha.

5. Acara berita punyanya politisi

Kalo acara berita politik yang kamu tonton punyanya politisi tertentu, berarti berita yang ditampilin pasti disesuaikan dengan kepentingan si politisi tersebut. Dalam hal ini ada dua hal yang terjadi dan bisa bikin kita bego:

  1. Gak nampilin berita-berita yang bisa mengganggu kepentingannya
  2. Nampilin berita-berita yang mendukung kepentingannya meskipun basi banget

Makanya kalo kamu rajin nonton berita sih jangan berasa keren dulu. Belum tentu berita yang kamu tonton bener-bener merefleksikan kenyataan. Jadilah penonton aktif yang kritis dan gak mau dibego-begoin. Asik.

Kesimpulannya kamu mendingan nonton video-video MBDC aja daripada nonton acara-acara TV. Meskipun gak selalu bikin pinter, tapi gak bikin bego juga karena MBDC kan selalu apa adanya. Eeeys.