4 Orang yang Harus Kamu Kasih Tempat Duduk

Ah, ngasih tempat duduk. Sebuah gestur sederhana yang sudah selayaknya kamu lakukan, terutama di kendaraan umum seperti Kereta Api Listrik misalnya. Kenapa? Karena ini menandakan bahwa kita adalah makhluk hidup yang punya moral. "Ah tapi MBDC, masa semua orang harus dikasih tempat duduk? Kapan aku duduknya?!" begitu pikir kamu. Jangan khawatir, karena kali ini MBDC akan ngasih tau 4 orang yang harus kamu kasih tempat duduk. 

1. Orang Tua

Kenapa Aku Harus Ngasih ke Mereka?! Karena mereka sudah tua dan tenaga mereka sudah gak sekuat waktu muda dulu. Orang tua itu jauh lebih gampang capek. Hal-hal yang buat kamu gampang, buat mereka butuh lebih banyak effort. Salah satu contohnya adalah berdiri. Sangat melelahkan lho bagi mereka untuk berdiri. Makanya kalo kamu liat ada orang tua yang gak dapet tempat duduk dan kebetulan kamu punya tempat duduk, ada baiknya kamu kasih lah ke mereka.

2. Orang Cacat

Kenapa Aku Harus Ngasih ke Mereka?! Oh ya harus dong. Kamu tega apa ngeliat orang yang untuk jalan aja harus pake tongkat harus berdiri sementara kamu yang sehat-sehat aja enak-enakan duduk? Sebagai seseorang yang bermoral harusnya gak tega dong ya. Apa? Kamu juga ngerasa cacat karena kaki kamu pincang akibat tulang kegeser? Itu bukan cacat. Itu sih diurut dikit trus dikasih koyo juga sembuh. Jangan suka berlebihan gitu ah.

3. Ibu yang Bawa Anak Kecil

Kenapa Aku Harus Ngasih ke Mereka?! "Kenapa MBDC?! Kenapa?! Jawab! Si anak kan pasti masih punya energi untuk berdiri!" begitu teriak kamu dalam hati. Bener sih. Tapi seperti yang kamu pasti udah tau, anak kecil itu kan kalo capek pasti jadi rewel. Kalo dia rewel, si ibu kan juga kasian. Udah harus berdiri sambil jagain barang (dia pasti bawa barang dong, minimal tas) dan anaknya, masih harus berhadapan dengan anaknya yang rewel. Lagipula kalo si anak rewel kan kamu juga pasti terganggu dong. Nah, supaya sama-sama enak kamu kasih aja lah tempat duduk kamu. Semua senang.

4. Ibu Hamil

Kenapa Aku Harus Ngasih ke Mereka?! "Nah ini lagi MBDC. Kenapa coba?! Gue tau dia hamil. Tapi plis dong berangkat pagian! Jangan nyusahin orang lain cuma karena mentang-mentang dia hamil!" begitu tulis kamu di Path. Eh kok jadi di Path sih? Ya anyway. Kenapa kamu harus ngasih tempat duduk ke ibu hamil? Karena sesungguhnya menjadi hamil itu bukan cuma sekedar jadi gendut lho. Ada berbagai perubahan hormon yang membuat seorang perempuan tidak menjadi seperti dirinya sebelum hamil. Dan yang perlu kamu tau, setiap orang itu hamilnya beda-beda. Ada yang pas hamil itu tetep sehat dan kuat. Bersyukurlah yang hamilnya kayak gini. Tapi ada yang pas hamil itu sampai gak bisa bangun dari tempat tidur. Ada yang pas hamil itu muntah-muntah setiap jam. Bau-bauan yang tadinya biasa jadi sangat menyengat dan bikin mual. Ada yang badannya jadi lemes banget dan mau gerak aja susah. Nah, jadi jangan bilang kalo ibu hamil itu manja. Fakta bahwa pas hamil aja dia masih mau naik kendaraan umum seperti Kereta Api Listrik itu luar biasa lho.

"Tapi MBDC, jangan ngejudge aku dong! Cobain dulu rasanya naik Kereta Api Listrik!" Iya MBDC tau. Angkutan umum di Indonesia itu emang sampah. Gak ada yang bilang enak. Tapi sebelum kamu ngomel-ngomel kayak gitu, kamu cobain deh rasanya naik kereta api listrik sambil hamil. Kalo udah, kasih tau MBDC rasanya.

Nah begitulah. Mudah-mudahan membantu kamu jadi orang yang lebih baik ya. Salam Super.