4 Kegiatan yang Udah Jarang Dilakukan Anak Jaman Sekarang Untuk Hiburan

Hiburan bukan cuma dibutuhkan orang dewasa, anak-anak juga haus akan hiburan. Iya dong, kan kasihan dari Senin sampe Sabtu capek belajar, bawa tas yang isinya buku-buku tebel. Nah, anak-anak biasanya menghibur diri dengan pergi ke Mall atau taman beramain. Tapi itu kan jaman sekarang. Jaman dulu, anak-anak kayaknya gampang banget bikin dirinya terhibur tanpa harus ngeluarin uang banyak atau merengek minta jalan-jalan ke luar negeri. Berikut ini adalah kegiatan yang udah jarang dilakukan anak jaman sekarang untuk hiburan.

1. ABC 5 Dasar

Ini salah satu permainan yang sangat menarik, menghibur, dan juga bisa jadi sarana belajar. Yang terpenting dalam permainan ini adalah teman. Anak-anak jaman dulu kalau lagi ngumpul salah satu yang dilakukan ya mainan ABC 5 Dasar ini. Cara mainnya gampang banget: Tiap anak megang secarik kertas dan pensil/pulpen. Kertas itu ditulis kategori: Nama Orang, Buah, Negara, dll (terserah kategorinya mau berapa banyak). Setelah itu mulai lah gambreng sambil ngomong,"ABC 5 Daaaasar," Kemudian hitung total jari yang muncul dari hasil gambreng dan totalnya diurutkan sama huruf. Misalnya ada 10 jari maka huruf yang digunakan adalah J. Cari deh tuh nama orang, negara, dan buah dari huruf J. Setiap anak yang berhasil jawab bakal dapat nilai 100. Kalau ada jawaban yang sama maka setiap anak dapet 50. Seru kan?

Selain ABC 5 Dasar masih banyak lagi permainan seru lainnya yang punya nilai-nilai pembelajaran buat anak-anak.

2. Mandi Hujan

Hujan adalah hal paling indah yang pernah dikasih tuhan ke kita. Dari hujan kita bisa banyak dapat inspirasi seperti melamun, nyuci mobil, bikin video, ojek payung, sampai bikin lagu. Oleh sebab itu kalau hujan turun harus lah diryakan. Nah, biasanya anak-anak doyan banget nih ngeloyor mandi hujan mau itu pake baju ataupun naked. Mereka gembira banget di tengah hujan sambil lari-larian. Momen kayak gini ngasih tau kalau bahagia itu sederhana banget. Gimana anak jaman sekarang? Boro-boro kena air hujan, nginjek tanah aja paling jarang. Kasihan ya? Alasannya takut sakit lah, blablabla lah. Padahal main bola di Inggris hampir selalu hujan-hujanan. Trus orang India kalau nari dan nyanyi biar lebih seru di tengah hujan, huhuhu.

Nah, kalau kamu mau mandi hujan, nih MBDC kasih tau persiapannya.

3. Tap Espas

Kamu tau kan Espas apa?

ESPASNih dia si Espas

Diawal kemunculannya, mobil ini langsung memikat hati semua orang termasuk juga anak-anak. Karena bentuknya yang lumayan lucu, bikin anak-anak langsung menoleh setiap kali ngeliat mobil ini di jalan. Nah, mungkin karena alesan itu kali ya akhirnya anak-anak jaman dulu bikin mainan Tap Espas buat hiburan.

Cara mainnnya gampang banget, setiap ngeliat mobil Espas langsung nepok lengan teman sambil bilang "Tap Espas". Permainan kayak gini mengisyaratkan anak jaman dulu itu antara kreatif atau kasihan karena kurang hibutan, huhuhu. Nah, Tap Espas mulai surut setelah jumlah Espas semakin banyak di jalanan.

Kalo kamu mau ajak main keponakan kamu atau adik kamu masih bisa loh. Mobil yang kamu jadiin sasaran bisa dituker, yang penting mobil tersebut masih jarang di jalan dan mungkin bentuknya sedikit unik,

4. Ngejar Layangan Putus

Wah ini hiburan yang seru banget nih buat anak-anak jaman dulu. Walaupun gak bisa naikin layangan, tapi setiap anak masih punya kesempatan buat ngejar layangan yang putus. Ada yang ngejar dengan lari, ada juga yang curang pake sepeda. Ada yang pake tangan kosong, ada juga yang bawa galah biar jangkauannya bisa lebih jauh.

Sebenernya harga layangan gak terlalu mahal-mahal amat, tapi rasanya kalau bisa dapetin dari ngejar layangan putus itu lebih keren aja gitu. Oiya, ngejar layangan putus ini di perkampungan kerap disebut dengan nama Ngodol.

Anak jaman sekarang gimana? Aduh repot ama sih mikirin layangan putus, mendingan mikirin gimana caranya biar hubungan gak putus. Nih dia salah satu penyebab anak jaman sekarang pikirannya udah pacaran doang.

Jauhkan lah anak-anak kami dari godaan merekaJauhkan lah anak-anak kami dari godaan mereka

Kegiatan apa lagi ya yang udah jarang dilakuin anak jaman sekarang buat hiburan? Tambahin dong, MBDC mau nyoblos nih.