10 Film yang Harus Kamu Tonton Biar Tambah Keren

Film gak cuma buat hiburan semata. Dari film banyak yang bisa kita dapatkan kayak pengetahuan, inspirasi, motivasi, dan tentunya bisa bikin kita keliatan tambah keren. Iya dong, dengan nonton sebuah film tiba-tiba kamu terlihat lebih mempunyai nilai yang lebih tinggi di mata masyarakat. Nah, beriktu ini adalah film-film menurut MBDC bisa bikin kamu tambah keren.

1. Blancanieves

Bercerita tentang Carmen, seorang anak gadis matador ternama yang dibesarkan oleh sang Ibu Tiri, Encarna yang sungguh sangat kejam. Setelah beranjak dewasa, sang Ibu Tiri ingin membunuh Carmen. Namun si Carmen berhasil lolos dan diselamatkan sekelompok matador cebol, yang akhirnya memulai perjalanan Carmen untuk menguak identitasnya sebagai putri matador ternama.

Sekilah kamu pasti sedikit familiar sama ceritanya ya? Tentu dong karena ini adalah cerita Putri Salju dengan sentuhan tradisi matador Spanyol. Film karya Pablo Berger ini sarat akan tampilan visual yang memukau yang dipadu dengan iringan musik yang manis. Dengan tampilan hitam putih dan bisu, Blancanieves dijamin bisa memuaskan hati kamu sekaligus ngeliat kekuatan film Eropa di era 90an.

2. Der Sandmann

Jangan pernah berbohong kalau gak mau hidup kamu kayak si Benno di film Der Sandmann ini. Yap, film besutan Peter Luisi bercerita tentang orang yang gemar berbohong, nipu, sampe mencuri. Sampai suatu saat dia nemuin ada pasir di tempat tidurnya, dan jumlah pasir ini semakin hari semakin banyak. Nah, si Benno pun harus ngerubah sifatnya supaya pasir-pasir ini menghilang.

Film komedi sureal ini sangat menyegarkan dengan pendekatan karakter yang cukup menonjol. Pas banget buat ditonton beduaan bareng pacar.

3. The Priest's Children 

Nih satu lagi film komedi yang harus kamu tonton. Film karya sutradara Vinko Bresan ini bercerita tentang seorang pastur yang ditugaskan ke sebuah pulau kecil di laut Adriati. Karena takut populasi di pulau tersebut yang terus menurun, si pastur bekerja sama dengan pedagang kios untuk melubangi semua kondom yang dijual di pulau tersebut. Tujuannya udah jelas dong, biar populasi bertambah.

4. Mon Oncle

Sebuah film komedi satir tahun 1958 karya Jacques Tati yang menyinggung tentang kehidupan yang semakin mekanik. Alat-alat yang canggih ternyata gak melulu bikin mudah, malah sebaliknya bikin tambah sembraut. Sebuah film yang cocok untuk menggambarkan keadaan sekarang.

5. Grabbers 

Orang-orang Britania Raya emang jagonya komedi, dan ini ditunjukan kembali lewat film Grabbers. Film karya Jon Wright ini bercerita tentang teror monster laut di sebuah pulau kecil terpencil di Irlandia. Nah, cara buat mengalahkan monster tersebut adalah dengan cara mabuk-mabukan. Konyol banget kan?

5. Mission To Lars

Kalau kamu menduga Lars di judul film ini adalah drummer Metallica, Lars Ulrich, maka kamu gak salah alias bener. Ini adalah sebuah film dokumenter tentang seorang penderita autisme yang ngefans banget sama Lars Ulrich, sekaligus sebuah misi menemukan sang fans dengan idolanya tersebut.

6. The Arrival of Wang

Seorang penerjemah bahasa mandarin mendapatkan pekerjaan dengan upah yang sangat ok. Untuk itu dia harus ditutup matanya dan dibawa ke sebuah tempat rahasia yang gelap gulita. Di sana dia harus nerjemahin interogasi keras terhadap Wang. Siapakah gerangan Wang? Nonton makanya.

7. The Punk Syndrome

Dokumenter band Punk paling keren di Finlandia yang anggotanya adalah orang-orang Tunagrahita. Film ini mengikuti perjalanan para musisi yang penuh semangat ini dari awal sampai dapat popularitas. Ini adalah cerita pemberontakan Tunagrahita terhadap persepsi publik.

8. Klitschko 

Sutradara pemenang Emmy Award, Sebastian Dehnhardt mengikuti perjalanan hidup pribadi petinju legendaris, abang-adik Klitschko. Film ini dilengkapi dengan arsip-arsip dokumentasi yang terlupakan, wawancara dan keterangan dari berbagai macam orang yang pernah menemani mereka.

9. The Past

Kalau kamu sempet nonton film a Separation yang menuai banyak selali pujian, maka kamu harus nonton film Asghar Farhadi yang satu ini. Bercerita tentang Marie yang meminta Suaminya Ahmad balik lagi ke Paris untuk nyelesain perceraian mereka. Tapi ternyata Ahmad malah masuk lebih dalam ke drama rumah tangga mantan Istrinya tersebut.

Masih dengan cerita yang menarik dan penokohan yang sungguh apik, The Past dijamin akan membawa kamu ke dalam problematika keluarga yang bikin emosi kamu naik turun.

10. The Parade

Film asal Serbia yang satu ini berkisah tentang pasangan gay yang sukses dan bahagia, namun tertekan di negara mereka sendiri, yaitu Serbia. Mereka ingin memperjuangkan hak asasi untuk para gay, namun keadaan sulit buat mereka, karena mereka banyak dibully oleh para homophobic. Nah di saat ini justru ada seorang tidak terduga yang membantu mereka, yaitu seorang preman tua yang justru tadinya homophobic. Wah menarik juga nih.

Nah itu dia 10 film yang harus kamu tonton biar keliatan keren. Kalau kamu kesulitan nemuin film-film di atas, jangan sedih dan bermuram durja, karena kamu bisa sambangi Europe on Screen 2014, tanggal 2 sampai 11 Mei 2014. Tenang, kamu yang di daerah gak perlu repot-repot ke Jakarta karena pemutaran film juga bakal diadain di Aceh, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Selain itu ada juga acara diskusi film, seminar/workshop, serta pemutaran film di ruang terbuka. Seperti yang udah-udah, seluruh rangkaian acara Europe on Screen 2014 terbuka untuk umum tanpa pungutan biaya alias gratis!. Nah kalo kamu mau tau lebih banyak bisa sambangi europeonscreen.org atau facebook.com/europeonscreen. Bisa juga pantau timeline twitter @europeonscreen, dan liat-liat update photo yang berhubungan dengan keriaan ini di Instagram.com/europeonscreen.

Nah, ada satu lagi kabar gembira nih: MBDC bakal ngadain nonton bareng film The Parade! Acaranya sendiri bakal diadain pada:

Hari/Tanggal: Jumat 25 April 2014

Tempat: Universitas Tarumanegara, Grogol,

Jam: 17:00

Nah, karena tempatnya terbatas banget, kamu harus registrasi dulu. Cepetan kirim data diri kamu dan nomer handphone yang bisa dihubungi ke [email protected] dengan subject "NONTON BARENG THE PARADE". Yang mau ikutan, ayo langsung kirim email!