Seri Mainan Jaman Dulu: Gundu

Gundu merupakan permainan anak-anak jaman dulu yang menuntut adanya perhitungan dan feeling. Selebihnya main gundu penuh dengan hal menyenangkan. Sayangnya, permainan gundu ini udah mulai sirna dari hati anak-anak jaman sekarang. Mereka lebih memilih memainkan game-game yang ada di dalam smartphone atau tablet mereka. Nah, buat anak-anak dulu yang sekrang udah jadi Oom-Oom dan Tante-Tante, mari kita bernostalgia dengan permainan gundu.

Cara Main

Mungkin gundu adalah salah satu permianan yang punya beragam cara main, tergantung si gundu sendiri dimainin di daerah mana. Tapi kali ini MBDC mau bahas yang umum aja.

Cara main pertama adalah dengan bikin sebuah lingkaran, dimana di dalam lingkaran tersebut harus diisi sama gundu dari tiap anak yang main. Gundu yang dimasukin ke dalam lingkaran jumlahnya tergantung kesepakatan aja, dan setiap pemain harus sama jumlahnya. Setelah itu dibuatlah sebuah garis yang agak jauh dari lingkaran. Nah, setiap pemain kemudian harus melempar gundu yang dijadikan sebagai pemukul atau gacoan (bukan gundu yang di dalam lingkaran) dari lingkaran ke arah garis. Gundu yang paling dekat dengan garis adalah gundu yang berhak untuk jalan duluan.

Sama seperti main karambol, setiap pemain harus menyentil gundu gacoannya ke arah gundu yang ada di dalam lingkaran. Gundu yang keluar dalam lingkaran secara otomatis langsung jadi milik sang penyentil. Selain harus ngeluarin gundu yang di dalam lingkaran, setiap pemain juga boleh menyentil gundu gacoan pemain lain. Kalo gundu gacoannya kena, maka pemain tersebut harus merelakan gundu gacoannya ke tangan orang lain.

Cara main gundu yang kedua itu adalah pertarungan antara gacoan. Maksudnya adalah gundu yang dimainin itu cuma gundu gacoan aja, gak ada pake acara bikin lingkaran segala. Permainan dimulai dengan memantulkan gundu ke tembok secara bersamaan. Gundu yang letaknya jauh dari tembok pemantul berhak jalan duluan buat mematikan gacoan pemain lain.

Oiya, sampe lupa. Karena gundu bentuknya bulet dan licin, maka lebih asik dimainin di tanah atau aspal dengan permukaan kasar biar si gundu gak laju-laju amat.

Gundu aku ada banyak. Gundu Oom cuma dua kanGundu aku ada banyak. Gundu Oom cuma dua kan

Istilah Dalam Permainan Gundu

Srik: Menggeser gundu gacoan sedikit saat si gundu gacoan dalam posisi yang tidak memungkinkan untuk disentil.

Stand: Hampir sama dengan srik, tapi menggunakan fasiltas dengkul kamu sebagai pengganti alas. Dengan stand berarti posisi menyentil kamu jadi lebih tinggi.

Gape: Akurasi sentilan yang luar biasa. Dari jarak sejauh apapun bisa mengenai sasaran

Bopak/Boncel/Bopel: Gundu yang udah rusak permukaannya karena sering beradu dengan gundu lain

Tempat Menyimpan

Anak-anak jaman dulu itu punya gundu bukan cuma 10 aja, tapi bisa sampe 50an atau 100an. Makanya mereka selalu punya tempat penyimpanan buat kolekse gundu-gundunya. Nah, tempat menyimpan gundu yang biasanya dipake adalah kantong plastik dan kaleng biskuit. Jadi kalau mau main gundu mereka bawa-bawa deh tuh kantong plastik atau kaleng biskuit.

Sekarang coba kamu cek lagi gudang rumah. Jangan-jangan kamu masih nyimpen gundu-gundu kamu. Kalau ketemu, langsung aja ajak main paksa tuh pacar kamu.