Seri Mainan Jaman Dulu: Flying Gliders

Ngomongin anak-anak SD di 80an akhir sampai 90an awal gak bisa lepas dari mainan dan jajanan yang populer saat itu. Untuk mainan, di era segitu mainan anak-anak masih analog macam gangsing, biji karet, gundu, dan Flying Gliders. Nah kali ini MBDC mau ngebahas soal Flying Gliders yang cukup fenomenal jaman dulu.

Flying Gliders adalah mainan pesawat-pesawatan yang terbuat dari styrofoam. Jenis pesawat yang ditawarin cukup beragam, mulai dari pesawat biasa sampe pesawat perang era perang dunia II. Harga sebuah Flying Gliders waktu itu kayaknya cuma Rp 500 perak aja. Tau deh bener apa nggak, MBDC lupa.

Dalam sebuah Flying Gliders terdapat 4 bagian biasanya: 1. Bagian badan, 2. Bagian sayang, 3. Bagian buntut, dan 4. Baling-baling. Disinilah bagian menarik dari Flying Gliders, karena kamu dituntut untuk merakitnya. Ya, gak semenarik Lego sih, tapi menarik aja gitu kan kayaknya pake ngerakit-rakit. Cara ngerakit Flying Gliders udah pernah MBDC bahas kok. Setelah ngerakit selesai, kamu tinggal terbangin deh tuh pesawat. Yap, pesawat ini bisa terbang beneran loh, walaupun gak selama pesawat dengan remote control sik.

nih dia bentukannya Flying Gliders yang legendaris

Sebenernya selain pesawat, mainan kayak begini ada juga yang bentukannya berupa golongan Aves yang dikasih nama Bird Gliders. Sama kayak Flying Gliders, Bird Gliders juga harus dirakit ke 4 bagiannya. Bedanya bagian baling-baling di Flying Gliders diganti dengan penutup mulut transparan gitu.

Burungnya bisa tegang, eh maksudnya terbangBurungnya bisa tegang, eh maksudnya terbang

Kalau kamu pengen mainan atau sekedar mengoleksi Flying Gliders, kamu bisa tungguin abang-abang tukang mainan yang sekarang udah mulai sedikit populasinya. Tapi kalau mau cepet sih tinggal nitip aja ke keponakan kamu yang masih SD, siapa tau abang-abang mainan masih ada (kalau belum kegeser sama abang-abang sewa iPad yak). Oiya, cari aja di lapak sebelah, kayaknya ada yang jualan juga tuh.