Seri Mainan Jaman Dulu: Engklek

Salah satu permainan jaman dulu yang gak kalah seru adalah Engklek. Permainan yang memungkinkan anak yang memainkannya jadi berfikir kreatif, karena harus gambar dulu arena bermainnya. Kalau di Indonesia sih bentuk yang paling standar itu yang ujungnya macam anuan.

Di Indonesia permainan Englek tersebar di setiap wilayah dengan nama berbeda, ada Englek, Sunda Manda, Jlong Jling, dll. Walaupun begitu bukan berarti Engklek berasal dari Indonesia, karena semua negera punya jenis permainan ini, dan konon yang pertama kali mainin itu anak-anak Roma. Permainan tersebut dikasih nama Hopscotch.

Cara Main Engklek

- Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam bermain engklek adalah membuat gambar di aspal atau ubin dengan menggunakan apapun yang bisa buat mencoret. Kalau anak-anak jaman dulu sih biasanya pake kapur atau batu gitu.

- Gambarnya itu bentuknya macem-macem, tapi yang paling umum itu yang bentuknya kayak pesawat terbang dengan ujung macam kokpit pesawat luar angaksa. Jadi cara gambarnya itu bentuk kotak-kotak

- Nah setiap kotak dikasih angka

Kira-kira kayak gini jadinyaKira-kira kayak gini jadinya

- Cari barang apapun buat kamu lempar ke dalam kotak. Kalau bisa sih barangnya yang permukaannya datar. Anak jaman dulu biasa gunain potongan asbes.

- Lempar potongan asbes ke kotak secara berurutan sesuai tingkatan angka.

- Setelah itu mulai melompati dari kotak ke kotak lainnya dengan satu kaki tanpa menginjak kotak yang ada potongan asbes kamu, dan menginjak garis. Setelah sampe bagian kotak paling atas, pemain harus kembali lagi ke tempat asal dengan mengambil potongan asbesnya.

- Permainan akan berakhir kalau pemain bisa meletakan potongan asbes tersebut sampe ke angka yang lebih tinggi.

Kegunaan Engklek

MBDC gak meneliti sih kegunaan main engklek, tapi kalau dianalisa kecil-kecilan kayaknya engklek bisa bikin

- Jeli dan akurat

Ini digambarkan dengan harus melempar potongan asbes ke dalam kotak yang benar tanpa harus menyentuh garis kotak-kotak tersebut

- Tangkas dan seimbang

Ini bisa didapat lewat lompatan yang harus menggunakan satu kaki, yang secara gak langsung melatih keseimbangan anak

- Pandai Berhitung

Main engklek bisa jadi sarana yang ampuh buat anak-anak yang males belajar berhitung. Karena kan dalam kotak ada angka, nah anak-anak tersebut harus melempar potongan asbes dan melompat ke dalam kotak berurutan dari angka yang terkecil. Ibaratnya kayak Sesame Street gitu deh, bermain dan belajar.

Aduh, jadi pengen mainan gak sih? Yuk ajak pacar kamu main.