Seri Mainan Jaman Dulu: Benteng

Selain Galasin, permainan jaman dulu yang sarat akan keseruan tingkat tinggi adalah Benteng. Sama kayak orang-orang jomblo yang lagi deketin pacar, permainan Benteng juga penuh akan strategi, kecepatan, kelihaian, dan pengawasan. Kamu masih inget kan cara mainnya? Halah, jangan pura-pura lupa deh. Tapi kalau lupa, MBDC ingetin lagi deh.

Apa Itu Benteng

Benteng adalah sebuah permainan memperebutkan benteng lawan. Ada dua grup yang terdiri dari 4 orang atau lebih. Setiap grup harus punya strategi mendapatkan benteng lawannya.

Permainan ini umumnya dimainin di sekolah saat jam istirahat atau pas jam pelajaran olahraga. Gak tau kenapa, kayaknya jarang banget deh MBDC liat anak-anak jaman dulu mainin Benteng di luar sekolah.

Cara Main Benteng

Main Benteng itu gampang banget, yang terpenting adalah kamu harus punya temen main aja sih, minimal 4 orang, tapi itu gak seru banget. Kalau mau seru satu grup itu berisi 10 orang lah. Selanjutnya yang kamu butuhkan adalah bentengnya. Ini biasanya sih suka pake pilar bangunan sekolah, atau ring basket.

Kayak yang udah dibilangin sebelumnya, inti permainan Benteng ini adalah ngerebut Benteng lawan. Jadi dalam permainan ini yang kamu harus lakukan ya cuma cari cara (segala cara) buat menyentuh Benteng lawan. Tapi hati-hati, kamu bisa aja jadi tawanan kalau kamu disentuh sama tim lawan yang baru saja keluar dari Bentengnya.

Kalau kamu sudah jadi tawanan, maka kamu akan berdiri di sekitaran benteng lawan. Mungkin bukan cuma kamu aja yang bakal kena tawan, semua grup kamu bisa aja tertawan kalau mainnya gak pake strategi. Kalau udah ditawan semua, ya udah tentu kamu kalah dong. Tapi, saat kamu ditawan kamu bisa juga dibebasin sama temen kamu dengan menyentuh kamu.

Taktik dan Strategi

Main Benteng itu keliatannya gampang, tapi sebenernya gak segampang itu juga sih. Kamu harus punya taktik dan strategi untuk meraih kemenangan. Biasanya dalam satu grup atau tim bakal dipecah tuh tugas-tugasnya. macam:

Penyerang
Ini biasanya orang yang larinya cepet, lincah nan gesit. Fungsinya selain buat langsung menyerang Benteng lawan, juga untuk membebaskan tawanan.

Penarik Perhatian
Hampir sama kayak penyerang, dibutuhkan orang yang larinya cepet, lincah lagi gesit. Tapi bedanya tugas utama penarik perhatian gak langsung mendapatkan benteng lawan, melainkan membuat lawan keluar dari Bentengnya sekaligus membuka jalan buat penyerang.

Pengendap-ngendap
Ini harus orang yang jago baca situasi sekaligus mampu membuat dirinya seolah-olah menghilang. Seperti mata-mata, tugasnya adalah mencari tau kelemahan lawan dengan berada dekat dengan lawan. Tugas ini bakal sangat berjalan dengan baik kalau permainan dimainkan di sekolah saat jam istirahat.

Penjaga Benteng
Sangat lah tidak baik kalau kamu keasyikan menyerang tanpa memikirkan pertahanan. Maka dari itu harus ada orang yang selalu stand by di Benteng. Kalau bisa sih jangan satu orang, karena sangat riskan.

Seperti itu lah yang bisa MBDC share ke kamu soal permainan Benteng. Artikel ini mungkin gak bisa menggerakan kamu untuk bermain Benteng, tapi setidaknya memberikan nostalgia masa kecil yang sungguh indah. Aaaaah.

Yuk berkomen.