Proses Ilmiah Terjadinya Air Mata

MBDC bekerja sama dengan Serupedia.com untuk melakukan barter artikel yang pastinya akan membuat masing-masing website jadi makin asik dan seru. Kali ini, teman-teman dari Serupedia.com akan membahas tentang Proses Ilmiah Terjadinya Air Mata. Selamat membaca!

Sahabat serupedia, pasti pernah merasakan berlinang air mata karena menangisi sesuatu yang dianggap sedih dan mengarukan atau bisa juga karena rasa gembira. Namun tahukah bagaimana air mata terbentuk? Ini dia info yang bisa dihimpun oleh serupedia.

Gambar Terposting

Menangis adalah sebuah proses alami yang dialami oleh manusia. Dari mana air mata berasal? Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis. Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kembanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata (wikipedia).

Lakrimasi diambil dari kata lacrima, yang dalam bahasa Latin berarti “air mata”. Lacrima gland (kelenjar air mata) yang terletak di bagian atas mata, tepatnya di bagian antara kelopak mata dan alis secara rutin menyebarkan cairan yang membasahi mata setiap kali mata berkedip.

Uniknya, sebenarnya mata kita sudah punya bak penampung air mata sendiri, yang disebut lacrima sac. Air mata yang sudah membasahi mata akan disalurkan kembali lewat kanal-kanal yang terhubung dengan lacrima sac. Akan tetapi jika berlebih, maka tugas kelopak mata lah, yang membatasi jumlah cairan di mata dengan menjatuhkan ke pipi kita

Nah sekarang pertanyaanya adalah, mengapa air mata itu asin? Karena berfungsi sebagai antiseptik alami. Zat garam yang dikandungnya mampu membersihkan mata dari bakteri dan kotoran. Mata pun senantiasa terjaga kelembaban dan kebersihannya.

Baca artikel lainnya di Serupedia:

  1. Beberapa Dampak Negatif Kondom yang Harus Segera Diketahui
  2. 2017 : "Kiamat Facebook?"
  3. Bagaimana Cara Menentukan Rating TV? Ini Jawabannya
  4. Info.cern.ch adalah Website Pertama di Dunia 
  5. Ulasan Monumen Stonehenge