8 Orang yang Kamu Jumpai di TPS

Saat kamu sudah terdaftar sebagai salah satu peserta pemilu, maka yang harus kamu lakukan adalah menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih calon yang udah kamu jagoin. Nah, pas kamu sampe TPS nanti bakal banyak orang di sana. Jangan panik dan tenang aja, karena orang-orang tersebut adalah

1. Panitia Pemilu

Ini orang-orang yang penting ada di TPS. Tugas mereka adalah membuat pemilu di wilayah kamu berjalan lancar tanpa adanya gangguan atau masalah apapun. Panitia pemilu ini nanti yang bakal ngarahin kamu, ngasih kamu kertas suara, dll. Pokoknya kalau kamu nanti bingung di TPS mending tanya aja ke mereka. Biasanya sih mereka pake seragam gitu.

2. Pemantau

Orang-orang ini rada mirip kayak panitia pemilu. Tapi bedanya tugas mereka cuma mantau aja, kali-kali kalau ada kecurangan atau sebagainya gitu deh. Pemantau ini bisa dari partai yang ikutan pemilu, bisa juga dari LSM atau organisasi independen gitu deh. Biasanya sih pemantau pake id gitu kayak gini

Kartu-Pemantau

3. Hansip/Satpam

Sama halnya kayak acara kawinan rumahan, Pemilu juga menggunakan jasa hansip atau satpam dari wilayah sekitar untuk menjaga keamanan jalannya proses pemilihan. Hansip atau Satpam ini biasanya jadi orang pertama yang bakal menyapa kamu saat kamu sampai TPS.

4. Bocah 

Belum layak ikutan pemilu tapi ada di sekitar TPS. Trus ngapain mereka di sana? Biasanya sih karena diajak sama orang tuanya atau cuma sekedar nonton aja. Ya orang Indonesia banget deh di mana ada keramaian di situ mereka berkumpul, walaupun gak berkepentingan. Sama halnya kalau ada kecelakaan di jalan. Kasihan banget ya, kayak kurang hiburan.

5. Tukang Jajanan

Di mana ada keramaian, maka di situlah tukang jajanan berada. Pas saat pemilu kan bakal banyak orang dateng, nah para tukang jajanan ini membaca sebagai peluang baik untuk menjajakan dagangan  mereka. Biasanya sih tukang jajanan itu meliputi tukang mie ayam sampe tukang es.

6. Tetangga

Kalau kamu gak pernah tau dan kenal sama tetangga kamu, maka saat pemilu adalah waktunya dimana kamu bakal ketemu tetangga kamu. Jangan heran kalau ternyata orang yang kamu ajak ngobrol nanti adalah tetangga sebelah rumah.

Kamu: Bapak, tinggal di mana?

John Doe: Di blok Z no 5

Kamu: Loh saya di no 6, kita tetanggan dong berarti

Tetangga kamu: Harusnya sih gitu ya.

7. Pak RT

Pak RT sebenernya punya peran yang sangat penting dalam suatu wilayah. Tapi sayangnya jarang banget orang yang pernah ketemu atau bahkan kenal sama RTnya sendiri. Nah, momen kayak pemilu ini lah biasanya warga bakal ketemu atau bahkan akhirnya kenalan sama si Pak RT.

8. Cewek Cantik atau Cowok Ganteng

Buat kamu yang sampai saat ini belum menemukan tambatan hati, mungkin pemilu ini bisa jadi ajang yang pas mencari jodoh. Yes, jodoh itu kadang ada di sekitar kamu, tapi kamu aja yang gak sadar. Banyak maunya sih. Sama kayak acara 17an, pas pemilu biasanya semua warga bakal keluar dari persembunyiaanya. Pasang mata baik-baik, jangan sampai ada satu orang pun terlewat. Kalau dapet pacar yang rumahnya gak gitu jauh kan enak, gak berat diongkos.

Sekarang udah tau kan siapa aja yang bakal kamu temuin di TPS. Semoga sih dengan banyaknya orang gak bikin kamu salah tingkah. Tapi kalau kamu orangnya gak suka rame-rame, MBDC saranin dateng ke TPS agak siangan aja.