6 Jenis Penjual Online Shop

Internet itu adalah salah satu penemuan dunia yang terbesar. Kayak penemuan listrik, internet mengubah cara hidup orang di dunia. Contohnya, kalo dulu mau jual beli barang, yang jual ama yang beli musti ketemuan. Kalo gak mau, musti pake telepon dan itu pun masih ribet, perkara liat barangnya, cara bayarnya segala macem. Tapi sekarang, yang namanya online shop udah jadi hal yang umum. Barang yang bisa kamu dapetin dari internet pun macem-macem. 

Tapi selain barangnya, yang jualannya pun macem-macem. Ini nih, hasil temuan MBDC, macemnya penjual online shop kayak apa aja. 

Si Gaul

Penjual yang tipe ini, biasa manggil pelanggannya dengan sebutan "Bro." Terus ngomong sama pelanggannya juga "Gue-Elu" aja santai kayak sama temen. Ngobrolnya pun pake bahasa sehari-hari. Kayak temen deh, gaul. Harusnya Bro itu kan panggilan pertemanan, yang dikasi buat temen-temen terbaik kamu. Mungkin, penjual tipe ini menganggap semua pelanggan adalah sahabatnya. Nah ini bisa kamu gunakan buat minta diskon, dengan minta harga temen. Kalo dia gak mau ngasi, coba ancem dengan bilang kamu gak mau temenan lagi sama dia, karena dia gak asik.

Si Penyayang

Kalo yang ini tipe-tipe yang sabar, bijak dan mengayomi gitu deh. Mereka selalu manggil pelanggannya dengan panggilan sayang "Dear" yang biasanya dipake antara pasangan, atau orang tua dan anak. Kalo transaksi sama yang penyayang gini, berasa intim dan akrab banget, karena mereka bukan hanya memposisikan diri sebagai penjual, tetapi juga orang yang bisa kamu percaya dengan segala kegalauan kamu. Mereka akan menjawab semua pertanyaan kamu dengan sabar dan lebih, kayak tempat curhat andalan kamu deh, dimana kamu gak perlu takut menjadi diri kamu sendiri.

Si Anak Sekolah

Beda ama judulnya, kamu pasti ngira kalo anak sekolah pasti jualannya kecil-kecilan kan? Justru tipe penjual anak sekolah ini adanya di toko-toko online yang besar dan terkenal. Karena udah punya nama, toko-toko online ini merasa punya reputasi yang musti dijaga, dan mereka pun melayani pelanggannya kayak anak sekolah lagi belajar nulis surat; bahasanya resmi banget. Kalo di email, awalnya pasti pake "Pelanggan yang terhormat," dan kata ganti yang dipake yang formal gitu; Saya, Kami, Bapak, Ibu dan lain-lain.

Mental Pegawai

Banyak orang yang pertama kali kerja di perusahaan niatnya cuma "Ah ini cuma sementara buat ngumpulin modal. Kalo udah cukup nanti mau usaha sendiri." Dari orang-orang yang begini, ada yang berhasil, ada yang tetep jadi pegawai karena keasikan digaji orang. Tapi banyak dari mereka yang gak melupakan mimpinya menjadi pengusaha dan akhirnya bikin usaha sampingan buat nambah-nambahin kebulan di dapur. Tapi karena mungkin emang dasarnya mental pegawai, pelanggan mereka dipanggilnya "Bos," macem bos mereka di kantor gitu. 

Yang Gak Jelas

Ini yang suka manggil pelanggan dengan panggilan "Sis." MBDC gak ngerti motivasinya apa. Kalo Bro kan emang panggilan akrab sesama temen cowo, tapi cewek-cewek kan gak make panggilan Sis ke sesama temennya juga. Jadi intinya apa? Mau akrab? Mau jadi kakak-adek-an? Emangnya masih jaman kakak-adek-an? Aku butuh kepastian Sis, aku gak mau digantungin lagi.

Suka Memuji

MBDC suka geer sendiri nih kalo belanja sama yang tipe ini. Mereka selalu bilang MBDC ganteng, manggilnya "Gan" gitu. Itu kependekan dari Ganteng kan? Ya gitu deh pokoknya. Mama MBDC sendiri aja bilang MBDC ganteng jarang-jarang, tapi sama si penjual yang ini berulang kali dipanggil gan terus, jadi gimanaaa gitu rasanya. Bisa aja mereka ngambil hati calon pembeli. Oh terus kayaknya orang betawi sih yang jualan, ngomongnya pake ane ente gitu.

Apa lagi ya jenisnya. Aduh gak bisa mikir nih, abis kegeeran dipanggil gan mulu. Kamu deh yang lanjutin, ada tipe apa lagi sih penjual online?