4 Channel YouTube yang Bikin Pinter

Capek dengan Acara Tv Indonesia Karena gak Bikin Pinter? Jangan stress! Berterima kasihlah pada YouTube!

Makin kesini makin banyak jenis channel YouTube yang tersedia. Mulai dari yang berbau olahraga sampe bahas make up. Dari video-video lucu, sampe video-video yang menambah wawasan kita. Nah yang menambah wawasan ini yang mau MBDC bahas sekarang. Ada banyak sih channel YouTube favorit MBDC, tapi kalau MBDC lagi pengen belajar sesuatu yang baru, MBDC buka channel ini:

1. CrashCourse

Crashcourse

Didalangi oleh duo geek brothers John dan Hank Green, CrashCourse sukses menjadi salah satu channel YouTube yang banyak banget peminatnya. Ya emang sih CrashCourse gak masuk 25 besar channel YouTube dengan subscriber terbanyak, tapi 1.3 juta subscribers itu sama sekali gak sedikit.

CrashCourse ini merupakan sebuah channel yang membahas topik topik berikut ini: World History, Biology, Ecology, English Literature, U.S. History, Chemistry dan Psychology. Secara garis besar, John Green menjadi ‘dosen’ untuk ‘kelas-kelas’ non eksak, sedangkan Hank Green menjadi ‘dosen’ untuk ‘kelas-kelas’ eksak.

Kenapa MBDC suka sama channel YouTube ini? Alasannya banyak, salah satunya karena CrashCourse jago banget menjelaskan segala sesuatu dengan sangat mendetail dan mudah untuk dipahami, tapi disampaikan dalam waktu yang singkat. Durasi video di CrashCourse itu berkisar antara 10 sampai 15 menitan. Gak kepanjangan.

2. Howcast

HOWCAST

Berbeda dengan CrashCourse yang video-videonya cenderung lebih teoritis, Howcast menyediakan video-video yang cenderung lebih praktikal. Dengan 1.6 juta subscribers, Howcast gak kalah serunya kalo dibandingin sama CrashCourse.

Perbedaan yang lain antara CrashCourse dengan Howcast adalah durasi dari video-video mereka. Kalau CrashCourse berdurasi antara 10 sampai 15 menit, Howcast video-videonya jauh lebih singkat. Range-nya beragam, tapi secara rata-rata video mereka gak lebih dari 4 menit. Nah dalam 4 menit itu, Howcast akan menjelaskan bagaimana cara melakukan sesuatu dengan sangat singkat.

Apa yang bisa kamu pelajari dari Howcast? Wah banyak banget, kamu sesuaikan aja dengan ketertarikan kamu, niscaya salah satu dari 20.000 video di channel ini ada yang berguna buat kamu.

3. Alltime10s

Alltime10s

Kalau yang ini bukan teoritis, bukan juga praktikal. Alltime10s ini menyediakan video-video yang berisi top 10 apa aja. Jadi informasinya lebih trivial gitu. Kalau kamu tau ya bagus – enggak tau juga gak apa apa. Berkisar antara dua sampai tiga menit per video, Alltime10s bisa jadi opsi kalau kamu males mikir, tapi pengen nambah pengetahuan.

4. Malesbangetdotcom

Malesbangetdotcom

Yak dan ini dia channel YouTube yang paling istimewa dan paling mendidik juga paling bagus serta berbudi baik. Apa? Kamu gak tau kalau MBDC punya channel YouTube? Kemana aja!?

Itu dia tadi Channel YouTube yang niscaya bakal bikin pinter kalau setiap hari kamu kunjungi. Kalau udah pinter kan kamu jadi pede buat deketin cewek.

Kalau kamu biasanya buka Channel YouTube apa buat nambah ilmu? Share ya di komen