3 Kegiatan yang Gak Bisa Dijadiin Hobi

Makin kemari MBDC semakin sering mendapati orang-orang yang kalo ditanya hobinya apaan, jawabannya standard banget. Kalau bukan travelling, baca, ya makan. Sebenernya gak ada salahnya sih kalau kamu suka melakukan kegiatan itu, tapi ketiga kegiatan itu tuh gak bisa dijadiin hobi.

1. Travelling

Travelling, alias jalan-jalan ini pada esensinya adalah kegiatan berpindah tempat dari poin A ke poin B. Dari jaman koplo dulu, sekitar 2 juta tahun yang lalu, Homo Habilis (eyang-eyang pendahulu Homo Sapiens Sapiens) udah mulai jalan-jalan.

Segerombolan Homo Habilis ini jalan-jalan di Afrika gitu, menyusuri tempat-tempat yang belum pernah terjamah sebelumnya. Seiring dengan mereka Jalan-Jalan Men, Homo Habilis ini pun berevolusi menjadi Homo Erectus. Homo Erectus ini diduga sebagai nenek moyang kita yang pertama kali meninggalkan Afrika. Kok bisa? Karena mereka udah berdiri tegak sempurna, jadi jalannya makin cepet gitu.

Intinya, dari dulu orang juga udah jalan-jalan, men, dan travelling itu udah kayak hal yang pasti dilakukan manusia di suatu waktu, bukan hobi.

2. Baca

Sama aja kayak travelling, orang udah baca dari jaman kuda. Diduga tulisan pertama yang tercatat sejarah itu dibuat pada tahun 4000-an sebelum masehi gitu. Eh ini beneran tulisan ya, bukan gambar-gambar di dinding goa.

Tulisan pertama ditemukan di sekitaran Uruk, Mesopotamia, ditulis oleh bangsa yang bernama Sumeria. Ini adalah titik balik jaman pra-sejarah ke jaman sejarah. Buat kamu yang gak tau apa itu jaman pra-sejarah; jaman pra-sejarah adalah jaman dimana belum ada dokumentasi kehidupan dalam bentuk tulisan.

Sejak pertama kali tulisan dibuat, orang gak berhenti nulis. Gak berhenti nulis berarti orang juga gak berhenti baca. Orang udah mulai baca dari jaman kuda tadi, sampe sekarang. Tiap hari kita secara sengaja maupun tidak pasti baca sesuatu, jadi menurut MBDC ‘membaca’ secara general itu gak bisa disebut hobi. Kecuali baca artikel-artikel di MBDC, nah itu baru hobi.

3. Makan

Halah ini lagi. Ya oke, kamu suka wisata kuliner, pergi ke suatu tempat khusus untuk ngicipin makanan yang ada di daerah tersebut. Tapi ‘makan’ itu sendiri gak bisa dibilang hobi. Semua orang pasti makan. Kalau gak makan bakal koit, emang begitu dari sononya.

Nah jadi lain kali kalau kamu ditanya hobi kamu apaan, biar gak kedengeran basi, coba hindari deh tiga hobi standard di atas. Eh tapi sekali lagi, kecuali baca MBDC ya, itu baru hobi yang gak basi. Okeh?