12 Tanda Kamu Anak Bandung

Setelah minggu lalu kita membahas ciri-ciri anak Jakarta, kali ini MBDC ngasih tau kamu soal tetangganya anak Jakarta alias anak Bandung. Kalo kamu ngerasa anak Bandung atau kenal sama anak Bandung mestinya tau sama tanda-tanda di bawah ini!

1. Gak bisa ngomong 'F' atau 'V'

Alkisah sih demikian. Tapi kalo kamu tanya ke anak Bandung, biasanya mereka akan bilang kalo ini hanya sekedar pitnah belaka sih. Eh.

2. Ngomentarin nasi dan sambel

Bagi orang Bandung yang paling penting dari makan adalah nasi dan sambel. Makanya pas mesen makanan anak Bandung biasanya bakalan menilai nasi dan sambelnya enak atau nggak duluan. Bagi mereka kalo nasi dan sambelnya enak berarti seluruh makanannya enak dan mereka pun puas. Tapi kalo gak enak bakalan ngedumel dan merusak mood mereka makan.

3. Gak ada yang punya anjing

Iya, anak bandung gak kenal yang namanya anjng karena mereka taunya cuma 'anyiing'. Aaaakkk!

4. Seneng jalan kaki 

Anak Bandung seneng jalan kaki di kotanya. Mungkin karena adem dan jalannya pun satu arah. Asiknya lagi mereka gak begitu tergantung dengan mobil atau kendaraan pribadi karena selain suka jalan kaki, mereka juga sering naik angkot aja.

5. Pake jaket walopun gak dingin

Gak gitu ngerti juga sih kenapa. Mungkin karena di jaman dahulu Bandung itu emang dingin ya, jadi sampai sekarang anak Bandung itu seneng banget pake jaket walopun Bandung sekarang sebenernya udah gak begitu dingin. Mungkin udah jadi semacam identitas kah?

6. Pake kaos band lokal bandung 

Anak Bandung biasanya bangga sama band-band lokal mereka. Ini terbukti dengan seringnya anak-anak Bandung memakai kaos band-band Bandung kayak Pure Saturday, Burger Kill, Koil, Teenage Death Star, Homogenic, The Milo, Tiga Pagi, Beside, Hollywood Nobody dan lain-lain.

7. Kalo liat baju keren di toko besoknya bikin sendiri

Anak Bandung punya banyak industri kreatif yang memungkinkan orang-orang memesan baju dengan cukup murah. Jadi anak Bandung sering ngerasa perlu bikin baju sendiri daripada tinggal beli. Lebih murah juga.

8. Punya clothing line 

Atau minimal punya temen yang punya clothing line lah. Kalo kamu ke Bandung pasti nemuin banyak clothing line yang emang produksi lokal Bandung. Industri clothing di Bandung berkembang banget. Mereka juga bangga dengan produksi lokal mereka itu yang kebanyakan emang keren-keren. Nah, jadi gak belebihan dong kalo MBDC bilang yang namanya anak Bandung pasti punya clothing line. Atau punya temen yang punya clothing line. Atau punya temen yang temennya punya clothing line.

9. Pake aku kamu 

Beda dengan anak Jakarta yang pake gue-lo, anak Bandung dengan sopannya pake aku kamu, termasuk yang cowok-cowok. Makanya kalo kamu temenan sama anak Bandung yang lawan jenis, jangan kege'eran dulu deh kalo dipanggil 'kamu'.

10. Ngomongnya halus

Dibandingin anak-anak dari kota lain sih Bandung ngomongnya halus gitu ya. Coba aja kesana trus kamu ngobrol sama orang-orangnya. Gak cuma yang berpendidikan aja, mulai dari tukang sapu, supir angkot, sampe mahasiswa ngomongnya cukup sopan. Eh, tapi ada yang bilang juga sih mereka ini halus-halus tapi makan ati. Jadi kalo marah atau tersinggung gak keliatan. Hati-hati juga makanya.

11. Kalo makan mesti pake lalapan sama sambel 

Sesuai dengan ciri khas makanan sunda yang selalu pake lalepan bersama sambel, begitulah anak Bandung biasa makan. Tapi kalo makan nasi aja ya, kalo makan pasta atau steak sih harusnya gak pake lalapan.

12. Gak nurut

Ya iya lah namanya juga kan anak badung. Eh..

Udah ah segitu aja. Mangga komennya!