Tukang yang Cuma Ada di Indonesia

Katanya tingkat pengangguran di Indonesia cukup tinggi. Tapi menurut MBDC itu bukanlah hal yang harus dipusingin. Kenapa? Karena orang Indonesia selalu punya akal untuk keluar dari masalah. Orang Indonesia bisa menciptakan peluang usaha yang mungkin gak kepikiran sebelumnya. Ini adalah salah satu aset yang terduga yang di miliki bangsa ini.  Dan berikut ini adalah beberapa bidang usaha yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Catatan, beberapa bidang usaha mungkin sudah sulit buat dijumpai dewasa ini.

Tukang Tambal Ban

Sebagai pengendara, kamu harusnya bersyukur hidup di Indonesia. Kenapa? karena segala kesulitan kamu di tengah jalan bisa terpecahkan. Misalnya tiba-tiba ban mobil atau motor kamu bocor, maka kamu bisa dengan lumayan mudah menemukan tukang tambal ban mobil di pinggir jalan. Dan masalah kamu pun akhirnya terselesaikan, tanpa harus kamu repot-repot ganti ban sendiri.

Konon kehadiran tukang tambal ban ini berbading lurus dengan adanya

Tukang Tebar Paku

Ini sebenernya bidang usaha yang ngeselin sih. Tapi setidaknya menjelaskan kalau orang Indonesia itu kreatif banget nyari duitnya.

Tukang Ojek Payung

Banyak yang orang salahkan dari kehadiran hujan.  Padahal orang bijak pernah bilang, sedia payung sebelum hujan. Namun orang tetep aja gak mau belajar, jadi deh suka kesusahan kalau hujan datang. Tapi gak semua orang kok gak mau belajar, beberapa orang bahkan bisa memanfaatkan momentum ini buat mencari uang. Caranya dengan menjual jasa ojek payung.

Tukang Jualan Anjing di Pinggir Jalan

Biasanya orang kalau mau beli binatang peliharaan macam ajang itu kan dateng ke tempat penjualannya atau perternakannya. Tapi karena emang dasar otak jualan orang Indonesia itu sangat brilian (atau agak aneh ya) maka penjual pun turun ke jalan dan menjajakan dagangannya secara langsung. Dengan harapan barang yang dijualain, dalam hal ini anjing bisa cepet laku. Mungkin yang ada dipikiran tukang jualan anjing di pinggir jalan itu adalah kalau orang lagi stress macet-macetan di jalan, trus pas liat ada yang jualan anjing jadi pengen langsung beli dan stressnya pun hilang.

Tukang Timbangan Keliling

Ini udah sangat sulit banget ditemuin dewasa ini. Tapi jelas ini suatu bidang usaha yang cukup jenius. Karena orang yang ngejual jasa ini tau betul kalau gak semua rumah punya timbangan, makanya doi pun sangat gigih keliling komplek, perumahan, atau perkampungan ngebawa timbangan, dengan harapan ada orang yang penasaran sama berat badannya.

Tukang Kopi Keliling

Disaat kopi sedang menjadi trend, beberapa orang memilih untuk menjajakan kopi secara keliling. Yang MBDC maksud bukan orang jualan kopi saset keliling perumahan, komplek, atau perkampungan gitu loh, tapi yang ini http://kopikeliling.com

Tukang Kredit

Ini bukan tukang kredit yang nawarin pinjaman uang atau kreditan motor/mobil ya. Melainkan tukang jualan baju atau barang-barang rumah tangga yang suka dateng ke perkampungan gitu. Kalau kamu pernah nonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan, kamu pasti tau sama karakter Kang Mamang yang suka dateng ke rumah Si Doel buat nagihin kreditan dari barang yang udah dibeli secara kredit sama keluarga Si Doel.

Tukang Gigi

Jasa buat perbaikan gigi di dokter gigi itu ajegile mahalnya. Tapi karena kebutuhan buat memperbaiki gigi ini lumayan tinggi, akhirnya beberapa orang yang ntah dapet gelar dokter dari mana? membuka praktik reparasi gigi dengan label Tukang Gigi. Jasa yang ditawarin biasanya hanya meliputi pemasangan gigi palsu dan kawat gigi. Lumayan kan, gigi bagus tapi gak perlu ngeluarin uang gede. Tapi ya gitu, efek samping tanggung sendiri.

Tukang Kapuk

Udah lumayan susah juga ditemuin nih. Suka kelilingan komplek, perumahan, atau perkampungan cuma nawarin jasa jual kapuk buat bantal, guling, sampai kasur. Harusnya sih jasa si tukang kapuk sangat berguna buat orang-orang yang bantal, guling, dan kasurnya yang udah mulai kempes tapi gak punya bajet lebih buat beli yang baru. Atau bisa juga berguna buat orang yang punya bantal, guling, dan kasur kesayangan gitu.

Tukang Abu Gosok

Kalau kamu ke perkampungan gitu, masih ada loh orang yang nyuci piring pake abu gosok. Alasannya sih biar lebih bersih, dan abu gosok jauh dari hal kimia. Nah, karena buat dapetin abu gosok ini lumayan ribet, maka hadirlah tukang abu gosok yang dengan setia berkeliling perkampungan.

Tukang Vermak Jeans Keliling

Salah satu hal yang ngeselin jadi orang Indonesia adalah postur tubuh yang gak begitu tinggi. Kenapa? karena beberapa jeans keren itu dengan seenaknya menjual barang di negara kita tapi gak ngeliat ukuran badan kita. Alhasil, jeans yang kita beli suka kepanjangan. Tapi tenang, masalah kamu bisa segera teratasi dengan kehadiran tukang vermak jeans keliling. Oiya, kalau kamu ada jeans kebanggaan yang udah mulai bolong juga bisa dibenerin sama si tukang vermak.

Tukang Sol Sepatu Keliling

Kualitas sepatu sekarang agak sedikit kurang bagus. Ada sih yang kualitasnya bagus, tapi harganya selangit. Ya kali deh sepatu yang notabene buat diinjek harganya 1juta? Nah, karena kualitas yang kurang bagus ini, maka sepatu yang kamu beli jadi gampang rusak. Sebenernya hal ini juga bisa terjadi karena kondisi jalanan di Indonesia yang jelek juga. Kalau sepatu kamu rusak padahal belinya baru beberapa bulan, itu kan malesin banget ya. Masa harus ngeluarin uang lagi buat beli baru? Makanya hadirlah tukang sol sepatu keliling yang siap mereparasi sepatu kamu. Emang sih di Mall juga ada tuh yang nawarin perbaikan sepatu. Tapi harganya bisa dua kali lipat dari tukang sol sepatu keliling. Pilih mana?

Tukang Isi Gas Korek

Korek api gas itu bentuknya sangat beragam. Makanya beberapa orang ada yang ngoleksi korek api gas. Tapi masa sih kamu koleksi korek api gas tapi gak bisa dipake? Trus pasti kan kamu pengen pamer kalau kamu punya korek api gas yang keren. Tapi masa korek api gas gak ada isinya? Nah karena itulah kamu harus terus ngisi gas korek api gas kamu. Caranya gimana? Serahin aja ke tukang isi gas korek. Kalau korek gas keren kamu udah keisi, sekarang tinggal cari cara biar gak dicuri temen kamu.

Menurut kamu tukang apalagi nih yang cuma ada di Indonesia? Share dong.