Tanda-tanda Kamu Nasionalis (Menurut Anak-anak Jaman Sekarang)

Apa selama ini kamu ngerasa kamu sebagai seorang nasionalis yang sangat mencintai negeri ini? Belum tentu! Jangan sok-sokan nasionalis dulu. Kamu baru bisa dibilang nasionalis kalo memenuhi kriteria-kriteria di bawah ini:

Pendukung Obama

Obama berasal dari Indonesia, eh maksudnya pernah tinggal di Indonesia selama kurang lebih empat tahun. Banyak banget orang Indonesia yang seneng dan bangga sejak Obama jadi Presiden Amerika Serikat, secara AS negara adidaya di dunia. Jadi ya seorang nasionalis harusnya mendukung Obama kan karena gimanapun dia orang Indonesia, eh maksudnya (cuma) pernah tinggal di Indonesia. Apalagi dia sama kayak kita yang juga doyan makan bakso sama sate.

#PrayforIndonesia

Orang Indonesia termasuk pengguna Twitter terbanyak di dunia. Nah, di Twitter kan sering tuh rame-rame bikin hastag "prayforblablabla". Seorang nasionalis semestinya rajin berdoa buat Indonesia dan yang paling penting adalah selalu ngetweet pake hastag #PrayforIndonesia.

Semoga bencana gunung kelud dapat selesai secepatnya ya..  #prayforindonesia

Sinetron kok makin aneh aja sih? #prayforindonesia

Cowok jaman sekarang makin kurang ajar aja sih!! Sebell.. #prayforindonesia #gotohell

Ya gitulah. Initinya coba aja tambahin hastag #prayforindonesia tiap kali ngetwit. Meskipun twit kamu gak berbobot atau gak nyambung, tapi dengan pake hastag itu kan paling gak kamu jadi berkesan nasionalis dan peduli gitu. Biarpun pada kenyataannya kamu cuma ngetwit sambil goler-goler di tempat tidur, tapi kalo twit kamu ada #PrayForIndonesia-nya...itu pasti membuat perubahan bagi bangsa.

Nyaleg

Jaman sekarang banyak banget orang yang nyaleg, mulai dari yang baru lulus kuliah sampe yang udah kakek-kakek. MBDC salut dengan orang-orang seperti ini. Mereka orang-orang yang gak cuma nasionalis, tapi juga mau mengorbankan waktu dan hidupnya demi rakyat. Liat aja janji-janji saat mereka kampanye. Mulia banget. Gitu tuh harusnya seorang nasionalis sejati!

Rajin nonton 'film nasionalis'

Hampir semua orang suka nonton film dan bolak-balik pergi ke bioskop. Tapi seorang nasionalis sejati harusnya nonton semua film Indonesia yang katanya 'nasionalis'. Kan banyak tuh ya. Mulai dari film tokoh-tokoh Indonesia baik yang di masa dulu seperti film 'Soekarno' maupun tokoh nasional jaman sekarang seperti film 'Jokowi'. Selain itu termasuk juga film-film Indonesia yang mengangkat tema-tema sosial dan katanya mengandung 'pesan moral'. Pokoknya sebagai nasionalis harus nonton film-film 'bermoral' kayak gitu. Lupain aja film-film Indonesia yang katanya menang festival internasional. Yang nonton yang ada penting ada 'pesan moral'nya ajah!

Jadi 'Aktivis'

Seorang nasionalis kalo gak jadi aktivis kayaknya gak lengkap. Kamu juga harus mau turun ke jalan buat demo dan nutup jalan, kalo bisa juga pake acara bakar ban. Lebih keren juga kalo bisa bentrok sama petugas dan bikin kerusakan fasilitas umum. Duh, keren banget. Tapi kalo pun gak berani atau gak punya waktu buat turun ke jalan, kamu juga bisa jadi 'aktivis' di dunia maya. Jadi misalkan ada suatu masalah yang pelik di negeri ini, kamu bisa langsung berkoar-koar di Twitter. Karena sesungguhnya twit kamu yang dibaca oleh 50 temen kamu itu pasti akan menyelesaikan masalah bangsa ini.

Bangga Sama Berita Apapun yang Mengandung Kata 'Indonesia'

Wah ini. Poll banget. Misalnya kalo kamu liat ada grup band asal Indonesia yang manggung di luar negeri, bangga. Indonesia jadi negara pengguna Twitter terbanyak, bangga. Indonesia dimention sama Siwon Super Junior, bangga. Indonesia jadi negara paling macet, bangga. Indonesia jadi negara paling korup, bangga. Pokoknya bangga banget deh setiap ada berita tentang Indonesia, apalagi kalo datengnya dari media asing. Jangan kebanggaan kamu itu dilengkapi dengan komen kayak "im proud to be indonesian! indonesia is the best..". Walopun norak dikit gak papa lah, yang penting kan nasionalis.

Udah tau dong sekarang gimana ngebedain yang beneran nasionalis sama bukan? Kamu sendiri gimana?