Seri Mainan Jaman Dulu: Galasin

Masih inget permainan yang namanya galasin? Kalo nggak, mungkin pernah denger gobak sodor? Nah, gobak sodor adalah nama lain dari galasin. Buat kamu yang belum tau, galasin adalah permainan jaman dulu yang dimainkan oleh dua grup, masing-masing grup terdiri dari 3 - 5 orang. Selain itu galasin biasanya dimainkan di area terbuka seperti lapangan bulu tangkis. Di atas lapangan itu harus diberi garis dengan kapur untuk menandai area setiap grup dan sebagai acuan dari aturan permainan. Luas lapangan yang diperlukan adalah 9 x 4 m dan dibagi menjadi 6 bagian. 

Cara main

Cara bermainnya cukup seru. Satu grup harus menghadang grup lawan supaya tidak melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik. Supaya menang seluruh anggota grup harus bolak-balik di area lapangan yang telah ditentukan. Setiap anggota grup juga bertugas secara bergilir untuk menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Nah, dua garis batas ini punya fungsi yang berbeda. Yang horisontal bertugas untuk menghalangi lawan untuk tidak masuk area tersebut dan untuk yang vertikal mempunyai akses ke seluruh garis batas vertikal di tengah lapangan.

Udah kebayang belum gimana permainannya? Yah emang agak susah sih jelasinnya. Tapi intinya permainan ini perlu strategi dan kecepatan gitu. Plus bikin keringetan juga kayak olah raga. Seru!