Seri Mainan Jaman Dulu: Petak Umpet

Waktu kecil dulu walaupun kita sering banget diboogin sama orang yang lebih dewasa, tapi kita punya banyak banget cara buat bikin diri kita tetep bahagiasalah satunya lewat permainan. Nah, permainan masa kecil dulu yang cukup seru dan menyenangkan adalah Petak Umpet.

Apa Itu Petak Umpet

Permainan paling gampang buat dimainin sekaligus paling seru yang pernah diciptain. Inti permainan ini cuma sembunyi trus dicari-cari deh sampe ketemu. Kayak Nazaruddin yang waktu itu dicari-cari sama KPK juga termasuk petak umpet. Bedanya kalau lokasinya ketauan, si Bang Udin jadi tahanan.

Cara Main

Kayak yang MBDC udah jelasin sebelumnya, petak umpet itu gampang banget dimainin. Gak perlu susah-susah cari tutorialnya, atau sampe-sampe cari cheat biar jago main petak umpet kayak pengen dapetin skor tinggi di Flappy BirdOrang yang baru pertama kali main petak umpet juga bakal langsung hatam cara mainannya. Karena yang kamu butuhin cuma

1. Teman Bermain

Minimal 2 orang. Tapi semakin banyak orang ikutan main, maka semakin seru permainan.

2. Niat

Semuanya itu harus berdasarkan niat. Mau gituan aja pake niat.

Trus mainnya di mana? Ya di mana aja kamu mau main. Tapi kalau bisa sih yang areanya lumayan luas dan banyak spot yang bisa dijadiin tempat ngumpet. Cobain deh mainin di Mall, pasti bakal seru banget.

Nah, setelah ada temen main, niat, dan lokasi, selanjutnya adalah mencari siapa yang jaga atau pencari atau si kucing. Caranya? bisa dengan Hompimpa, Gambreng, Capcipcup, atau Bintang Mas, segimana enaknya kamu aja. Tapi kadang suka ada gitu anak yang biar bisa ikutan main, akhirnya dipaksa buat jaga atau pencari atau kucing.

Kalau penjaga atau pencari atau kucing uda ada, maka dia langsung menutup matanya, biasanya ngadep tembok, pohon, atau apapun yang bisa nantinya dijadiin base. Ingat gak boleh menutup mata sambil ngadep bahu orang lain, yang ada kamu malah nangis. Nah, sambil menutup mata ke tembok, pohon, atau apapun itu, si yang jaga atau pencari atau kucing bakal berhitung (biasanya sampe 10 tapi kadang ada aja gitu yang ngitung sampe 100) yang merupakan waktu buat pemain yang lain untuk ngumpet.

Setelah waktu berhitung selesai, si jaga atau pencari atau kucing harus mencari teman-temannya yang ngumpet. Kalau ketemu, maka si jaga atau pencari atau kucing harus menyebut nama temannya tersebut plus menyentuh tembok, pohon, atau apapun itu yang dijadiin tempat buat ngitung tadi sambil bilang Inglo, bon, atau hong. Kalau semua yang ngumpet udah ketemu, maka yang pertama kali ditemuin jadi si jaga, pencari, atau kucing di permianan selanjutnya. Tapi, kalau ternyata selama masih mencari dan ada salah satu yang dicari menyentuh lebih dulu tembok, pohon, atau apapun itu yang dijadiin tempat berhitung tadi sambil bilang Inglo, bon, atau hong, maka orang yang pertama kali jaga balik lagi berhitung, dan teman-teman yang lain kembali cari tempat ngumpet

Yang Harus Kamu Ketahui Dari Petak Umpet

1. Si jaga, pencari, atau kucing kadang suka ngintip disaat berhitung

2. Walaupun udah dikasih waktu ngumpet sampe hitungan ke 100, beberapa orang pemain kadang tetap gak bisa nemuin lokasi ngumpet

3. Kadang ada dua orang atau lebih yang ngumpet di tempat yang sama. 

4. Kalau mau ngerjain si jaga, pencari, atau kucing gampang banget, ngumpet aja di rumah sendiri, terus tidur deh.

5. Petak umpet lebih enak dimainin di malam hari

6. Salah satu mitos dari petak umpet di Indonesia adalah adanya mahkluk menyeramkan bernama gundoruwo atau kalon wewe yang konon suka ngumpetin anak-anak yang lagi ngumpet.

7. Ternyata Jepang selain bikin JAV, juga bikin permainan petak umpet single player alias main bareng setan.

Sekarang ajak keponakan kamu buat taro dulu gadgetnya, dan ajak dia main petak umpet. Kalau dia gak mau, coba kamu iming-imingi pake chiki. Kalau tetep gak mau juga, kamu emut aja keponakan kamu.