Cara Perpanjang SIM

Udah punya Surat Izin Mengemudi (SIM) tapi masa berlakunya bakalan abis? Wah berarti mesti diperpanjang tuh! Makanya MBDC kali ini mau ngasih tau caranya perpanjang SIM. Oya, perpanjang SIM ini bisa beda-beda  juga caranya, tergantung apa kamu ngurusnya sebelum atau sesudah masa berlaku SIM kamu habis. Kalo sesudah, proses dan biayanya akan sama seperti mengurus SIM baru yang berarti lebih mahal dan ribet. Makanya kalo bisa perpanjang lah sebelum masa berlaku SIM kamu abis ya!

Yaudah, trus gimana cara ngurusnya?

Untuk mengurus SIM kamu bisa datang ke kantor Samsat atau bisa juga ke mobil pelayanan SIM keliling. Mobil SIM keliling ini ada di berbagai tempat dan biasanya mangkal di pinggir jalan gitu. Trus katanya nih kalo dateng ke mobil keliling bakalan bebas calo. Jadi gak bakalan pusing dengan biaya yang lebih mahal kalo pake calo.

Eh, tunggu.. apa dulu nih yang mesti dibawa sebelum dateng ke sana? 

Sebelum dateng, tentunya kamu perlu nyiapin beberapa hal yang disyaratkan untuk memperpanjang SIM, yaitu:

  • KTP asli dan fotokopi KTP yang masih berlaku (4 lembar)
  • SIM asli
  • Uang untuk biaya formulir, administrasi dan SIM baru

Trus gimana lagi?

Kalo udah datang ke tempatnya, pertama-tama kamu harus mengisi formulir permohonan yang harganya Rp 2.000. Setelah formulirnya diisi, kasih aja ke petugas di loket yang sesuai. Setelah itu kamu tinggal nunggu nama kamu dipanggil.

Setelah dipanggil, selanjutnya kamu bakalan difoto, rekam sidik jari, tanda tangan dan tentunya membayar biaya sesuai dengan jenis SIM kamu. Nah, kayak yang udah disebutin di atas, biaya SIM ini tergantung apakah masa berlaku SIM kamu yang sekarang udah abis atau belum.

Biaya sebelum masa berlaku habis:

  • SIM A Rp 80.000
  • SIM B I Rp 80.000
  • SIM B II Rp 80.000
  • SIM C Rp 75.000
  • SIM D Rp 30.000

Biaya setelah masa berlaku habis:

  • SIM A Rp 120.000
  • SIM C Rp 100.000

Setelah membayar dan semua proses di atas selesai, kamu tinggal nunggu aja di tempat sampai SIM kamu udah jadi. Boleh juga loh sambilan sepikin polisi-polisi cakep kalo ada. Siapa tau pulangnya gak cuma bawa SIM baru tapi juga nomer telepon.

Saeful-Bachrie-polisi-gantengAnu mas, numpang tanya.. Ngurus SIM (surat izin mintanomertelepon) di sebelah mana ya?
Anu mbak, SIM saya habis nih. Tapi cinta saya masih ada banyak buat mbak. Anu mbak, SIM saya habis nih. Tapi cinta saya masih ada banyak buat mbak.

Demikianlah. Ada yang mau nambahin? Silakan ditambahin di comments.